BAB IV
HASIL PRAKTIK MEMBUAT RPM
4.1 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Pemahaman Konsep(concept attainment)
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :Fisika
Jenjang Pendidikan :SMA/MA
Standar Kompetensi :Menerapkan
konsep besaran fisika, menulis dan menyatakannya dalam satuan SI dengan baik
dan benar (meliputilambang, nilai, dan satuan).
Kompetensi Dasar :Membedakan besaran pokok dan besaran
turunan beserta satuannya.
Indikator :Mengidentifikasi besaran pokok danturunan beserata contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Topik Pembelajaran :Besaran Fisika
Kelas/Semester/Prog :X/1/IPA
Lamanya :20 menit
Model Pembelajaran :Pemahaman Konsep(concept attainment)
Fase Pembelajaran dan
preskripsinya
|
Aktifitas Guru terkait
dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktifitas siswa belajar
isi pesan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembuka
|
·
Guru
memberikan salam
·
Gurumemeriksa
kehadiran siswa
·
Guru
memberi motivasi kepada siswa sebelum memulai pelajaran
·
Guru
meminta siswa membentuk kelompok
·
Guru
mengingatkan siswa materi minggu lalu mengenai satuan dan pengukuran
|
·
Siswa
menjawab salam
·
Siswa
termotivasi
· Siswamembentuk kelompok
· Murid
memperhatikan dengan baik
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
Fase 1
Penyajian
data dan identifikasi konsep
|
·
Guru mengajukan konsep besaran pada siswa
·
Guru meminta siswa menyebutkan atribut-atribut
dari besaran
·
Guru meminta siswa membandingkan atribut
besaran pokok dan turunan dalam contoh positif dan negatif
·
Guru meminta siswa untuk menggeneralisasikan
dan menguji hipotesis tentang kmonsep besaran pokok dan turunan menurut
atribut esensial yang ditemukan.
|
·
Siswa mendengarkan dengan baik
·
Siswa menyebutkan atribut-atribut besaran
·
Siswa membandingkan atribut besaran pokok dan
turunan dalam contoh positif dan negatif
·
Siswa menguji hipotesis tentangkonsep besaran
pokok dan turunan bersama kelompoknya.
|
15 menit
|
Fase 2
Pengujian Konsep
|
·
Guru mengkonfirmasi hipotesis siswa tentang
konsep besaran pokok dan turunan dan beserta pertanyaan definisi atribut
esesnsialnya.
|
·
Siswa menyimak dengan seksama
|
·
|
Fase 3
Analisis
strategi berpikir
|
·
Guru meminta siswa mendiskusikan peran
hipotesis dan atribut
|
·
Siswa mendiskusikan peran hipotesis dan
atribut hingga mencapai suatu konsep umum tentang besaran
|
·
|
Kegiatan Penutup
|
·
Guru
meminta siswa dari salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya
·
Guru meminta kelompok lain untuk menanggapi
·
Guru menyimpulkan hasil diskusi semua kelompok
·
Guru memberikan tugas rumah
·
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam
|
·
Siswa membacakan hasil diskusi konsep tentang
besaran
·
Perwakilan dari kelompok lain menanggapi hasil
diskusi kelompok sebelumnya
·
Siswa mendengarkan
·
Siswa mendengarkan dengan seksama
·
Murid menjawab salam
|
5 menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1. Apa yang kamu ketahui tentang besaran?
2. Apa yang kamu ketahui tentang satuan?
B. Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1. Sebutkan besaran-besaran yang termasuk ke
dalam besaran pokok !
2. Tulislah dimensi dan satuan dari besaran
pokok di atas!
3. Sebutkan besaran-besaran yang termasuk ke
dalam besaran turunan!
4. Tulislah Dimensi dan satuan besaran
turunan di atas!
Rubrikasi:
Tabel 1.
Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
4
|
25
25
25
25
|
|
Total skor
|
100
|
|
Nilai akhir:
4.2 Skenario Pembelajaran Mikro
menggunakan model Pembelajaran Berfikir Induktif
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi : Fisika
Jenjang Pendidikan : SMA/MA
Standar kompetensi: Menganalisis
gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi dasar : Menganalisis hubungan antara usaha,
perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
Indikator : Menganalisis hubungan
usaha dengan energi kinetik dan
potensial
Kelas/Smstr/program : XI/Ganjil/IPA
Lamanya : 15 menit
Model Pembelajaran : berpikir induktif
Prosedur Pembelajaran:
Fase pembelajaran dan preskripsinya
|
Aktifitas guru terkait dengan penyampaian
isi pesan pembelajaran
|
Aktifitas siswa belajar isi pesan
pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan awal
Pembuka
Motivasi dan apersepsi
|
·
Guru memberi salam kepada siswa
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru memberi motivasi kepada siswa
·
Guru menanyakan kembali tentang materi pada
pelajaran yang telah lalu
|
·
Siswa menjawab salam
·
Siswa mendengarkan
·
Siswa termotivasi
·
Siswa menjawab
|
3 menit
|
Kegiatan inti
Pembentukan konsep:
Fase 1:
Menyebutkan dan menyusun daftar
konsep
Fase 2:
Mengelompokkan
Fase 3:
Memberi label dan mengkatagorikan
Interpretasi data:
Fase 4:
Mengidentifikasi butir-butir
dimensi dan hubungan
Fase 5:
Menjelaskan butir-butir informasi
yang telah diidentifikasikan
Fase 6:
Merumuskan kesimpulan
Aplikasi konsep/ prinsip-prinsip
Fase7:
Berhipotesis
Fase 8:
Menjelaskan hipotesis
Fase 9:
Menguji hipotesis
|
·
Guru memberi pertanyaan:
“Apa
beda usaha dengan energi?”
·
Guru meminta beberapa orang siswa untuk
menjawab pertanyaan yang diberikan guru
·
Guru menyebutkan beberapa contoh usaha dan
energi:
-
Orang mengangkat air
-
Daya persatuan waktu
-
Pemanasan air
-
Benda yang berada di suatu ketinggian tertentu
memiliki
-
Energi yang dimiliki benda yang bergerak
-
Hasil kali gaya dengan perpindaha
-
Energi sebelum dan sesudah sama
·
Guru meminta siswa mengelompokan contoh-contoh
tersebut ke dalam kelompok konsep energi atau konsep usaha
·
Guru meminta siswa mengkatagorikan
contoh-contoh tersebut dengan spesifikasi konsepnya
·
Guru meminta beberapa orang siswa untuk menjelaskan
hasil pemikirannya pada fase sebelumnya
·
Guru memberikan apresiasi atas siswa yang
berani mengungkapkan pendapatnya
·
Guru menjelaskan konsep hubungan usaha dan
energi untuk menganalisis tentang contoh yang diberikan guru.
·
Guru bersama-sama siswa menghubungkan beberapa
contoh atau kejadian tersebut secara hirarkis.
·
Guru meminta siswa merumuskan kesimpulan dari
penjelasan dan contoh konsep yang telah diketahui siswa.
·
Guru meminta beberapa orang siswa memberikan
contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru meminta siswa lain memberikan pendapatnya
mengenai contoh yang diberikan siswa sebelumnya
·
Guru megklarifikasi pendapat siswa dengan
menghubungkannya pada materi konsep yang telah diberikan
·
Guru memberi aplaus untuk mengapresiasi
keaktifan siswa dalam berdiskusi
|
·
Siswa menjawab pertanyaan dari guru
·
Beberapa dari siswa yang diminta oleh guru
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
·
Siswa mengelompokkan contoh-contoh yang
disebutkan oleh guru
·
Siswa mengkategorikan contoh-contoh dalam
konsep energi yang telah diketahui
·
Siswa
menjelaskan hasil diskusinya
·
Siswa
lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
·
Siswa
memperhatikan dengan seksama
·
Siswa
menarik kesimpulan dari penjelasan yang telah diterimanya.
·
Siswa
berebut ingin memberikan contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa
lain memberikan penjelasan atas contoh yang telah disebutkan sebelumnya.
·
Siswa
memfokuskan perhatiannya pada penjelasan guru.
|
9 menit
|
Kegiatan akhir
|
·
Guru memberi penugasan berupa soal aplikasi
yang dikerjakan dirumah serta penugasan untuk membaca materi selanjutnya
·
Guru menutup pertemuan selanjutnya dengan
memberi salam
|
·
Siswa mendengarkan tugas yang diberiklan oleh
guru
·
Siswa menjawab salam
|
3menit
|
Strategi Assesment
A. Tes Lisan
1. Kemampuan dalam mengajukan hipotesis
tentang hubungan usaha dan energi
2. Kemampuan dalam menganalisis hubungan
usaha dengan perubahan energi potensial dan energi kinetik
3. Kemampuan menganalisis hubungan energi
potensial dan kinetik dengan hukum kekekalan energi mekanik.
4. Kemampuan dalam memberikan contoh tentang
aplikasi hubungan usaha dengan hukum kekekalan energi mekanik dalam kehidupan
sehari-hari.
B. Tes Tertulis
Untuk menilai aspek kognitif siswa
sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka guru
memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu oleh siswa.
Instrument Assesment
A.
Tes lisan
1.
Menurut pengetahuan yang kamu alami. Apa hubungan
energi dengan usaha?
2.
Lalu apa hubungan antara usaha dengan energi potensial
dan energi kinetik?
3.
Sebutkan rumusan kekekalan energi mekanik, lalu
hubungkan rumus tersebut dengan energi potensial dan energi kinetik
4.
Sebutkan tentang contoh dalam aplikasi kehidupan kita
sehari-hari tentang hukum kekekalan energi mekanik
B.
Tes tertulis
Tes ini merupakan tugas individu yang dikerjakan di rumah
Soal tes tertulis ini adalah :
1.
Sebuah benda bermassa 12 kg berada pada ketinggian 15
meter di atas tanah. Berapakah energi potensial jika diketahui percepatan
gravitasinya 10 m/s2
Jawab:
Ep =
m g h
=
(12 kg) (10 m/s2) (15 m)
= 1800 J
2.
Sebuah benda bermassa 50 kg dilemparkan dengan kecepata
awal sama dengan nol. Berapakah energi kinetik benda pada saat kecepatannya 8
m/s?
Jawab:
Ek = ½ m v2
= ½ (50 kg) (8
m/s2)
= 1600 J
3.
Senuah batu bermassa 5 kg jatuh menggelinding pada
suatu lereng bukit dengan kecepatan awal sama dengan nol, Hitunglah EP dan EK
ketika berada pada ketinggian 20 meter. (ketinggian lereng 20 meter)! Hitung
pula energi mekaniknya!
Jawab:
Ep = m g h
=(5 kg) (9,8 m/s2) (20m)
= 980 J
Ek pada
ketinggian 20 m adalah nol karena kecepatan benda ketika ketinggian ini adalah
nol. Maka :
Em = Ep + Ek
Em = 980 J + 0
= 980 J
4.3 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Inkuari
Ilmiah
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :Fisika
Jenjang Pendidikan :SMA/MA
Standar Kompetensi : Menerapkan
konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk
teknologi
Kompetensi Dasar :Menggunakan alat ukur listrik
Indikator :Menganalisis searah menggunakan voltmeter
Topik Pembelajaran : Listrik Dinamis
Kelas/Semester/Prog :X/1/IPA
Lamanya :15 menit
Model Pembelajaran : Inkuari Ilmiah
Prosedur Perrcobaan :
Fase pembelajaran dan
preskripsinya
|
Aktivitas guru
terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa
terkait dengan belajar isi pesan
pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan awal:
Pembukaan
|
·
Guru masuk ke kelas tepat waktu
·
Guru memberi salam kepada siswa untuk membuka pelajaran
pada hari itu.
·
Guru memberi motivasi kepada siswa sebelum
memulai pelajaran.
·
Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang
telah lalu.
|
·
Siswa datang ke kelas tepat waktu.
·
Siswa menjawab salam dari guru.
·
Siswa termotivasi.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
|
3 menit
|
Kegiatan inti
Fase 1:
Area (lingkup) penyelidikan suatu topik pembelajaran diajukan kepada siswa
Fase2 :
Siswa merumuskan masalah yang memang sesuai/ cocok dengan lingkup
penyelidikan topik pembelajarannya.
Fase 3 :
Siswa mendalami masalah (mengenal lebih mendalam) dalam penyelidikan
Fase 4:
Siswa memikirkan dan memutuskan cara-cara memecahkan masalah, diikuti
dengan pelaksanaan pemecahan masalah
|
·
Guru
mengajukan topik praktikum untuk mengukur tegangan pada baterai
·
Guru
membimbing siswa untuk mengajukan rumusan masalah hasil diskusi kelompoknya
pada penyelidikan yang akan dilakukan.
·
Guru
membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis
·
Guru
membimbing siswa melakukan praktikum untuk menguji hipotesisi masing-masing
kelompok.
·
Guru
meminta perwakilan siswa dari tiap kelompok untuk menuliskan hasil pengukuran
kelompoknya.
·
Guru
bersama siswa mendiskusikan hasil
pengukuran yang telah dilakukan oleh tiap kelompok.
·
Guru
bersama siswa mengevaluasi dan mempraktikan kembali mengukur hambatan pada
resistor, tegangan pada baterai dan kuat arus pada rangkaian DC
|
·
Siswa
memperhatikan penjelasan guru
·
Siswa
mengajukan rumusan masalah pendapat kelompoknya.
·
Siswa
mengajukan hipotesis pendapat kelompoknya.
·
Siswa
melakukan praktikum untuk menguji hipotesis kelompoknya.
·
Siswa
menuliskan hasil pengukuran kelompoknya.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil pengukuran yang telah dilakukan oleh tiap
kelompok.
·
Siswa
bersama guru mengevaluasi dan mempraktikan kembali mengukur hambatan pada
resistor, tegangan pada baterai dan kuat arus pada rangkaian DC
|
9 menit
|
Kegiatan akhir:
Kesimpulan
Pemberian tugas
Penutup
|
·
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan kegiatan
pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru
memeberikan tugas rumah kepada siswa.
·
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan salam.
|
·
Siswa
menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Siswa
menyimak dengan seksama.
·
Siswa
menjawab salam.
|
3 menit
|
Strategi Asesment
A.
Tes Lisan
Kemampuan dalam memberikan
contoh alat-alat ukur listrik dalam kehidupan sehari-hari.
1. Sebutkan contoh-contoh alat
ukur listrik di lingkungan sekitarmu!
Jawab: Voltmeter,
amperemeter, ohmmeter, multitester,clam meter, Wattmeter
2.
Sebutkan fungsi alat-alat ukur listrik tersebut!
Jawab: Voltmeter = megukur
tegangan, amperemeter= mengukur arus, ohmmeter= mengukur hambatan listrik,
multitester= mengukur tegangan,arus dan hambatan,clam meter= mengukur arus
listrik biasanya di pakai pada PLN, Wattmeter= mengukur daya listrik.
Kemampuan dalam menjelaskan bagian-bagian
Voltmeter.
1. Sebutkan bagian-bagian dari Voltmeter!
Jawab:
a. Skala, dari 0 sampai 50 atau dari 0 sampai
100 skala
b. Skala tertinggi
c. Terminal positif, adalah terminal kabel
yang akan dihubungkan ke kutub positif baterai
d. Batas ukur, adalah nilai yang ditunjukkan
jarum ketika menunjuk skala tertinggi.
e. Terminal negatif, adalah terminal kabel
yang akan dihubungkan ke kutub negatif baterai.
Kemampuan dalam menjelaskan fungsi voltmeter.
1. Jelaskan fungsi dari voltmeter!
Jawab:
digunakan
untuk mengukur perbedaan potensial antara dua titik dalam sebuah sirkit atau
rangkaian. Voltmeter juga digunakan untuk mengukur besarnya potensial listrik,
mengukur tingkat tegangan yang ada dalam batterei, dan mengukur turunan
tegangan dalam sirkuit.
B.
Tes Kinerja
Untuk
menilai keterampilan siswa, guru meminta siswa untuk menyelidiki topik
permasalahan yang telah diajukan oleh guru dengan kegiatan praktikum.
Aspek penilaian:
Kemampuan mengukur secara benar, termasuk menentukan nilai beserta
ketelitian alat pengukuran.(siswa melakukan pengukuran dengan menggunakan
alat ukur Multimeter dan menentukan nilai hasil pengukuran beserta ketelitiannya).
Table 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya
tanpa perlu bantuan yang berarti dari guru.
|
Cukup
|
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya
dengan bantuan pengarahan guru seperlunya
|
Kurang
|
Tidak mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, (atau sebagian
besar dari poin-poin tersebut), walaupun sudah diberikan pengarahan yang
memadai oleh guru.
|
C.
Tes tertulis
Untuk
menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran
pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara
individu oleh siswa.
·
Instrument
Assessment
Ø Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja
praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan siswa menyajikan data hasil praktikum,
menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.
Tabel 2.
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi
kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan
argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari
guru.
|
Cukup
|
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan
argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
|
Kurang
|
Tidak mampu menunjukkan hasil yang jelas
dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut)
walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.
|
Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1. Sebutkan bagian-bagian Multimeter beserta
fungsinya!
Jawab: Skala untuk menunjukkan hasil
pengukuran, batas ukur, saklar pemilih untuk memilih batas ukur, tombol
kalibrasi untuk mengkalibrasi multimeter (menetapkan jarum penunjuk pada angka
nol), terminal positif untuk menghubungkan kabel ke kutub positif, terminal
negatif untuk menghubungkan kabel ke kutub negatif.
2. Apabila
tegangan listrik pada suatu penghantar 20 volt, maka arus yang mengalir ampere. Jika tegangan dinaikkan menjadi 42
volt, tentukan kuat arusnya!
3. Sebuah
pemanas listrik memiliki beda potensial 20 V dan kuat arus listrik 4 A.
Berapakah hambatan pemanas tersebut?
Rubrikasi:
Tabel 3. Tugas kelompok (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
4
5
|
10
10
10
10
10
|
|
Skor total
|
50
|
|
Tabel 4. Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Penyajian data
|
|
|
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Perumusan matematis
|
|
|
|
Tabel 5. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
|
10
10
10
|
|
Total skor
|
30
|
|
Nilai akhir:
Nilai akhir =
Tabel 6. Tes Kinerja
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Kemampuan mengukur
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat
|
|
|
|
PANDUAN
PRAKTIKUM ALAT UKUR LISTRIK
Standar
Kompetensi : Menerapakan konsep
kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
Kompetensi Dasar : Menggunakan alat ukur listrik dan mengolah data hasil
dengan menggunakan aturan angka penting
Indikator :
Melakukan pengukuran dan membaca nilai yang ditunjukkan Voltmeter secara tepat
1. Rumusan Masalah :
....................................................................................................................
2. Hipotesis :
......................................................................................................................
3. Judul Percobaan :
......................................................................................................................
4. Tujuan Percobaan : .......................................................................................................................
5. Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................
6. Prosedur percobaan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Kesimpulan :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.4 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Latihan
Inkuari
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :Fisika
Jenjang Pendidikan :SMA/MA
Standar Kompetensi : Menerapkan
konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk
teknologi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator : Menunjukkan
penerapan listrik AC dan DC daolam kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran :Rangkaian Listrik Sederhana dan Penerapannya
Kelas/Semester/Prog :X/2/IPA
Lamanya :15 menit
Model Pembelajaran : Latihan Inkuari
Proses Pembelajaran :
Fase pembelajaran dan preskripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi
pesan pembelajaran
|
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan awal:
Pembukaan
|
·
Guru masuk ke kelas tepat waktu
·
Guru memberi salam kepada siswa untuk membuka
pelajaran pada hari itu.
·
Guru memberi motivasi kepada siswa sebelum
memulai pelajaran.
·
Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang
telah lalu.
|
·
Siswa datang ke kelas tepat waktu.
·
Siswa menjawab salam dari guru.
·
Siswa termotivasi.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
|
3 menit
|
Fase 1 : Memperhadapkan masalah
Preskripsi : Guru menjelaskan
prosedur inkuari dan menyajikan peristiwa yang membingungkan
Fase 2 : Pengumpulan data untuk verifikasi
Preskripsi : Menemukan sifat
objek dan kondisi
Fase 3 : Pengumpulan data dalam eksperimen
Preskripsi : Merumuskan hipotesis
dan mengujinya
Fase 4 : Merumuskan penjelasan
preskripsi
Fase 5 : Menganalisi proses inkuari
Preskripsi : Menganalisis
strategi inkuari dan mengembangkannya menjadi lebih efektif
|
·
Guru
mengajukan pertanyaan apersepsi untuk merumuskan apa yang dimaksud dengan listrik
DC dan AC berdasarkan pengetahuan
mereka
·
Guru menjelaskan kepada siswa mengenai
penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru meminta siswa memberikan contoh penerapan
listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru meminta siswa untuk melakukan pengukuran
listrik dengan menggunakan alat-alat listrik yang ada yang telah dijelaskan
terlebih dahulu kegunaannya
·
Guru bersama siswa merumuskan hubungan
besaran-besaran listrik yang telah di ukur
·
Guru bersama siswa mengembangkan penggunaan
rumusan materi listrik dalam kehidupan
sehari-hari
|
·
Siswa
menjawab pertanyaan sesuai dengan Pengetahuan mereka
·
Siswa menyimak dengan baik
·
Siswa menyebutkan contoh penerapan listrik AC
dan DC dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa melakukan pengukuran listrik dengan
menggunakan alat ukur listrik
·
Siswa berdiskusi bersama guru dan menyampaikan
pendapatnya masing-masing
·
Siswa berdiskusi bersama untuk menganalisis
penggunaan rumusan materi listrik dalam kehidupan sehari-hari
|
14 menit
|
Penutup
|
·
Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
·
Guru mengakhiri pembelajaran dengan member
salam
|
·
Siswa menyimak dengan baik
·
Murid menjawab salam
|
3 menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
Kemampuan dalam memberikan
contoh alat-alat ukur listrik dalam kehidupan sehari-hari.
1. Sebutkan contoh-contoh alat
ukur listrik di lingkungan sekitarmu!
Jawab: Voltmeter,
amperemeter, ohmmeter, multitester,clam meter, Wattmeter
2.
Sebutkan fungsi alat-alat ukur listrik tersebut!
Jawab: Voltmeter = megukur
tegangan, amperemeter= mengukur arus, ohmmeter= mengukur hambatan listrik,
multitester= mengukur tegangan,arus dan hambatan,clam meter= mengukur arus
listrik biasanya di pakai pada PLN, Wattmeter= mengukur daya listrik.
B. Tes Kinerja
Untuk menilai keterampilan siswa, guru meminta siswa
untuk menyelidiki topik permasalahan yang telah diajukan oleh guru dengan
kegiatan praktikum.
Aspek penilaian:
Kemampuan mengukur secara
benar, termasuk menentukan nilai beserta
ketelitian alat pengukuran.(siswa melakukan pengukuran
dengan menggunakan alat ukur Multimeter dan menentukan nilai hasil pengukuran beserta ketelitiannya).
Table 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya
tanpa perlu bantuan yang berarti dari guru.
|
Cukup
|
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya
dengan bantuan pengarahan guru seperlunya
|
Kurang
|
Tidak mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, (atau sebagian
besar dari poin-poin tersebut), walaupun sudah diberikan pengarahan yang
memadai oleh guru.
|
C.
Tes tertulis
Untuk
menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran
pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara
individu oleh siswa.
Instrument Assessment
Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan
siswa menyajikan data hasil praktikum, menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.
Tabel 2.
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi
kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan
argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
|
Cukup
|
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan
argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
|
Kurang
|
Tidak mampu menunjukkan hasil yang jelas
dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut)
walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.
|
Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.
Sebutkan
bagian-bagian Multimeter beserta fungsinya!
Jawab: Skala untuk menunjukkan hasil
pengukuran, batas ukur, saklar pemilih untuk memilih batas ukur, tombol
kalibrasi untuk mengkalibrasi multimeter (menetapkan jarum penunjuk pada angka
nol), terminal positif untuk menghubungkan kabel ke kutub positif, terminal
negatif untuk menghubungkan kabel ke kutub negatif.
2. Apabila
tegangan listrik pada suatu penghantar 20 volt, maka arus yang mengalir ampere. Jika tegangan dinaikkan menjadi 42
volt, tentukan kuat arusnya!
3. Sebuah
pemanas listrik memiliki beda potensial 20 V dan kuat arus listrik 4 A.
Berapakah hambatan pemanas tersebut?
Rubrikasi:
Tabel 3. Tugas kelompok (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
4
5
|
10
10
10
10
10
|
|
Skor total
|
50
|
|
Tabel 4. Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Penyajian data
|
|
|
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Perumusan matematis
|
|
|
|
Tabel 5. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
|
10
10
10
|
|
Total skor
|
30
|
|
Nilai akhir:
Nilai akhir =
Tabel 6. Tes Kinerja
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Kemampuan mengukur
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat
|
|
|
|
PANDUAN
PRAKTIKUM ALAT UKUR LISTRIK
Standar
Kompetensi : Menerapakan konsep
kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
Kompetensi Dasar : Menggunakan alat ukur listrik dan mengolah data hasil
dengan menggunakan aturan angka penting
Indikator :
Melakukan pengukuran dan membaca nilai yang ditunjukkan Multitester secara
tepat
1. Rumusan Masalah :
....................................................................................................................
2. Hipotesis :
......................................................................................................................
3. Judul Percobaan : ......................................................................................................................
4. Tujuan Percobaan :
.......................................................................................................................
5. Alat dan bahan :
............................................................................................................................................................................................................................................................
6. Prosedur percobaan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7. Kesimpulan :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.5 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Advance
Organizer
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :Fisika
Jenjang Pendidikan :SMA/MA
Standar Kompetensi : Menerapkan
Konsep dan Prinsip Dasar Kinematika dan dinamika Benda i
Kompetensi Dasar : Menerapkan
Hukum Newton Sebagai Prinsip Dasar Dinamika untuk Gerak Lurus, Gerak Vertikal
dan Gerak Melingkar Beraturan.
Indikator : Memberi contoh penerapan hukum Newton dengan menggunakan media
Topik Pembelajaran :Dinamika Partikel
Kelas/Semester/Prog :X/1/IPA
Lamanya :15 menit
Model Pembelajaran : Advance organizer
Fase pembelajaran dan preskripsinya
|
Aktivitas
guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan awal :
Pembukaan
|
·
Guru masuk ke kelas tepat waktu
·
Guru memberi salam kepada siswa untuk membuka
pelajaran pada hari itu.
·
Guru memberi motivasi kepada siswa sebelum
memulai pelajaran.
·
Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang
telah lalu.
|
·
Siswa datang ke kelas tepat waktu.
·
Siswa menjawab salam dari guru.
·
Siswa termotivasi.
·
Siswa menjawab pertanyaan guru.
|
3 menit
|
Fase 1:
Penyajian advance organizer. Preskripsinya.
|
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran yaitu memberi contoh pada penerapan hukum Newton.
·
Menjelaskan
pengertian gaya berat, gaya gesek, dan gaya sentripetal
·
Mengambil
beberapa contoh dari hukum I, II, dan III Newton.
|
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru
|
9 Menit
|
Fase 2:
Penyajian bahan pelajaran
|
·
Memperkenalkan
alat yang digunakan dalam penerapan hukum Newton, dalam melakukan percobaan.
·
Memberikan
langkah-langkah dalam melakukan percobaan.
·
Meninja
dan menjelaskan mengenai konsep dasar gaya.
·
Memberikan
contoh yang berbeda dan menjelaskan langkah-langkah pada penerapan hukum
Newton.
|
·
Siswa
menyimak dengan seksama
·
Siswa
menyimak dengan seksama
·
Siswa
menyimak dengan seksama
·
Siswa
menyimak dengan seksama.
|
|
Kegiatan penutup
|
·
Memberikan pengalaman latihan berupa
contoh-contoh soal
·
Membuat kesimpulan materi yang dipelajari
|
·
Siswa
mengerjakan soal latihan
·
Siswa
bersama-sama membuat kesimpulan pelajaran
|
3 menit
|
Instrumen Asesmen
Tes Tertulis
1. Seseorang menarik suatu benda yang
terletak pada meja pada kecepatan tetap dengan memberikan gaya 15 N. Hitung
gaya gesek yang menghambat gerak benda tersebut.
2. Suatu benda bermassa 2000 kg mula-mula ada
dalam keadaan diam. Berapa besar gaya yang perlu dikerjakan pada benda agar benda mencapai kecepatan 15
m/s dalam waktu 10 s?
3. Sebuah benda 100 gram menempuh lintasan
melingkar beraturan dengan kecepatan 3 m/s. Jika jari-jari lingkaran 40 cm.
Berapakah gaya sentripetal yang dialami benda tersebut?
4. Sebuah bola bermassa 0,6 kg diikat di
ujungseutas tali yang panjangnya 1,5 m. Bola berputar dalam satu lingkarang
horizontal, jika tali dapat menahan tegangan maksimum 40 N, berapa kelajuan
maksimum bola sebelum tali putus?
5. Sebuah peti kecil dengan massa 6 kg
bertumpu pada dua rodanya sedang melaju dengan kelajuan 4 m/s diatas lantai
licin. Berapa besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada tiap roda?
6. Berat sekantung paku yang massanya 1 kg
adalah 9,8 N di permukaan bumi, berapakah berat 2 kg susu dipermukaan bumi?
Rubrikasi
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
4
5
6
|
100
100
100
100
100
100
|
|
Total skor
|
600
|
|
Nilai Akhir
4.6 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Perkembangan
Kognitif
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :Fisika
Jenjang Pendidikan :SMA/MA
Standar
Kompetensi :Menganalisis Gejala Alam dan Keteraturannya Dalam
cakupan Mekanika Benda Titik
Kompetensi Dasar : Menganalisis
gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
Indikator :
Menganalisis gerak tanpa percepatan
dan gerak dengan percepatan
Topik Pembelajaran :Membahas
penyebab perbedaan gerak dengan percepatan dan tanpa percepatan.
Kelas/Semester/Prog : XI / 1
Lamanya :20 menit
Model Pembelajaran : Perkembangan Kognititf
Fase pembelajaran dan preskripsinya
|
Aktivitas
guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
Pembukaan
|
·
Guru
membuka pelajaran
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
memberikan motivasi untuk tahun ajaran baru
|
·
Murid
termotivasi dan semangat untuk belajar
|
3 menit
|
Kegiatan inti
Fase 1 : Mengkonfrontasikan para si belajar dengan masalah
Fase 2 : Inkuari
|
·
Guru
menanyakaan pengertian kinematika dan macam-macam gerak. Menanyakan beberapa
macam contoh gerak.
·
Guru
menjelaskan persaman gerak dan menanyakaan perbedaan vektor satuan dan vektor
posisi
·
Guru menanyakaan perbedaan kecepatan sesaat dan kecepatan rata-rata.
·
Dengan
menggunakan metode grafik mencari jarak tempuh dan kecepatan
·
Guru
memberikan pertanyaan tentang gerak GLB dan GLBB dan contoh penerapan nya
·
Guru
memberi penjelasan dengan mengunakan OHP
·
Murid
duduk dengan kelompoknya masing-masing
·
Guru
menyajikan masalah apa yang menyebapkan benda mempunyai percepatan atau tidak
mempunyai percepatan perbedaan keduanya
·
Guru
sebagai fasilitator. Murid menggunakan informasi yang di dapat dari guru dan
buku pelajaran yang relevan
·
Masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok lain memberikan tanggapan
dan guru sebagai fasilitator
|
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru
·
Siswa
menyimak dengan seksama
·
Siswa
beserta kelompoknya berdiskusi menjawab pertanyaan guru
·
Siswa memperesentasikan hasil diskusinya dan
menanggapi hasil diskusi kelompok lain
·
Siswa
menuliskan hasil diskusi dalam bentuk fortofolio yang diserahkan pada guru
|
10 menit
|
Fase 3
Transfer
|
·
Guru
memberikan post test untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah
tercapai
|
·
Siswa
mengerjakan soal post test secara individu
|
4 menit
|
Kegiatan Akhir
Penutup
|
·
Guru memberi penghargaan bagi siswa yang
mengikuti pelajaran dengan baik
·
Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan
salam
|
·
Siswa
memperhatikan guru
·
Siswa
menjawab salam
|
3 menit
|
Strategi Asesment
Tes Lisan
1.
Apa
yang kamu ketahui tentang Kinematika?
2.
Sebutkan
macam-macam gerak
Instrument Assessment
Tugas individu:
Tugas individu berupa post test:
1. Seorang atlet marathon melakukan latihan
lari dengan mengelilingi lapangan sepak bola 5 kali. Jika 1 kali menempuh jarak
360 m, maka jarak dan perpindahan yang telah ditempuh pelari tersebut adalah
....
2. Seorang
atlit menempuh jarak satu lintasan penuh yaitu 120 m dalam waktu 24 sekon.
Kecepatan rata-rata seorang atlit tersebut adalah….
3. Sebuah
mobil bergerak dengan kecepatan awal 15 m/s dan percepatan -1 m/s. dalam 10
sekon pertama mobil tersebut menempuh jarak
Rubrikasi:
Tabel 5. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
|
100
100
100
|
|
Total skor
|
300
|
|
Nilai akhir:
Nilai
akhir =
4.7 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Sinekti
strategi 1
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :
Fisika
Jenjang Pendidikan :
SMA/MA
Standar Kompetensi :
Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi
energi pada berbagai perubahan energi
Kompetensi
Dasar :
Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
Indikator : Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi
besar pemuaian zat padat
Topik
Pembelajaran : Pemuaian
zat
Kelas/Semester/Program :
X/II/IPA
Alokasi waktu :
1 X 15 menit
Model Pembelajaran : Sinekti, stategi satu
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal:
Pembukaan
|
·
Guru
hadir di kelas tepat waktu
·
Guru
memberi salam pada siswa.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
memberi motivasi pada siswa.
·
Guru
mengulas secara singkat materi sebelumnya dengan mengajukan pertanyaan pada
siswa.
·
Guru
memberi penguatan.
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
|
·
Siswa
hadir di kelas tepat waktu
·
Siswa
menjawab salam guru.
·
Siswa
menjawab guru.
·
Siswa
termotivasi
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa termotivasi
·
Siswa
membentuk kelompok belajar
|
3 menit
|
Kegiatan inti:
Fase 1
Deskripsi penyajian kondisi
Fase 2
Analogi langsung
Fase 3
Analogi personal
Fase 4
Memadatkan/
meringkas
Fase 5
Analogi langsung
Fase 6
Menguji kembali tugas
|
·
Guru
menyajikan contoh peristiwa sehari-hari yang harus dikaji oleh siswa
·
Guru
meminta kepada siswa contoh lain yang masih berkaitan dengan contoh yang
diutarakan guru sebelumnya
·
Guru
meminta tiap kelompok untuk melakukan observasi secara langsung untuk
mengetahui pemuaian panjang pada sambungan rel
·
Guru
meminta perwakilan dari tiap-tiap kelompok untuk menjelaskan hasil observasi
·
Guru
meminta siswa untuk meringkas hasil
observasi
·
Guru
meminta siswa untuk mengevaluasi ulang data yang telah diperoleh
|
·
Siswa
menyimak penjelasan guru
·
Siswa
mengungkapkan pendapatnya
·
Siswa
melakukan observasi
·
Siswa
menjelaskan
·
Siswa
meringkas hasil observasi
·
Siswa
melakukan observasi
|
9 menit
|
Kegiatan akhir:
Kesimpulan
Pemberian tugas
Penutup
|
·
Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan
pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru
memeberikan tugas rumah kepada siswa.
·
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan salam.
|
·
Siswa
menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Siswa
menyimak dengan seksama.
·
Siswa
menjawab salam.
|
3 menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
Kemampuan dalam menjelaskan pemuaian
panjang.
1. Sebutkan contoh pemuaian yang merugikan
dan yang menguntungkan!
Jawab:
Contoh pemuaian adalah untuk memasang roda
logam (besi)
pada sebuah lokomotif. Sedngkan contoh
pemuaian pada sebuah jalan raya dimana beton yang merupakan pembatas jalan
memuai dan retak ketika temperatur udara sangat tinggi.
B. Tes
Kinerja
Untuk menilai keterampilan
siswa, guru meminta siswa untuk menyelidiki topik permasalahan yang telah
diajukan oleh guru dengan kegiatan praktikum.
Aspek penilaian:
Kemampuan mengidentifikasi secara benar atas permasalahan yang telah
diajukan,(siswa mengidentifikasi peristiwa yang disampaikan oleh guru).
Table 1.
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu mengidentifikasi secara benar tanpa perlu bantuan yang berarti dari
guru.
|
Cukup
|
Mampu mengidentifikasi secara benar dengan bantuan pengarahan guru
seperlunya
|
Kurang
|
Tidak mengidentifikasi secara benar dengan bantuan, walaupun sudah
diberikan pengarahan yang memadai oleh guru.
|
Instrument Assessment
Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan
siswa menyajikan data hasil praktikum, menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.
Tabel 2.
Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan argumentatif
dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
|
Cukup
|
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan
argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
|
Kurang
|
Tidak mampu mengidentifikasi dengan
jelas dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin
tersebut) walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.
|
Rubrikasi:
Tabel 3. Tugas kelompok (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
|
20
80
|
|
Skor total
|
100
|
|
Tabel 4. Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Penyajian data
|
|
|
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Perumusan matematis
|
|
|
|
Nilai akhir:
Tabel 6. Tes Kinerja
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Kemampuan mengukur
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat
|
|
|
|
Lembar Kerja Observasi
Tujuan Praktikum : menganalisis
pemuaian dan mengidentifikasinya
Peristiwa :
Pada saat siang hari rel kereta api seperti ditunjukkan pada
gambar dibawah terlihat bengkok. Jelas ini saat merugikan dan membahayakan
perjalanan kereta api.
Pertanyaan :
1.
Mengapa ?
2.
Sebutkan alasan yang mendasari pernyataan tersebut !
4.8 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Sinektik
strategi 2
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :Fisika
Jenjang Pendidikan :SMA/MA
Standar Kompetensi : Menerapkan
konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar : Melakukan pengukuran vektor
Indikator : Menguraikan komponen-komponen sebuah vektor
Topik Pembelajaran :Besaran vektor
dan skalar, melukis penjumlahan dua vektor atau lebih, perkalian vektor.
Kelas/Semester/Prog :X/1/IPA
Lamanya :20 menit
Model Pembelajaran : Sinektik strategi 2
Fase pembelajaran dan preskripsinya
|
Aktivitas
guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
Pembukaan
|
·
guru
membuka pembelajaran
·
guru
memeriksa kehadiran siswa
·
guru
memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
|
2 menit
|
Kegiatan Inti
Fase 1:
Masukan dasar
Fase 2:
Analogi langsung
Fase 3:
Analogi Personal
Fase 4:
Membandingkan Analogi
Fase 5:
Eksplorasi/Penelusuran
Fase 6:
Membangkitkan Analogi
|
·
Guru
mendefinisikan besaran vektor dan besaran skalar
·
guru
membedakan operasi vektor dan skalar
·
guru
mendeskripsikan penjumlahan vektor dan skalar
·
guru
memberikan metode penjumlahan vektor dengan metode jajar genjang, segi tiga
·
guru
menguraikan komponen-komponen sebuah vektor
·
guru
menghitung nilai resultan R dari 2 buah bektor V1 dan V2
dalam sudut 900
·
guru
memberi contoh besaran vektor dan besaran skalar dalam kehidupan sehari-hari
·
guru
mempraktikkan penjumlahan vektor dengan menggunakan alat peraga hingga
menemukan resultan gaya
·
guru
meminta siswa memperagakan penjumlahan vektor dengan menganalogikan diri
mereka sebagai vektor
·
guru
meminta siswa untuk mengungkapkan contoh analogi langsung dalam kehidupan
sehari-hari
·
guru
meminta siswa membandingkan analogi yang telah diberikan
·
guru
meminta siswa menjelaskan butir-butir yang mempunyai kesamaan
·
siswa
diminta menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari dengan mengunakan
kata-kata mereka sendiri
·
guru
meminta siswa mengerjaklan soal-soal yang diberikan
·
guru
meminta siswa mengungkapkan contoh dari materi yang telah diperlajari
·
guru
meminta siswa mengungkapkan persamaan dan perbedaannya
|
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
menperhatikan dengan baik
·
Siswa
mengungkapkan analogi lain
·
Siswa
membandingkan analogi-analogi yang telah dipelajari
·
Siswa
menjelaskan butir kesamaan
·
Siswa
menjelaskan materi yang telah dipelajari
·
Siswa
mengerjakan soal
·
Siswa
memberi contoh
·
Siswa
membuat persamaan dan perbedaan contoh materi
|
15 menit
|
Kegiatan Penutup
|
·
guru
menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
·
Siswa
menjawab salam
|
3menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1. Apa yang kamu ketahui tentang besaran?
2. Apa yang kamu ketahui tentang satuan?
Instrumen Asesmen
Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.
Sebuah
vektor perpindahan P besarnya 24 m
dengan arah 600 terhadap bidang datar arah ke kiri (sumbu-x
negatif). Lukislah vektor perpindahan P
jika 245 m digambarkan dengan 4 cm
2.
Seekor
burung pada awalnya bergerak ke timur sejauh 100 m. Kemudian, membelok tegak
lurus ke utara sejauh 50 m, dan akhirnya burung tersebut ke tenggara sejauh 20
m. Lukislah lintasan gerak burung tersebut, dan lukislah pula panjang vektor
perpindahannya.
Rubrikasi:
Tabel 1.
Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
|
50
50
|
|
Total skor
|
100
|
|
Nilai akhir:
4.9 Skenario Pembelajaran Mikro
menggunakan model Siklus Belajar
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :Fisika
Jenjang Pendidikan :SMA/MA
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep kalor dan prinsip
konversi energi
pada berbagai
perubahan energi
Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
Indikator :
Menjelaskan peristiwa perubahan wujud dan karakteristiknya serta contoh dalam
kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran :
Aplikasi hubungan suhu dan kalor dalam kehidupansehari-hari serta penerapan
azas Black
Kelas/Semester/Prog :X/II
Lamanya :20 menit
Model Pembelajaran :Siklus Belajar
Fase pembelajaran dan preskripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi
pesan pembelajaran
|
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan awal
Pembukaan
Kegiatan Inti
Fase 1:
Eksplorasi
Fase 2
Pengenalan
Konsep
Fase 3
Aplikasi Konsep
Penutup
|
·
Guru membuka pembelajaran
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru mengajukan pertanyaan mengenai
jenis-jenis zat dan sifat-sifatnya
·
Guru melakukan percobaan mengenai peristiwa
perubahan wujud zat dengan memanaskan es dan kapur barus.
·
Guru menanyakan kepada siswa : apa yang
terjadi dengan peristiwa percobaan tersebut?
·
Guru menanyakan apa yang terjadi jika jendela
secara terus-menerus terkena panas.
·
Guru menjelaskan definisi kalor
·
Guru menjelaskan peristiwa perubahan wujud zat
dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
·
Guru memaparkan faktor-faktor yang
mempengaruhi besar pemuaian zat padat, zat cair dan gas
·
Guru meminta siswa menyebutkan jenis-jenis
perpindahan kalor
·
Guru memberikan beberapa contoh peristiwa yang
berhubungan dengan perpindahan kalor.
·
Guru meminta siswa mengamati bagaimana
hubungan perpindahan kalor dengan azas Black
·
Guru menyuruh siswa untuk memberikan aplikasi
peristiwa perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru meminta siswa untuk memberikan aplikasi
lain peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru memberikan contoh soal tentang besar
pemuaian suatu zat
·
Guru menyimpulkan materi yang telah
disampaikan mengenai peristiwa perubahan wujud zat dan faktor-faktor yang
mempengaruhi besar pemuaian suatu zat
·
Guru memberi pekerjaan rumah
·
Guru menutup pembelajaran
|
·
Siswa menjawab pertanyaan guru
·
Siswa melakukan percobaan dengan serius
·
Siswa menganalisis peristiwa yang terjadi
·
Siswa menjawab pertanyaan guru
·
Siswa memperhatikan dengan baik
·
Siswa memperhatikan dengan baik
·
Siswa memperhatikan dengan baik
·
Siswa menyebutkan jenis-jenis perpindahan
kalor
·
Siswa memperhatikan dengan baik
·
Siswa menganalisis hubungan perpindahan kalor
dengan azas Black
·
Siswa menyebutkan aplikasi peristiwa perubahan
wujud
·
Siswa menyebutkan aplikasi peristiwa pemuaian
dalam kehidupan sehari-hari
·
Siswa memperhatikan guru dengan seksama
·
Siswa ikut menyimpulkan materi
·
Siswa memperhatikan dengan baik
|
2 menit
5 menit
8 menit
3 menit
2 menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1.
Sebutkan macam - macam zat yang ada beserta
definisi dan contohnya!
B. Tes Kinerja
Untuk menilai keterampilan siswa, guru meminta siswa
untuk menyelidiki topik permasalahan yang telah diajukan oleh guru dengan
kegiatan praktikum.
Aspek penilaian:
Kemampuan mengukur secara
benar, termasuk menentukan nilai beserta
ketelitian alat pengukuran.(siswa melakukan pengukuran
dengan menggunakan alat ukur Multimeter dan menentukan nilai hasil pengukuran beserta ketelitiannya).
Table
1. Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi
kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu mengukur, menentukan nilai,
dan satuannya, serta ketelitiannya tanpa perlu bantuan yang berarti dari
guru.
|
Cukup
|
Mampu mengukur, menentukan nilai,
dan satuannya, serta ketelitiannya dengan bantuan pengarahan guru seperlunya
|
Kurang
|
Tidak mampu mengukur, menentukan
nilai, dan satuannya, (atau sebagian besar dari poin-poin tersebut), walaupun
sudah diberikan pengarahan yang memadai oleh guru.
|
C. Tes tertulis
Untuk menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui
ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah
yang dikerjakan secara individu oleh siswa.
Instrument
Assessment
Ø Tugas kelompok:
Tugas ini
berupa pengisian lembar kerja praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan siswa
menyajikan data hasil praktikum, menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.
Tabel 2. Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu
menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, tanpa
bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
|
Cukup
|
Mampu
menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, dengan
bantuan bimbingan dari guru.
|
Kurang
|
Tidak
mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, (atau
sebagian dari poin-poin tersebut) walau dengan bantuan bimbingan yang memadai
dari guru.
|
Ø Tugas
individu
Tugas individu berupa tugas rumah:
1. Hitunglah
kalor yang diperlukan untuk mengubah 1 gram es bersuhu -50C menjadi
1 gram air bersuhu 150C jika diketahui kalor jenis es adalah 0,5
kal/g0C, kalor lebur es 80 kal/g, dan kalor jenis air 1 kal/g0C!
2.
Sebongkah es bermassa 200 g dan bersuhu 00C
dimasukkan ke dalam bejana berisi 500 g air bersuhu 200C. Sistem
berada dalam tabung yang kapasitas kalornya dapat diabaikan dan terisolasi dari
lingkungan. (A) berapakah suhu akhir system pada saat mencapai kesetimbangan
termal (saat tidak ada lagi perpindahan kalor)? (B) Berapakah banyaknya es yang
melebur?
Rubrikasi:
Tabel 3.
Tugas kelompok (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
4
|
100
100
100
100
|
|
Skor total
|
400
|
|
Tabel 4.
Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Penyajian data
|
|
|
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Perumusan matematis
|
|
|
|
Tabel 6.
Tes Kinerja
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Kemampuan mengukur
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat
|
|
|
|
Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat
|
|
|
|
Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
|
50
50
|
|
Total skor
|
100
|
|
Nilai akhir:
LEMBAR KERJA PRAKTIKUM
Kegiatan
pra laboratorium
1.
Buatlah rencana percobaan untuk mencari suhu campuran
dari air. Isi rencana tersebut terdiri dari : Alat dan Bahan yang diperlukan,
langkah percobaan, gambar sketsa percobaan, dan data hasil pengamatan.
Alat dan bahan :
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
Langkah percobaan setiap langkah disertai gambar :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tabel 1. Data hasil pengamatan yang akan dikoleksi
Massa air yang digunakan :
………………………….
Suhu air biasa sebelum di campurkan : …………………………(di ukur mendekati 25 oC)
Suhu air mendidih sebelum dicampurkan : ………….................... (di usahakan mendekati
100 oC)
Suhu air setelah dicampurkan :
……………………….
Kegiatan
laboratorium
2.
Jika rencana percobaanmu telah mendapat persetujuan
dari gurumu (ada jaminan berhasil jika dilakukan). Lakukan percobaan sesuai
dengan rencana yang telah kamu buat. Hati-hatilah selama bekerja, awas jangan
sampai terkena air mendidih!!!!
3.
Catat hasil pengamatan sesuai dengan rencana data hasil
pengamatan yang akan dikoleksi, catat pada tabel 1.
Variabel percobaan
|
Hasil pengukuran
|
Massa air
|
|
Suhu air biasa
|
|
Suhu air mendidih
|
|
Suhu air
setelah dicampurkan
|
|
4.
Buatlah kesimpula dari percobaan yang kamu lakukan,
dengan :
Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan dan analisis data
di atas, maka suhu campurannya adalah ……………………………………………………………………..
Perbedaan jawaban suhu campuran berdasarkan percobaan dan
menurut perhitungan adalah…………………………………………………………………………………….
Jika mengalami perbedaan, mengapa bisa demikian???
Alasanyaadalah…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………….....
4.10 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Sains
Teknologi Masyarakat
SKENARIO PEMBELAJARAN
Bidang Studi :
Fisika
Jenjang Pendidikan : SMA/MA
Standar
Kompetensi : Menunjukkan penerapan konsep fisika
inti dan
radioaktivitas dalam teknologi dan
kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi
pemanfaatanradioaktifdalam
teknologi dankehidupansehari-hari.
Indikator :
Mendeskripsikan pemanfaatan dan bahaya energi
nuklirdalamkehidupansehari-hari
Topik
Pembelajaran : Manfaat
dan bahaya nuklir
Kelas/Semester/Program : XII/II/IPA
Alokasi waktu :
1 X 15 menit
Model Pembelajaran : Sains-Teknologi-Masyarakat
Prosedur Pembelajaran
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal:
Pembukaan
|
·
Guru
hadir di kelas tepat waktu
·
Guru
memberi salam pada siswa.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
memberi motivasi pada siswa.
·
Guru
mengulas secara singkat materi sebelumnya dengan mengajukan pertanyaan pada
siswa.
·
Guru
memberi penguatan.
·
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
|
·
Siswa
hadir di kelas tepat waktu
·
Siswa
menjawab salam guru.
·
Siswa
menjawab guru.
·
Siswa
termotivasi
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru.
·
Siswa termotivasi
·
Siswa
membentuk kelompok belajar
|
3 menit
|
Kegiatan inti :
Invitasi
Eksplorasi
Penjelasan dan solusi
Penentuan tindakan
|
·
Guru
memberikan suatu peristiwa untuk didiskusikan siswa
·
Guru
membagi LKS kepada siswa
·
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi permasalahan yang timbul akibat
peristiwa tersebut
·
Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi konsep yang berhubungan dengan peristiwa
tersebut
·
Guru
meminta siswa untuk mencari solusi dari permasalahan yang timbul
·
Setelah
siswa mengetahui bahaya yang ditimbulkan guru meminta pendapat siswa apakah
masih bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Siswa
bersama kelompoknya mendiskusikan peristiwa yang telah diberikan oleh guru
·
Siswa
menerima LKS
·
Siswa
bersama kelompoknya mengidentifikasi peristiwa yang telah diberikan oleh guru
·
Siswa
secara berkelompok mengidentifikasi konsep yang berhubungan dengan peristiwa
tersebut
·
Siswa
mencari solusi atas permasalahan
·
Siswa
mengutarakan pendapatnya
|
|
Kegiatan akhir:
Kesimpulan
Pemberian tugas
Penutup
|
·
Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan
pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru
memeberikan tugas rumah kepada siswa.
·
Guru
mengakhiri pembelajaran dengan salam.
|
·
Siswa
menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Siswa
menyimak dengan seksama.
·
Siswa
menjawab salam.
|
3 menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
Kemampuan dalam menjelaskan nuklir.
1. Apa yang kamu ketahui tentang rektor
nuklir!
Jawab:
Reaktor nukil adalah alat tempat
terjadinya reaksi inti berantai baik fisi atau fusi yang terkendali.hingga
reaktor fisi yang telah beroprasi
B. Tes
tertulis
Untuk menilai aspek kognitif
siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka
guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu oleh siswa.
Instrument Assessment
Ø Tugas
kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja
siswa. Aspeknya yaitu kemampuan siswa menyajikan data hasil dari tinjauan
pustaka dan merumuskan kesimpulan.
Tabel 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
|
Indikasi kemampuan yang dicapai
|
Baik
|
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan
argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari
guru.
|
Cukup
|
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan
argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
|
Kurang
|
Tidak mampu mengidentifikasi dengan jelas
dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut)
walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.
|
Rubrikasi:
Tabel 2.
Tugas kelompok (Lembar Kerja Siswa)
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
4
5
|
20
20
20
20
20
|
|
Skor total
|
100
|
|
Tabel 3.
Pengolahan Data Hasil Telaah Pustaka
Sub Aspek
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
Penyajian data
|
|
|
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Perumusan matematis
|
|
|
|
Nilai akhir:
Carilah
dan sertakan data yang diperoleh baik dari berbagai sumber seperti buku, koran
atau majalah guna mendukung dalam mengerjakan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini
1.
Tuliskan
dengan bahasa kamu sendiri! apa yang dimaksud energi nuklir?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Apa yang kamu ketahui tentang pembangkit listrik tenaga
nuklir ?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Sebut dan jelaskan reaktor nuklir yang anda ketahui?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Sebutkan manfaat dan bahaya dari nuklir bagi kehidupan
sehari-hari?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Sebutkan solusi apa yang tepat untuk mengatasi bahaya
yang ditimbulkan oleh nuklir!
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.11 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL
Preskripsi 1
SKENARIO
PEMBELAJARAN
Jenjang
Pendidikan : SMA
Materi Pelajaran : Fisika
Standar Kompetensi :
Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam
menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :Menerapkan
hukum Archimedes dalam masalah fisika sehari-hari
Topik Pembelajaran :
Gas dapat menerima usaha dari lingkungannya
(Sintak
untuk membentuk kompetensi)
Kelas/Semester/Program : XI / 2 / IPA
Alokasi Waktu :
20 menit
Model Pembelajaran : CTL Preskripsi 1: penerapan konstrukvisme
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal
Pembukaan
|
·
Guru memberi salam dan menanyakan kehadiran
siswa
·
Guru mengingatkan kembali pelajaran yang lalu
tentang fluida yang tidak mengalir
·
Guru berapresiasi tentang Archimedes
|
·
Siswa
menjawab salam
·
Siswa
mendengarkan
|
2menit
|
Kegiatan Inti
Penyampaian
materi pembelajaran
|
·
Guru memberi informasi tentang definisi hukum
Archimedes
·
Guru menanyakan suaatu fenomena kehidupan
sehari-hari:
“Siapa yang pernah ke pantai?”. “Bagaimana
posisi kalian jika berenang?”.
“Apa yang terjadi dengan batu jika kalian
lemparkan ke air?”.
·
Guru mendemonstrasikan fenomena tenggelam,
terapung, dan melayang didepan kelas dengan bantuan beberapa siswa
·
Guru membagi siswa dalam 3 kelompok diskusi
·
Guru membimbing siswa untuk menjelaskan
syarat-syarat tenggelam, mengapunmg, dan melayang.
·
Guru membimbing siswa untuk menemukan aplikasi
fenomena yang terjadi pada kehidupan sehari-hari
·
Guru meminta hasil diskusi beberapa kelompok
|
·
Siswa
memperhatikan
·
Siswa
menjawab
·
Murid
memperhatikan
·
Siswa
membentuk kelompok dan berdiskusi
·
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi
|
15 menit
|
Kegiatan
penutup
Kesimpulan dan
tugas
|
·
Guru menyimpulkan materi yang telah
disampaikan
·
Guru memberikan tugas rumah kepada siswa
tentang hukum Archimedes dan
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
|
·
Siswa
memperhatikan
·
Siswa
memperhatikan
|
3menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1. Pernahkah kalian berenang?
2. Gaya apa yang kalian rasakan pada saat
mengapung di kolam?
Instrumen Asesmen
Tugas individu:
Tugas individu
berupa tugas rumah:
1.
Sebuah kapal selam berada 20 m di bawah
permukaan laut (massa jenis air laut = 1050kgm-3).Jika tekanan
atmosfer sama dengan 10 m air dan anggap g = 10 m s-2,maka tekanan
mutlak yang dialami kapal selam itu adalah…
2.
Sebuah papan kayu dengan panjang 2,0 m_ lebar 30
cm, dan tebal 40 mm mengapung dalam air dengan 10 mm dari ketebalannya, muncul
di permukaan air. Massa papan adalah…
3.
Jarak dari kaki ke jantung seseorang adalah 1,20
m, dan massa jenis darah adalah 1,06 x 103 kg/m3. Beda
tekanan darah antara jantung dan kaki adalah (g = 9,81 m/s2)…
Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
3
|
100
100
100
|
|
Total skor
|
300
|
|
Nilai akhir:
4.12 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL
Preskripsi 2
SKENARIO
PEMBELAJARAN
Jenjang
Pendidikan : SMA/ MA
Materi Pelajaran : Fisika
Standar Kompetensi: Menerapkan konsep kelistrikan dan
kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
Kompetensi Dasar: Menerapkan induksi magnetik dan gaya
magnetik pada beberapa produk teknologi
Indikator :
Memformulasikan gaya magnetik (Lorentz) pada kawat berarus yang berada dalam
medan magnet atau partikel bermuatan yang bergerak dalam medan magnetik.
Topik Pembelajaran :
Medan magnetik di sekitar medan listrik dan gaya magnetik
Materi pokok : Medan Magnetik
Kelas/ Semester : XII/ I
Alokasi waktu :
20 Menit
Model
Pembelajaran : CTL preskripsi 2:
menerapkan pembelajaran penemuan
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal
Mengungkap konsep awal siswa
Kegiatan inti
Merumuskan hukum Biot-Savart
Evaluasi
Penarikan kesimpulan
Penutup
Penutupan dan Penugasan
|
·
Guru mengingatkan kembali dan menanyakan
konsep medan magnetik di kelas XIdengan pendekatan kualitatif
·
Guru menjelaskan hubungan/ pengaruh antara
listrik dan kemagnetan.
·
Guru membimbing siswa menganalisis ketentuan
Hukum Biot-Savart untuk memformulasikan besar induksi medan magnetik
·
Guru memberi permasalahan berupa kasus induksi
magnetik disekitar penghantar lurus dan penghantar melingkar berarus
·
Guru meminta siswa mengerjakan soal latihan
·
Membahas soal latihan tersebut
·
Guru meminta siswa mengungkapan pendapatnya/
menyimpulkan mengenai penjelasannya
·
Meminta siswa menyimpulkan
·
Guru memberikan tugas sebagai umpan balik dengan
berbagai kesepakatan
|
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan dan
mencoba mengingat kembali
·
Siswa menyimak penjelasan guru
·
Siswa menganalisis geometri dari Hukum
Biot-Savart untuk memformulasikan besarnya induksi medan magnetic
·
Siswa mencoba memecahkannya (guru sebagai
katalisator)
·
Siswa mengerjakan soal
·
Siswa menyimak penjelasan guru
·
Siswa mencoba mengungkapkan pendapatnya
·
Siswa menyimpulkan
|
2 Menit
15 menit
3 menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1. Apa yang kamu ketahui tentang medan
magnetik?
Instrumen Asesmen
Tugas individu:
1.
Sebuah penghantar berbentuk lingkaran berjari-jari a= 8
cm, dialiri arus listrik I= 10A. tentukan induksi magnetik B disumbu lingkaran
yang berjarak b= 6 cm dari pusat lingkaran (A).
Penyelesaian:
R = (a2 + b2)1/2
= (64+36)1/2
= 10 cm = 0,1 m
sin α = a/r
= 8/10
= 0,8
B = μ0 I sin3 α/2a
= 4x πx 10-7
x 10 x 64 / 2 x 8x10-2 x 125
= 1,28π x 10 -5 T
2.
Sebuah kawat panjangnya 20 cm berada tegak lurus di
dalam medan magnetic. Jika rapat fluks magnetiknya 0,1 Tesla dan arus yang
mengalir melalui kawat 30 Ampere, tentukanlah gaya Lorentz yang dialami kawat.
Penyelesaian:
F= BIl
= 0,1 x 30 x 20 x 10-2
= 0,6 N
Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
|
100
100
|
|
Total skor
|
200
|
|
Nilai akhir:
4.1.13 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 3
SKENARIO PEMBELAJARAN
Jenjang
Pendidikan : SMA/ MA
Materi Pelajaran :
Fisika
Standar Kompetensi :
Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian
masalah dan produk teknologi
Kompetensi Dasar :
Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya
Indikator :
Menjelaskan peristiwa resonansi pada rangkaian RLC dan pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari
Topik
Pembelajaran : Induksi magnetik dan
Arus dan Tegangan Bolak-Balik
Materi pokok : Kapasitor
Kelas/ Semester : XII/ I
Alokasi waktu : 20 Menit
Model Pembelajaran : CTL preskripsi 3: membelajarkan dengan
bertanya
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal
Kegiatan inti
Eksplorasi
Penutup
|
·
Salam pembuka
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru memberikan permasalahan dari sebuah kawat
yang diletakkan pada medan
magnetik
·
Guru menanyakan apa yang terjadi pada kawat
jika digerakkan dalam medan magnetik
·
Guru
mendemonstrasikan peristiwa ggl induksi dengan menggunakan simulasi
sebuah kawat
·
Guru meminta siswa mendiskusikan hal yang
sudah didemonstrasikan
·
Guru
mempersilahkan siswa untuk saling bertanya jawab dengan teman sekelasnya
·
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang sudah dibahas
apabila ada yang masih belum dimengerti
·
Guru menjelaskan faktor yang mempengaruhi ggl
induksi
·
Guru menjelaskan pengaruh medan magnetik dan
fluks magnetik terhadap ggl induksi
·
Guru menjelaskan rumus ggl induksi dan
arus dan tegangan AC
·
Guru meminta siswa mengerjakan contoh latihan
dari rumus yang sudah diberikan
·
Guru mengevaluasi penguasaan siswa terhadap
materi yang telah diajarkan
·
Guru meminta siswa menyimpulkan
·
Penugasan
·
Salam penutup
|
·
Memikirkan kemudian menjawab pertanyaan
·
Siswa menjawab penggunaan kapasitor
·
Siswa memperhatikan guru melakukan
demonstrasi
·
Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi
·
Siswa
saling bertanya
·
Siswa
berantusias ingin bertanya, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih.
·
Siswa memperhatikan dengan seksama
·
Siswa mengerjakan soal yang diberikan
·
Siswa menyimpulkan
|
2 Menit
15 Menit
3
menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1. Apa yang kamu ketahui tentang induksi magnetik?
Instrumen Asesmen
Tugas individu di rumah:
1.
Diketahui luas bidang magneti adalah 0,1 m2
arahnya tegak lurus menembus bidang, besar medan magnet 0,2 T. tentukan
besarnya fluks magneti?
Penyelesaian :
Ф = B.A =
B.A cos θ. = 0,1 m2 x 0,2 T x cos 0 = 0,02 Wb
2.
Diketahui persamaan tegangan sesaat V = 110 sin 100 πt.
Tentukan tegangan maksimumnya?
Penyelesaian :
Berdasarkan persamaan V = 110 sin 100 πt maka besarnya
Vmak = 110 volt.
Rubrikasi
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
|
100
100
|
|
Total skor
|
200
|
|
Nilai akhir:
4.1.14 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL
Preskripsi
4
SKENARIO
PEMBELAJARAN
Jenjang
Pendidikan : SMA/ MA
Materi Pelajaran : Fisika
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip
gejala gelombang dan optik dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar : Melakukan kajian ilmiah
untuk mengenali gejala dan ciri-ciri gelombang elektromagnetik serta
penerapannya.
Indikator :Menjelaskan peristiwa fisika yang
dapat menyebabkan peristiwa polarisasi cahaya
Kelas/
Semester : XII/ I
Materi
pokok :
Gelombang Elektromagnetik
Alokasi
waktu : 20 Menit
Model Pembelajaran :CTL Preskripsi 4:membelajarkan
dengan menggunakan masyarakat pembelajar
Prosedur
Pembelajaran
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal
Kegiatan inti
Eksplorasi
Penutup
|
·
Salam pembuka
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru memberikan motivasi kepada siswa
·
Guru mengadakan demonstrasi mengenai efek
Doppler
·
Guru meminta pada siswa untuk mengamati apa
yang didemonstrasikan oleh guru.
·
Guru
menjelaskan konsep efek Doppler dan contohnya berdasarkan demonstrasi
yang telah dilakukan.
·
Guru meminta siswa menjelaskan mengenai
interferensi, difraksi, dan polarisasi cahaya
·
Guru memberikan contoh soal mengenai materi
yang telah diajarkan
·
Guru meminta siswa mengerjakan contoh latihan
dari rumus yang sudah diberikan
·
Guru mengevaluasi penguasaan siswa terhadap
materi yang telah diajarkan
·
Guru meminta siswa menyimpulkan
·
Salam penutup
|
·
Siswa mengamati demonstrasi guru
·
Siswa memperhatikan guru melakukan demonstrasi
·
Siswa memperhatikan
·
Siswa mejelaskan beberapa istilahinterferensi, difraksi, dan polarisasi
cahaya
·
Siswa mengerjakan soal yang diberikan
·
Siswa Menyimpulkan materi pembelajaran hari
ini
|
2 Menit
15 Menit
3
menit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1. Apa yang kamu ketahui tentang amplitudo
dan kuat nada?
2. Apa yang mempengaruhi tinggi nada suatu
bunyi?
Instrumen Asesmen
Tugas individu di kelas:
1.
Sebuah garpu tala yang diam, bergetar dengan frekuensi
384 Hz. Garpu tala lain yang bergetar dengan frekensi 380 Hz dibawa seseorang
anak yang berlari menjauhi garpu tala pertama. Kecepatan rambat bunyi di udara
320 m/s. Jika anak itu tidak mendengar layangan, berapa kecepatan anak tersebut
?
Penyelesaian :
Garpu tala yang diam berperan sebagai sumber (S) dengan fs = 384 Hz,
karena anak tidak mendengar layangan berarti frekuensi yang dia terima sama
besar dengan frekuensi garpu tala yang dibawanya sehingga dapat ditulis bahwa
fp = 380 Hz. Data lain adalah anak (P) menjauhi sumber S berarti vp bertanda negatif.
Fp = (v+vp /
v+vs) fs atau
(380 . 320) / 384 = 320 – vp atau
vp
= 320 – 316,67
= 3,33 m/s
Kecepatan anak berlari adalah 3,33 m/s
Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
|
100
|
|
Total skor
|
100
|
|
Nilai akhir:
4.1.15 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 6
SKENARIO PEMBELAJARAN
Jenjang
Pendidikan : SMA/ MA
Materi Pelajaran :
Fisika
Standar Kompetensi :
Menerapkan
konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
Menjelaskan hukum Archimedes pada
keadaan terapung, melayang dan tenggelam melalui percobaan sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Topik
Pembelajaran : Terapung, melayang, tenggelam
Materi pokok : Fluida Statis
Kelas/ Semester : XI/ 2
Alokasi waktu : 20 Menit
Model Pembelajaran : CTL
preskripsi 6: membelajarkan
dengan melakukan refleksi
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal
Kegiatan inti
Eksplorasi
Penutup
|
·
Salam pembuka
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan:
1.
Mengapa
ketiga kita berenang, tubuh kita dapat tenggelam namun dapat pula terapung?
2.
Mengapa
benda yang berat cenderung tenggelam?
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru meminta siswa untuk membantu menyiapkan perlengkapan demonstrasi
·
Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil, kemudian diberi buku
panduan sesuai dengan bahan ajaran
·
Guru meminta siswa untuk ikut
mendemonstrasikan percobaan di meja kerjanya, kemudian meminta untuk mengisi buku
panduan
·
Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan hasil percobaan dengan kelompok lainnya
·
Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan
·
Guru
memberikan soal latihan
·
Guru
memberikan tugas rumah
·
Guru
mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan
·
Salam penutup
|
·
Siswa
berantusias dalam berpendapat menjawab pertanyaan dari guru
·
Siswa
mendengarkan
·
Dua
siswa maju ke depan membantu guru
·
Siswa
berkumpul dalam kelompok mulai memperhatikan dengan seksama maksud dari
pembelajaran
·
Siswa
memperhatikan guru di depan kelas sambil melakukan demonstrasi kelompok
·
Dengan bimbingan guru, siswa saling berdiskusi
antar kelompok
·
Masing-masing
perwakilan kelompok menyimpulkan
·
Siswa
mengerjakan latihan yang diberikan guru
·
Siswa
mencatat dan mendengarkan instruksi guru
·
Siswa
berebut ingin mengutarakan dan mengevaluasi kegiatan, apa yang didapat dan
dirasa demi perbaikan pembelajaran selanjutnya
·
Siswa
menjawab salam
|
2
Menit
15
Menit
3 menit
4
mnit
|
Strategi Asesment
A. Tes Lisan
1. Apa syarat suatu benda agar terapung bila
dimasukkan ke dalam air?
2. Apa syarat suatu benda agar melayang bila
dimasukkan ke dalam air?
3. Apa syarat suatu benda agar tenggelam bila
dimasukkan ke dalam air?
B. Tes Tertulis
1. Sebuah bola volumenya 32 cm3
mengapung di permukaan air dengan setengah bagian volumnya berada di atas
permukaan air. Tentukan massa bola tersebut, jika massa jenis air adalah 1 g/cm3.
Instrumen Asesmen
Tugas individu di rumah:
1. Sebuah benda terapung di atas permukaan
air yang berlapiskan minyak bensin dengan 40% volum benda berada di dalam air,
30% di dalam bensin, dan sisanya berada di atas permukaan zat bensin. Tentukan
massa jenis zat tersebut, jika massa jenis bensin 0,7 g/cm3.
2. Sebuah benda yang memiliki massa jenis A
mengapung dalam zat cair yang massa jenisnya B. Jika ¼ bagian volumenya berada
di atas permukaan zat cair tersebut, tentukan perbandingan massa jenis zat cair
dan benda itu.
Rubrikasi
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
|
100
100
|
|
Total skor
|
200
|
|
Nilai akhir:
4.1.16 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 7
SKENARIO PEMBELAJARAN
Jenjang
Pendidikan : SMA/ MA
Materi Pelajaran :
Fisika
Standar Kompetensi :
Menerapkan
konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
Menerapkan konsep tekanan
hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran : Tekanan hidrostatis
Materi pokok : Fluida Statis
Kelas/ Semester : XI/ 2
Alokasi waktu :
20 Menit
Model Pembelajaran :
CTL preskripsi 7: melakukan penilaian sebenarnya (autentik
assesment)
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
|
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
|
Aktivitas siswa belajar terkait isi
pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan awal
Kegiatan inti
Eksplorasi
Penutup
|
·
Salam pembuka
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru
memotivasi siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan :
1. Apakah kalian punya tower ?
2. Mengapa dipasangnya lebih tinggi dari
permukaan tanah?
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Guru meminta siswa untuk membantu menyiapkan perlengkapan demonstrasi
·
Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil, kemudian diberi buku
sesuai dengan bahan ajaran
·
Guru meminta siswa untuk ikut
mendemonstrasikan percobaan di meja kerjanya, kemudian meminta untuk mengisi
LKS
·
Guru
meminta siswa untuk mendiskusikan hasil percobaan dengan kelompok lainnya
·
Guru
meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan
·
Guru
memberikan soal latihan
·
Guru
memberikan tugas rumah
·
Guru
mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan
·
Salam penutup
|
·
Siswa
berantusias dalam berpendapat menjawab pertanyaan dari guru
·
Siswa
mendengarkan
·
Dua
siswa maju ke depan membantu guru
·
Siswa
berkumpul dalam kelompok mulai memperhatikan dengan seksama maksud dari
pembelajaran
·
Siswa
memperhatikan guru di depan kelas sambil melakukan demonstrasi kelompok
·
Dengan bimbingan guru, siswa saling berdiskusi
antar kelompok
·
Masing-masing
perwakilan kelompok menyimpulkan
·
Siswa
mengerjakan latihan yang diberikan guru
·
Siswa
mencatat dan mendengarkan instruksi guru
·
Siswa
berebut ingin mengutarakan dan mengevaluasi kegiatan, apa yang didapat dan
dirasa demi perbaikan pembelajaran selanjutnya
·
Siswa
menjawab salam
|
2
Menit
15
Menit
3 menit
5
mnit
|
Strategi Asesment
Tes Lisan
1. Lebih kuat mana pancaran air kran dari
lantai 5 atau 2?
2. Faktor apa saja yang menyebabkan kuat
lemahnya pancaran?
Tes Tertulis
Pada sebuah bangunan, air dari lantai bawah akan dialirkan ke atas melalui
sebuah pipa vertikal. Tentukan tinggi air akan naik jika tekanan hidrostatika
air di dasar bangunan sama dengan 200 kPa.
Instrumen Asesmen
Tugas individu di rumah:
1.
Suatu bak yang
tingginya 80 cm terisi penuh suatu zat cair yang massa jenisnya0,5 gr/cm3.
Berapakah besar tekanan hidrostatika pada dasar bak ?(g = 10 m/s2).
2.
Sebuah bejana
diisi air (ρair = 1gr/cm3) dan bagian bawah terdapatlubang pipa yang diberikan
penutup.Penutup diikat dengan pegas yangkonstantanya 200 N/m. Sebelum adaair
penutup tepat di titik A. Setelah adaair berapakah peregangan pegas?
Rubrikasi
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
|
Skor maksimum
|
Skor yang diperoleh
|
1
2
|
100
100
|
|
Total skor
|
200
|
|
Nilai akhir: