PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN
Abstract
The purposes of this research were to develop the multimedia
learning in science that consist of devinity and love of the environment
that validated and to know the attractiveness, easiness, and
usefulness, along with effectiveness of the product. The development of
multimedia was began with informed analysis and formulated the purpose,
collected basic materials, made the synopsis and initial manuscripts to
produce prototype I. The prototype I was evaluated by the material and
media experts, limited test and revised to the end of the manuscript.
Then a product tested in the field before produced the final products.
This research applied one group pretest. The result of internal test by
expert is stated that the product is suitable as a learning media. The
result of external test by user stated that using multimedia has
excellent of attractiveness quality, excellent of ease quality, and
excellent of expediency quality and multimedia effectiveness in learning
with student’s percentages result of learning more than 80% of KKM from
knowledge, affective, and skilled.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang divalidasi, mengetahui kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan serta keefektifan produk. Pengembangan produk diawali dengan analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan, mengumpulkan pokok materi, membuat sinopsis dan naskah awal untuk memproduksi prototipe I. Prototipe I dievaluasi oleh ahli, uji terbatas dan direvisi menjadi naskah akhir. Sebelum dihasilkan produk final produk diuji di lapangan. Hasil uji internal dinyatakan bahwa produk layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji lapangan oleh pengguna, dinyatakan bahwa multimedia yang digunakan memiliki kualitas kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan sangat baik, serta produk efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase hasil belajar siswa lebih dari 80% tuntas KKM dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Kata kunci: multimedia, nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, pembelajaran sains
Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung 2014 Volume 4 No 5 Hal. 78-93. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4742
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan yang divalidasi, mengetahui kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan serta keefektifan produk. Pengembangan produk diawali dengan analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan, mengumpulkan pokok materi, membuat sinopsis dan naskah awal untuk memproduksi prototipe I. Prototipe I dievaluasi oleh ahli, uji terbatas dan direvisi menjadi naskah akhir. Sebelum dihasilkan produk final produk diuji di lapangan. Hasil uji internal dinyatakan bahwa produk layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji lapangan oleh pengguna, dinyatakan bahwa multimedia yang digunakan memiliki kualitas kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan sangat baik, serta produk efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase hasil belajar siswa lebih dari 80% tuntas KKM dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Kata kunci: multimedia, nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, pembelajaran sains
Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung 2014 Volume 4 No 5 Hal. 78-93. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/4742