Tugas
analisis definisi kurikulum
Dosen: Dr. Haninda Bharata, M.Pd.
Dr.
Chandra Ertikanto, M.Pd.
Oleh:
Kelompok 1
1.
Fera Novrizawati
2.
R. Surya Damayanti
3.
Trian Hermawan
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN FISIKA
SEKOLAH
PASCASARJANA
UNIVERSITAS
LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG, 2014
No
|
Nama
|
Tahun
|
Pengertian
kurikulum
|
Terjemahan
|
Implementasi
|
1.
|
John Dewey
|
1916
|
...education consists primarily in transmission
through
communication. ...As societies become more complex
in structure and resources, the need for formal or
intentional teaching and learning increases.
|
Proses pembelajaran yang
disampaikan melalui komunikasi.
Sebagai sumber masyarakat menjadi
lebih kompleks maka dibutuhkan pendidikan yang terencana
|
Perencanaan Kurikulum di sekolah
Penjelasan:
Rapat pembuatan kurikulum yang terdiri dari kepala
sekolah, guru, komite sekolah dan siswa.
|
2
|
William C.
Bagley
|
1907
|
[The curriculum]...is a storehouse of organized race
experience, conserved [until]
needed in the constructive
solution of new and untried problems.
|
kurikulum. merupakan
sumber pengalaman yang teratur,
di kembangkan sampai diperlukan
dalam pemecahan masalah konstruktif
baru dan belum
pernah dicoba.
|
Membentuk struktur dan sistematika seperti membuat
dokumen kurikulum
|
|
Frederick G.
Bonser
|
1920
|
...experiences in which pupils are expected to
engaged
in school, and the general...sequence in which these
experiences are to come
|
pengalaman di mana
siswa diharapkan untuk terlibat di sekolah dan lingkungan umum. rangkaian di
mana pengalaman ini datang
|
Menyiapkan
isi dan bahan pelajaran menuju pada perangkat pembelajaran atau bidang
pengajaran
|
|
Franklin
Bobbitt
|
1924
|
...that series of things which children and youth
must do
and experience by way of developing abilities to do
the
things well that make up the affairs of adult life;
and to
be in all respects what adults should be.
|
serangkaian hal-hal yang anak-anak dan remaja harus
melakukan dan pengalaman dengan
cara mengembangkan kemampuan
untuk melakukan hal-hal yang baik yang membentuk urusan
kehidupan dewasa; dan menjadi apa yang seharusnya orang dewasa.
|
Implementasi cara, metode, strategi penyampaian
proses pembelajaran.
Penjelasan:
sekolah
berfungsi mempersiapkan anak bagi kehidupan sebagai orang dewasa. Untuk
mencapai hal tersebut, perlu analisis tentang tugas-tugas dan tuntutan dalam
kurikulum disusun keterampilan, pengetahuan, sikap, nilai, dan lain-lain yang
diperlukan untuk dapat
berpartisipasi dalam kehidupan orang dewasa.
Karena itu
kita menyusun
kurikulum secara lengkap dan sistematis
di sekolah.
|