14 Januari, 2016

TUGAS ANALISIS DEFINISI KURIKULUM

Post oleh : Siger property | Rilis : 20.50 | Series :




Tugas analisis definisi kurikulum


Dosen: Dr. Haninda Bharata, M.Pd.
Dr. Chandra Ertikanto, M.Pd.








Oleh:
Kelompok 1
1.    Fera Novrizawati
2.    R. Surya Damayanti
3.    Trian Hermawan


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG, 2014
No
Nama
Tahun
Pengertian kurikulum
Terjemahan
Implementasi
1.
John Dewey
1916
...education consists primarily in transmission through
communication. ...As societies become more complex
in structure and resources, the need for formal or
intentional teaching and learning increases.

Proses pembelajaran yang disampaikan melalui komunikasi. Sebagai sumber masyarakat menjadi lebih kompleks maka dibutuhkan pendidikan yang terencana
Perencanaan Kurikulum di sekolah

Penjelasan:
Rapat pembuatan kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa.
2
William C.
Bagley

1907
[The curriculum]...is a storehouse of organized race
experience, conserved [until]
needed in the constructive
solution of new and untried problems.

kurikulum. merupakan sumber pengalaman yang teratur, di kembangkan sampai diperlukan dalam pemecahan masalah konstruktif baru dan belum pernah dicoba.
Membentuk struktur dan sistematika seperti membuat dokumen kurikulum

Frederick G.
Bonser

1920


...experiences in which pupils are expected to engaged
in school, and the general...sequence in which these
experiences are to come
pengalaman di mana siswa diharapkan untuk terlibat di sekolah dan lingkungan umum. rangkaian di mana pengalaman ini datang
Menyiapkan  isi dan bahan pelajaran menuju pada perangkat pembelajaran atau bidang pengajaran


Franklin
Bobbitt

1924
...that series of things which children and youth must do
and experience by way of developing abilities to do the
things well that make up the affairs of adult life; and to
be in all respects what adults should be.

serangkaian hal-hal yang anak-anak dan remaja harus melakukan dan pengalaman dengan cara mengembangkan kemampuan untuk melakukan hal-hal yang baik yang membentuk urusan kehidupan dewasa; dan menjadi apa yang seharusnya orang dewasa.
Implementasi cara, metode, strategi penyampaian proses pembelajaran.

Penjelasan:
sekolah berfungsi mempersiapkan anak bagi kehidupan sebagai orang dewasa. Untuk mencapai hal tersebut, perlu analisis tentang tugas-tugas dan tuntutan dalam kurikulum disusun keterampilan, pengetahuan, sikap, nilai, dan lain-lain yang diperlukan untuk dapat berpartisipasi dalam kehidupan orang dewasa.

Karena itu kita menyusun kurikulum secara lengkap dan sistematis di sekolah.













google+

linkedin