09 Januari, 2013

rpm

Post oleh : Siger property | Rilis : 07.01 | Series :




BAB IV
HASIL PRAKTIK MEMBUAT RPM

4.1 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Pemahaman Konsep(concept attainment)

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                     :Fisika
Jenjang Pendidikan           :SMA/MA
Standar Kompetensi         :Menerapkan konsep besaran fisika, menulis dan menyatakannya dalam satuan SI dengan baik dan benar (meliputilambang, nilai, dan satuan).
Kompetensi Dasar             :Membedakan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.
Indikator                           :Mengidentifikasi besaran pokok danturunan beserata contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Topik Pembelajaran           :Besaran Fisika
Kelas/Semester/Prog         :X/1/IPA
Lamanya                           :20 menit
Model Pembelajaran         :Pemahaman Konsep(concept attainment)
Fase Pembelajaran dan preskripsinya

Aktifitas Guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembuka
·         Guru memberikan salam
·         Gurumemeriksa kehadiran siswa
·         Guru memberi motivasi kepada siswa sebelum memulai pelajaran

·         Guru meminta siswa membentuk kelompok

·         Guru mengingatkan siswa materi minggu lalu mengenai satuan dan pengukuran
·         Siswa menjawab salam


·         Siswa termotivasi




·     Siswamembentuk      kelompok


·     Murid memperhatikan dengan baik
5 menit
Kegiatan Inti
Fase 1
Penyajian data dan identifikasi konsep

















·         Guru mengajukan konsep besaran pada siswa

·         Guru meminta siswa menyebutkan atribut-atribut dari besaran

·         Guru meminta siswa membandingkan atribut besaran pokok dan turunan dalam contoh positif dan negatif

·         Guru meminta siswa untuk menggeneralisasikan dan menguji hipotesis tentang kmonsep besaran pokok dan turunan menurut atribut esensial yang ditemukan.

·         Siswa mendengarkan dengan baik

·         Siswa menyebutkan atribut-atribut besaran


·         Siswa membandingkan atribut besaran pokok dan turunan dalam contoh positif dan negatif

·         Siswa menguji hipotesis tentangkonsep besaran pokok dan turunan bersama kelompoknya.




15 menit
Fase 2
Pengujian Konsep
·         Guru mengkonfirmasi hipotesis siswa tentang konsep besaran pokok dan turunan dan beserta pertanyaan definisi atribut esesnsialnya.
·         Siswa menyimak dengan seksama
·          
Fase 3
Analisis strategi berpikir
·         Guru meminta siswa mendiskusikan peran hipotesis dan atribut
·         Siswa mendiskusikan peran hipotesis dan atribut hingga mencapai suatu konsep umum tentang besaran
·          
Kegiatan Penutup
·         Guru meminta siswa dari salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya
·         Guru meminta kelompok lain untuk menanggapi



·         Guru menyimpulkan hasil diskusi semua kelompok

·         Guru memberikan tugas rumah

·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
·         Siswa membacakan hasil diskusi konsep tentang besaran


·         Perwakilan dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok sebelumnya

·         Siswa mendengarkan


·         Siswa mendengarkan dengan seksama
·         Murid menjawab salam
5 menit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.    Apa yang kamu ketahui tentang besaran?
2.    Apa yang kamu ketahui tentang satuan?

B.     Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.    Sebutkan besaran-besaran yang termasuk ke dalam besaran pokok !
2.    Tulislah dimensi dan satuan dari besaran pokok di atas!
3.    Sebutkan besaran-besaran yang termasuk ke dalam besaran turunan!
4.    Tulislah Dimensi dan satuan besaran turunan di atas!






Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
4
25
25
25
25

Total skor
100


Nilai akhir:



4.2 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Pembelajaran Berfikir Induktif

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi               : Fisika
Jenjang Pendidikan     : SMA/MA
Standar kompetensi: Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi dasar       : Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
Indikator                     : Menganalisis hubungan usaha dengan energi kinetik dan
potensial
Kelas/Smstr/program   : XI/Ganjil/IPA
Lamanya                     : 15 menit
Model Pembelajaran   : berpikir induktif
Prosedur Pembelajaran:

Fase pembelajaran dan preskripsinya
Aktifitas guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi
Waktu
Kegiatan awal
Pembuka



Motivasi dan apersepsi
·         Guru memberi salam kepada siswa
·         Guru mengecek kehadiran siswa
·         Guru memberi motivasi kepada siswa
·         Guru menanyakan kembali tentang materi pada pelajaran yang telah lalu
·         Siswa menjawab salam
·         Siswa mendengarkan
·         Siswa termotivasi

·         Siswa menjawab
3 menit
Kegiatan inti
Pembentukan konsep:
Fase 1:
Menyebutkan dan menyusun daftar konsep






































Fase 2:
Mengelompokkan









Fase 3:
Memberi label dan mengkatagorikan






Interpretasi data:
Fase 4:
Mengidentifikasi butir-butir dimensi dan hubungan













Fase 5:
Menjelaskan butir-butir informasi yang telah diidentifikasikan












Fase 6:
Merumuskan kesimpulan






Aplikasi konsep/ prinsip-prinsip
Fase7:
Berhipotesis






Fase 8:
Menjelaskan hipotesis






Fase 9:
Menguji hipotesis









·         Guru memberi pertanyaan:
“Apa beda usaha dengan energi?”

·         Guru meminta beberapa orang siswa untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru

·         Guru menyebutkan beberapa contoh usaha dan energi:
-       Orang mengangkat air
-       Daya persatuan waktu
-       Pemanasan air
-       Benda yang berada di suatu ketinggian tertentu memiliki
-       Energi yang dimiliki benda yang bergerak
-       Hasil kali gaya dengan perpindaha
-       Energi sebelum dan sesudah sama




·         Guru meminta siswa mengelompokan contoh-contoh tersebut ke dalam kelompok konsep energi atau konsep usaha


·         Guru meminta siswa mengkatagorikan contoh-contoh tersebut dengan spesifikasi konsepnya


·         Guru meminta beberapa orang siswa untuk menjelaskan hasil pemikirannya pada fase sebelumnya

·         Guru memberikan apresiasi atas siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya


·         Guru menjelaskan konsep hubungan usaha dan energi untuk menganalisis tentang contoh yang diberikan guru.
·         Guru bersama-sama siswa menghubungkan beberapa contoh atau kejadian tersebut secara hirarkis.

·         Guru meminta siswa merumuskan kesimpulan dari penjelasan dan contoh konsep yang telah diketahui siswa.



·         Guru meminta beberapa orang siswa memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari

·         Guru meminta siswa lain memberikan pendapatnya mengenai contoh yang diberikan siswa sebelumnya

·         Guru megklarifikasi pendapat siswa dengan menghubungkannya pada materi konsep yang telah diberikan
·         Guru memberi aplaus untuk mengapresiasi keaktifan siswa dalam berdiskusi

·         Siswa menjawab pertanyaan dari guru

·         Beberapa dari siswa yang diminta oleh guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru


































·         Siswa mengelompokkan contoh-contoh yang disebutkan oleh guru






·         Siswa mengkategorikan contoh-contoh dalam konsep energi yang telah diketahui



·         Siswa menjelaskan hasil diskusinya







·         Siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran





·         Siswa memperhatikan dengan seksama














·         Siswa menarik kesimpulan dari penjelasan yang telah diterimanya.







·         Siswa berebut ingin memberikan contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.



·         Siswa lain memberikan penjelasan atas contoh yang telah disebutkan sebelumnya.



·         Siswa memfokuskan perhatiannya pada penjelasan guru.
9 menit
Kegiatan akhir
·         Guru memberi penugasan berupa soal aplikasi yang dikerjakan dirumah serta penugasan untuk membaca materi selanjutnya
·         Guru menutup pertemuan selanjutnya dengan memberi salam
·         Siswa mendengarkan tugas yang diberiklan oleh guru




·         Siswa menjawab salam
3menit

Strategi Assesment
A.    Tes Lisan
1.    Kemampuan dalam mengajukan hipotesis tentang hubungan usaha dan energi
2.    Kemampuan dalam menganalisis hubungan usaha dengan perubahan energi potensial dan energi kinetik
3.    Kemampuan menganalisis hubungan energi potensial dan kinetik dengan hukum kekekalan energi mekanik.
4.    Kemampuan dalam memberikan contoh tentang aplikasi hubungan usaha dengan hukum kekekalan energi mekanik dalam kehidupan sehari-hari.

B.     Tes Tertulis
Untuk menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu oleh siswa.

Instrument Assesment
A.      Tes lisan
1.    Menurut pengetahuan yang kamu alami. Apa hubungan energi dengan usaha?
2.    Lalu apa hubungan antara usaha dengan energi potensial dan energi kinetik?
3.    Sebutkan rumusan kekekalan energi mekanik, lalu hubungkan rumus tersebut dengan energi potensial dan energi kinetik
4.    Sebutkan tentang contoh dalam aplikasi kehidupan kita sehari-hari tentang hukum kekekalan energi mekanik

B.       Tes tertulis
Tes ini merupakan tugas individu yang dikerjakan di rumah
Soal tes tertulis ini adalah :
1.    Sebuah benda bermassa 12 kg berada pada ketinggian 15 meter di atas tanah. Berapakah energi potensial jika diketahui percepatan gravitasinya 10 m/s2
Jawab:
Ep = m g h
 = (12 kg) (10 m/s2) (15 m)
      = 1800 J

2.    Sebuah benda bermassa 50 kg dilemparkan dengan kecepata awal sama dengan nol. Berapakah energi kinetik benda pada saat kecepatannya 8 m/s?
Jawab:
Ek = ½ m v2
      = ½ (50 kg) (8 m/s2)
      = 1600 J

3.    Senuah batu bermassa 5 kg jatuh menggelinding pada suatu lereng bukit dengan kecepatan awal sama dengan nol, Hitunglah EP dan EK ketika berada pada ketinggian 20 meter. (ketinggian lereng 20 meter)! Hitung pula energi mekaniknya!
Jawab:
Ep = m g h
      =(5 kg) (9,8 m/s2) (20m)
      = 980 J
Ek pada ketinggian 20 m adalah nol karena kecepatan benda ketika ketinggian ini adalah nol. Maka :
Em = Ep + Ek
Em = 980 J + 0
      = 980 J


4.3 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Inkuari Ilmiah

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                     :Fisika
Jenjang Pendidikan           :SMA/MA
Standar Kompetensi         : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi

Kompetensi Dasar             :Menggunakan alat ukur listrik
Indikator                           :Menganalisis searah menggunakan voltmeter
Topik Pembelajaran           : Listrik Dinamis
Kelas/Semester/Prog         :X/1/IPA
Lamanya                           :15 menit
Model Pembelajaran         : Inkuari Ilmiah
Prosedur Perrcobaan         :

Fase pembelajaran dan preskripsinya
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa terkait dengan  belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan awal:
Pembukaan
·         Guru masuk ke kelas tepat waktu

·         Guru memberi salam kepada siswa untuk membuka pelajaran pada hari itu.

·         Guru memberi motivasi kepada siswa sebelum memulai pelajaran.

·         Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang telah lalu.

·         Siswa datang ke kelas tepat waktu.

·         Siswa menjawab salam dari guru.




·         Siswa termotivasi.



·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


3 menit
Kegiatan inti
Fase 1:
Area (lingkup) penyelidikan suatu topik pembelajaran diajukan kepada siswa

Fase2 :
Siswa merumuskan masalah yang memang sesuai/ cocok dengan lingkup penyelidikan topik pembelajarannya.





Fase 3 :
Siswa mendalami masalah (mengenal lebih mendalam) dalam penyelidikan




Fase 4:
Siswa memikirkan dan memutuskan cara-cara memecahkan masalah, diikuti dengan pelaksanaan pemecahan masalah






·         Guru mengajukan topik praktikum untuk mengukur tegangan  pada baterai


·         Guru membimbing siswa untuk mengajukan rumusan masalah hasil diskusi kelompoknya pada penyelidikan yang akan dilakukan.

·         Guru membimbing siswa untuk mengajukan hipotesis

·         Guru membimbing siswa melakukan praktikum untuk menguji hipotesisi masing-masing kelompok.


·         Guru meminta perwakilan siswa dari tiap kelompok untuk menuliskan hasil pengukuran kelompoknya.
·         Guru bersama siswa  mendiskusikan hasil pengukuran yang telah dilakukan oleh tiap kelompok.

·         Guru bersama siswa mengevaluasi dan mempraktikan kembali mengukur hambatan pada resistor, tegangan pada baterai dan kuat arus pada rangkaian DC

·         Siswa memperhatikan penjelasan guru




·         Siswa mengajukan rumusan masalah pendapat kelompoknya.





·         Siswa mengajukan hipotesis pendapat kelompoknya.


·         Siswa melakukan praktikum untuk menguji hipotesis kelompoknya.




·         Siswa menuliskan hasil pengukuran kelompoknya.



·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengukuran yang telah dilakukan oleh tiap kelompok.

·         Siswa bersama guru mengevaluasi dan mempraktikan kembali mengukur hambatan pada resistor, tegangan pada baterai dan kuat arus pada rangkaian DC

9 menit
Kegiatan akhir:
Kesimpulan






Pemberian tugas


Penutup



·         Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan kegiatan  pembelajaran pada pertemuan ini.

·         Guru memeberikan tugas rumah kepada siswa.

·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.

·         Siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini.


·         Siswa menyimak dengan seksama.


·         Siswa menjawab salam.
3 menit
Strategi Asesment
A.  Tes Lisan
Kemampuan dalam memberikan contoh alat-alat ukur listrik dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Sebutkan contoh-contoh alat ukur listrik di lingkungan sekitarmu!
Jawab: Voltmeter, amperemeter, ohmmeter, multitester,clam meter, Wattmeter
2.        Sebutkan fungsi alat-alat ukur listrik tersebut!
Jawab: Voltmeter = megukur tegangan, amperemeter= mengukur arus, ohmmeter= mengukur hambatan listrik, multitester= mengukur tegangan,arus dan hambatan,clam meter= mengukur arus listrik biasanya di pakai pada PLN, Wattmeter= mengukur daya listrik.

Kemampuan dalam menjelaskan bagian-bagian Voltmeter.
1.      Sebutkan bagian-bagian dari Voltmeter!
Jawab:
a.       Skala, dari 0 sampai 50 atau dari 0 sampai 100 skala
b.      Skala tertinggi
c.       Terminal positif, adalah terminal kabel yang akan dihubungkan ke kutub positif baterai
d.      Batas ukur, adalah nilai yang ditunjukkan jarum ketika menunjuk skala tertinggi.
e.       Terminal negatif, adalah terminal kabel yang akan dihubungkan ke kutub negatif baterai.

Kemampuan dalam menjelaskan fungsi voltmeter.
1.      Jelaskan fungsi dari voltmeter!
Jawab:
digunakan untuk mengukur perbedaan potensial antara dua titik dalam sebuah sirkit atau rangkaian. Voltmeter juga digunakan untuk mengukur besarnya potensial listrik, mengukur tingkat tegangan yang ada dalam batterei, dan mengukur turunan tegangan dalam sirkuit.

B.     Tes Kinerja
Untuk menilai keterampilan siswa, guru meminta siswa untuk menyelidiki topik permasalahan yang telah diajukan oleh guru dengan kegiatan praktikum.

Aspek penilaian:
Kemampuan mengukur secara benar, termasuk menentukan nilai beserta
ketelitian alat pengukuran.(siswa melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur Multimeter dan menentukan nilai hasil pengukuran beserta ketelitiannya).


Table 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya tanpa perlu bantuan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya dengan bantuan pengarahan guru seperlunya
Kurang
Tidak mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, (atau sebagian besar dari poin-poin tersebut), walaupun sudah diberikan pengarahan yang memadai oleh guru.

C.    Tes tertulis
Untuk menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu oleh siswa.

·         Instrument Assessment
Ø Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan siswa menyajikan data hasil praktikum, menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.

Tabel 2. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
Kurang
Tidak mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut) walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.


Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.       Sebutkan bagian-bagian Multimeter beserta fungsinya!
Jawab: Skala untuk menunjukkan hasil pengukuran, batas ukur, saklar pemilih untuk memilih batas ukur, tombol kalibrasi untuk mengkalibrasi multimeter (menetapkan jarum penunjuk pada angka nol), terminal positif untuk menghubungkan kabel ke kutub positif, terminal negatif untuk menghubungkan kabel ke kutub negatif.
2.      Apabila tegangan listrik pada suatu penghantar 20 volt, maka arus yang mengalir  ampere. Jika tegangan dinaikkan menjadi 42 volt, tentukan kuat arusnya!
3.      Sebuah pemanas listrik memiliki beda potensial 20 V dan kuat arus listrik 4 A. Berapakah hambatan pemanas tersebut?

Rubrikasi:
Tabel 3. Tugas kelompok  (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
4
5
10
10
10
10
10

Skor total
50


Tabel 4. Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Penyajian data



Kesimpulan



Perumusan matematis






Tabel 5. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
10
10
10

Total skor
30


Nilai akhir:
Nilai akhir =

Tabel 6. Tes Kinerja
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Kemampuan mengukur



Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat



Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat





PANDUAN PRAKTIKUM ALAT UKUR LISTRIK

Standar Kompetensi      : Menerapakan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
 Kompetensi Dasar         : Menggunakan alat ukur listrik dan mengolah data hasil dengan menggunakan aturan angka penting
Indikator                        : Melakukan pengukuran dan membaca nilai yang ditunjukkan Voltmeter secara tepat

1.      Rumusan Masalah  :    ....................................................................................................................
2.      Hipotesis                 : ......................................................................................................................
3.      Judul Percobaan      : ......................................................................................................................
4.      Tujuan Percobaan   : .......................................................................................................................
5.      Alat dan bahan        : ............................................................................................................................................................................................................................................................
6.      Prosedur percobaan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.      Kesimpulan :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



4.4 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Latihan Inkuari

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                     :Fisika
Jenjang Pendidikan           :SMA/MA
Standar Kompetensi         : Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
Kompetensi Dasar           : Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                           : Menunjukkan penerapan  listrik AC dan DC daolam   kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran           :Rangkaian Listrik Sederhana dan Penerapannya
Kelas/Semester/Prog         :X/2/IPA
Lamanya                           :15 menit
Model Pembelajaran         : Latihan Inkuari
Proses Pembelajaran          :

Fase pembelajaran dan preskripsinya
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan awal:
Pembukaan
·         Guru masuk ke kelas tepat waktu

·         Guru memberi salam kepada siswa untuk membuka pelajaran pada hari itu.

·         Guru memberi motivasi kepada siswa sebelum memulai pelajaran.

·         Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang telah lalu.

·         Siswa datang ke kelas tepat waktu.


·         Siswa menjawab salam dari guru.




·         Siswa termotivasi.





·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


3 menit
Fase 1 : Memperhadapkan masalah
Preskripsi : Guru menjelaskan prosedur inkuari dan menyajikan peristiwa yang membingungkan





Fase 2 : Pengumpulan data untuk verifikasi
Preskripsi : Menemukan sifat objek dan kondisi












Fase 3 : Pengumpulan data dalam eksperimen
Preskripsi : Merumuskan hipotesis dan mengujinya







Fase 4 : Merumuskan penjelasan
preskripsi





Fase 5 : Menganalisi proses inkuari
Preskripsi : Menganalisis strategi inkuari dan mengembangkannya menjadi lebih efektif

·         Guru mengajukan pertanyaan apersepsi untuk merumuskan apa yang dimaksud dengan listrik DC dan AC berdasarkan pengetahuan mereka



·         Guru menjelaskan kepada siswa mengenai penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari

·         Guru meminta siswa memberikan contoh penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari

·         Guru meminta siswa untuk melakukan pengukuran listrik dengan menggunakan alat-alat listrik yang ada yang telah dijelaskan terlebih dahulu kegunaannya



·         Guru bersama siswa merumuskan hubungan besaran-besaran listrik yang telah di ukur


·         Guru bersama siswa mengembangkan penggunaan rumusan materi listrik dalam  kehidupan sehari-hari

·         Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan Pengetahuan mereka









·         Siswa menyimak dengan baik







·         Siswa menyebutkan contoh penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari.



·         Siswa melakukan pengukuran listrik dengan menggunakan alat ukur listrik









·         Siswa berdiskusi bersama guru dan menyampaikan pendapatnya masing-masing




·         Siswa berdiskusi bersama untuk menganalisis penggunaan rumusan materi listrik dalam kehidupan sehari-hari
14 menit
Penutup
·         Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan member salam
·         Siswa menyimak dengan baik


·         Murid menjawab salam
3 menit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
Kemampuan dalam memberikan contoh alat-alat ukur listrik dalam kehidupan sehari-hari.
1.      Sebutkan contoh-contoh alat ukur listrik di lingkungan sekitarmu!
Jawab: Voltmeter, amperemeter, ohmmeter, multitester,clam meter, Wattmeter
2.         Sebutkan fungsi alat-alat ukur listrik tersebut!
Jawab: Voltmeter = megukur tegangan, amperemeter= mengukur arus, ohmmeter= mengukur hambatan listrik, multitester= mengukur tegangan,arus dan hambatan,clam meter= mengukur arus listrik biasanya di pakai pada PLN, Wattmeter= mengukur daya listrik.

B.     Tes Kinerja
Untuk menilai keterampilan siswa, guru meminta siswa untuk menyelidiki topik permasalahan yang telah diajukan oleh guru dengan kegiatan praktikum.

Aspek penilaian:
Kemampuan mengukur secara benar, termasuk menentukan nilai beserta
ketelitian alat pengukuran.(siswa melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur Multimeter dan menentukan nilai hasil pengukuran beserta ketelitiannya).
Table 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya tanpa perlu bantuan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya dengan bantuan pengarahan guru seperlunya
Kurang
Tidak mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, (atau sebagian besar dari poin-poin tersebut), walaupun sudah diberikan pengarahan yang memadai oleh guru.


C.    Tes tertulis
Untuk menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu oleh siswa.

Instrument Assessment
Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan siswa menyajikan data hasil praktikum, menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.

Tabel 2. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
Kurang
Tidak mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut) walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.

Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.         Sebutkan bagian-bagian Multimeter beserta fungsinya!
Jawab: Skala untuk menunjukkan hasil pengukuran, batas ukur, saklar pemilih untuk memilih batas ukur, tombol kalibrasi untuk mengkalibrasi multimeter (menetapkan jarum penunjuk pada angka nol), terminal positif untuk menghubungkan kabel ke kutub positif, terminal negatif untuk menghubungkan kabel ke kutub negatif.
2.      Apabila tegangan listrik pada suatu penghantar 20 volt, maka arus yang mengalir  ampere. Jika tegangan dinaikkan menjadi 42 volt, tentukan kuat arusnya!
3.      Sebuah pemanas listrik memiliki beda potensial 20 V dan kuat arus listrik 4 A. Berapakah hambatan pemanas tersebut?

Rubrikasi:
Tabel 3. Tugas kelompok  (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
4
5
10
10
10
10
10

Skor total
50


Tabel 4. Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Penyajian data



Kesimpulan



Perumusan matematis





Tabel 5. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
10
10
10

Total skor
30


Nilai akhir:
Nilai akhir =

Tabel 6. Tes Kinerja
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Kemampuan mengukur



Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat



Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat




PANDUAN PRAKTIKUM ALAT UKUR LISTRIK

Standar Kompetensi      : Menerapakan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
 Kompetensi Dasar         : Menggunakan alat ukur listrik dan mengolah data hasil dengan menggunakan aturan angka penting
Indikator                        : Melakukan pengukuran dan membaca nilai yang ditunjukkan Multitester secara tepat
1.      Rumusan Masalah  :    ....................................................................................................................
2.      Hipotesis                 : ......................................................................................................................
3.      Judul Percobaan      : ......................................................................................................................
4.      Tujuan Percobaan   : .......................................................................................................................
5.      Alat dan bahan        : ............................................................................................................................................................................................................................................................
6.      Prosedur percobaan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
7.      Kesimpulan :
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



4.5 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Advance Organizer

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                     :Fisika
Jenjang Pendidikan           :SMA/MA
Standar Kompetensi         : Menerapkan Konsep dan Prinsip Dasar Kinematika dan dinamika Benda i
Kompetensi Dasar              : Menerapkan Hukum Newton Sebagai Prinsip Dasar Dinamika untuk Gerak Lurus, Gerak Vertikal dan Gerak Melingkar Beraturan.
Indikator                           : Memberi contoh penerapan hukum Newton dengan       menggunakan media
Topik Pembelajaran           :Dinamika Partikel
Kelas/Semester/Prog         :X/1/IPA
Lamanya                           :15 menit
Model Pembelajaran         : Advance organizer

Fase pembelajaran dan preskripsinya
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan awal :
Pembukaan
·         Guru masuk ke kelas tepat waktu


·         Guru memberi salam kepada siswa untuk membuka pelajaran pada hari itu.

·         Guru memberi motivasi kepada siswa sebelum memulai pelajaran.

·         Guru bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang telah lalu.

·         Siswa datang ke kelas tepat waktu.

·         Siswa menjawab salam dari guru.

·         Siswa termotivasi.



·         Siswa menjawab pertanyaan guru.


3 menit
Fase 1:
Penyajian advance organizer. Preskripsinya.

·         Menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu memberi contoh pada penerapan hukum Newton.

·         Menjelaskan pengertian gaya berat, gaya gesek, dan gaya sentripetal

·         Mengambil beberapa contoh dari hukum I, II, dan III Newton.

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru


·         Siswa mendengarkan penjelasan guru

·         Siswa mendengarkan penjelasan guru
9 Menit
Fase 2:
Penyajian bahan pelajaran
·         Memperkenalkan alat yang digunakan dalam penerapan hukum Newton, dalam melakukan percobaan.

·         Memberikan langkah-langkah dalam melakukan percobaan.


·         Meninja dan menjelaskan mengenai konsep dasar gaya.


·         Memberikan contoh yang berbeda dan menjelaskan langkah-langkah pada penerapan hukum Newton.
·         Siswa menyimak dengan seksama


·         Siswa menyimak dengan seksama

·         Siswa menyimak dengan seksama

·         Siswa menyimak dengan seksama.

Kegiatan penutup
·         Memberikan pengalaman latihan berupa contoh-contoh soal

·         Membuat kesimpulan materi yang dipelajari
·         Siswa mengerjakan soal latihan


·         Siswa bersama-sama membuat kesimpulan pelajaran
3 menit

Instrumen Asesmen
Tes Tertulis
1.    Seseorang menarik suatu benda yang terletak pada meja pada kecepatan tetap dengan memberikan gaya 15 N. Hitung gaya gesek yang menghambat gerak benda tersebut.
2.    Suatu benda bermassa 2000 kg mula-mula ada dalam keadaan diam. Berapa besar gaya yang perlu dikerjakan  pada benda agar benda mencapai kecepatan 15 m/s dalam waktu 10 s?
3.    Sebuah benda 100 gram menempuh lintasan melingkar beraturan dengan kecepatan 3 m/s. Jika jari-jari lingkaran 40 cm. Berapakah gaya sentripetal yang dialami benda tersebut?
4.    Sebuah bola bermassa 0,6 kg diikat di ujungseutas tali yang panjangnya 1,5 m. Bola berputar dalam satu lingkarang horizontal, jika tali dapat menahan tegangan maksimum 40 N, berapa kelajuan maksimum bola sebelum tali putus?
5.    Sebuah peti kecil dengan massa 6 kg bertumpu pada dua rodanya sedang melaju dengan kelajuan 4 m/s diatas lantai licin. Berapa besar gaya normal yang dikerjakan lantai pada tiap roda?
6.    Berat sekantung paku yang massanya 1 kg adalah 9,8 N di permukaan bumi, berapakah berat 2 kg susu dipermukaan bumi?











Rubrikasi

No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
4
5
6
100
100
100
100
100
100

Total skor
600


Nilai Akhir





4.6 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Perkembangan Kognitif

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                     :Fisika
Jenjang Pendidikan           :SMA/MA
Standar Kompetensi         :Menganalisis Gejala Alam dan Keteraturannya Dalam cakupan   Mekanika Benda Titik
Kompetensi Dasar             : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
Indikator                           : Menganalisis gerak tanpa percepatan dan gerak dengan percepatan
Topik Pembelajaran           :Membahas penyebab perbedaan gerak dengan percepatan dan tanpa percepatan.  
Kelas/Semester/Prog         : XI / 1
Lamanya                           :20 menit
Model Pembelajaran         : Perkembangan Kognititf

Fase pembelajaran dan preskripsinya
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
Pembukaan


·         Guru membuka pelajaran
·         Guru memeriksa kehadiran siswa
·         Guru memberikan motivasi untuk tahun ajaran baru



·         Murid termotivasi dan semangat untuk belajar
3 menit

Kegiatan inti
Fase 1 : Mengkonfrontasikan para si belajar dengan masalah










Fase 2 : Inkuari


·         Guru menanyakaan pengertian kinematika dan macam-macam gerak. Menanyakan beberapa macam contoh gerak.

·         Guru menjelaskan persaman gerak dan menanyakaan perbedaan vektor satuan dan vektor posisi

·         Guru menanyakaan perbedaan kecepatan sesaat dan kecepatan rata-rata.

·         Dengan menggunakan metode grafik mencari jarak tempuh dan kecepatan

·         Guru memberikan pertanyaan tentang gerak GLB dan GLBB dan contoh penerapan nya

·         Guru memberi penjelasan dengan mengunakan OHP

·         Murid duduk dengan kelompoknya masing-masing

·         Guru menyajikan masalah apa yang menyebapkan benda mempunyai percepatan atau tidak mempunyai percepatan perbedaan keduanya

·         Guru sebagai fasilitator. Murid menggunakan informasi yang di dapat dari guru dan buku pelajaran yang relevan

·    Masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok lain memberikan tanggapan dan guru sebagai fasilitator




·         Siswa menjawab pertanyaan guru








·         Siswa menyimak dengan seksama







·         Siswa beserta kelompoknya berdiskusi menjawab pertanyaan guru

















































·    Siswa memperesentasikan hasil diskusinya dan menanggapi hasil diskusi kelompok lain

·     Siswa menuliskan hasil diskusi dalam bentuk fortofolio yang diserahkan pada guru

10 menit

































Fase 3
Transfer

·         Guru memberikan post test untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai
·         Siswa mengerjakan soal post test secara individu
4 menit
Kegiatan Akhir
Penutup
·         Guru memberi penghargaan bagi siswa yang mengikuti pelajaran dengan baik
·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
·         Siswa memperhatikan guru




·         Siswa menjawab salam
3 menit










Strategi Asesment
Tes Lisan
1.        Apa yang kamu ketahui tentang Kinematika?
2.        Sebutkan macam-macam gerak

Instrument Assessment
Tugas individu:
Tugas individu berupa post test:
1.      Seorang atlet marathon melakukan latihan lari dengan mengelilingi lapangan sepak bola 5 kali. Jika 1 kali menempuh jarak 360 m, maka jarak dan perpindahan yang telah ditempuh pelari tersebut adalah ....
2.      Seorang atlit menempuh jarak satu lintasan penuh yaitu 120 m dalam waktu 24 sekon. Kecepatan rata-rata seorang atlit tersebut adalah….
3.      Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan awal 15 m/s dan percepatan -1 m/s. dalam 10 sekon pertama mobil tersebut menempuh jarak





Rubrikasi:

Tabel 5. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
100
100
100

Total skor
300


Nilai akhir:
Nilai akhir =







4.7 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Sinekti strategi 1

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                           : Fisika
Jenjang Pendidikan                 : SMA/MA
Standar Kompetensi                           : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi
energi pada berbagai perubahan energi
Kompetensi Dasar                   : Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
Indikator                                 : Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
                                                  besar pemuaian zat padat
Topik Pembelajaran                 : Pemuaian zat
Kelas/Semester/Program         : X/II/IPA
Alokasi waktu                         : 1 X 15 menit
Model Pembelajaran               : Sinekti, stategi satu

Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal:
Pembukaan

·         Guru hadir di kelas tepat waktu

·         Guru memberi salam pada siswa.

·         Guru memeriksa kehadiran siswa

·         Guru memberi motivasi pada siswa.

·         Guru mengulas secara singkat materi sebelumnya dengan mengajukan pertanyaan pada siswa.

·         Guru memberi penguatan.

·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
·         Siswa hadir di kelas tepat waktu

·         Siswa menjawab salam guru.

·         Siswa menjawab guru.


·         Siswa termotivasi


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.





·         Siswa  termotivasi

·         Siswa membentuk kelompok belajar

3 menit
Kegiatan inti:
Fase 1
Deskripsi penyajian kondisi





Fase 2
Analogi langsung









Fase 3
Analogi personal









Fase 4
Memadatkan/
meringkas




Fase 5
Analogi langsung



Fase 6
Menguji kembali tugas


·         Guru menyajikan contoh peristiwa sehari-hari yang harus dikaji oleh siswa


·         Guru meminta kepada siswa contoh lain yang masih berkaitan dengan contoh yang diutarakan guru sebelumnya

·         Guru meminta tiap kelompok untuk melakukan observasi secara langsung untuk mengetahui pemuaian panjang pada sambungan rel

·         Guru meminta perwakilan dari tiap-tiap kelompok untuk menjelaskan hasil observasi

·         Guru meminta siswa untuk meringkas hasil
observasi

·         Guru meminta siswa untuk mengevaluasi ulang data yang telah diperoleh

·         Siswa menyimak penjelasan guru






·         Siswa mengungkapkan pendapatnya







·         Siswa melakukan observasi








·         Siswa menjelaskan





·         Siswa meringkas hasil observasi


·         Siswa melakukan observasi


9 menit
Kegiatan akhir:

Kesimpulan







Pemberian tugas




Penutup




·         Guru meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan  pembelajaran pada pertemuan ini.

·         Guru memeberikan tugas rumah kepada siswa.

·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.


·         Siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini.


·         Siswa menyimak dengan seksama.

·         Siswa menjawab salam.


3 menit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
Kemampuan dalam menjelaskan pemuaian panjang.
1.   Sebutkan contoh pemuaian yang merugikan dan yang menguntungkan!
Jawab:
Contoh pemuaian adalah untuk memasang roda logam (besi)
pada sebuah lokomotif. Sedngkan contoh pemuaian pada sebuah jalan raya dimana beton yang merupakan pembatas jalan memuai dan retak ketika temperatur udara sangat tinggi.

B.       Tes Kinerja
Untuk menilai keterampilan siswa, guru meminta siswa untuk menyelidiki topik permasalahan yang telah diajukan oleh guru dengan kegiatan praktikum.

Aspek penilaian:
Kemampuan mengidentifikasi secara benar atas permasalahan yang telah diajukan,(siswa mengidentifikasi peristiwa yang disampaikan oleh guru).

Table 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu mengidentifikasi secara benar tanpa perlu bantuan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu mengidentifikasi secara benar dengan bantuan pengarahan guru seperlunya
Kurang
Tidak mengidentifikasi secara benar dengan bantuan, walaupun sudah diberikan pengarahan yang memadai oleh guru.


Instrument Assessment
Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan siswa menyajikan data hasil praktikum, menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.


Tabel 2. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
Kurang
Tidak mampu mengidentifikasi dengan jelas dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut) walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.


Rubrikasi:

Tabel 3. Tugas kelompok  (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
20
80

Skor total
100



Tabel 4. Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Penyajian data



Kesimpulan



Perumusan matematis




Nilai akhir:

Tabel 6. Tes Kinerja

Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Kemampuan mengukur



Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat



Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat





Lembar Kerja Observasi

Tujuan Praktikum : menganalisis pemuaian dan mengidentifikasinya

Peristiwa :
Pada saat siang hari  rel kereta api seperti ditunjukkan pada gambar dibawah terlihat bengkok. Jelas ini saat merugikan dan membahayakan perjalanan kereta api.

Pertanyaan :
1.      Mengapa ?
2.      Sebutkan alasan yang mendasari pernyataan tersebut !


4.8 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Sinektik strategi 2

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                     :Fisika
Jenjang Pendidikan           :SMA/MA
Standar Kompetensi         : Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar             : Melakukan pengukuran vektor
Indikator                           : Menguraikan komponen-komponen sebuah vektor
Topik Pembelajaran           :Besaran vektor dan skalar, melukis penjumlahan dua vektor atau lebih, perkalian vektor.
Kelas/Semester/Prog         :X/1/IPA
Lamanya                           :20 menit
Model Pembelajaran         : Sinektik strategi 2

Fase pembelajaran dan preskripsinya
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
Pembukaan
·         guru membuka pembelajaran

·         guru memeriksa kehadiran siswa

·         guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari






·         Siswa menperhatikan dengan baik
2 menit
Kegiatan Inti
Fase 1:
Masukan dasar























Fase 2:
Analogi langsung









Fase 3:
Analogi Personal










Fase 4:
Membandingkan Analogi






Fase 5:
Eksplorasi/Penelusuran







Fase 6:
Membangkitkan Analogi








·         Guru mendefinisikan besaran vektor dan besaran skalar

·         guru membedakan operasi vektor dan skalar
·         guru mendeskripsikan penjumlahan vektor dan skalar

·         guru memberikan metode penjumlahan vektor dengan metode jajar genjang, segi tiga
·         guru menguraikan komponen-komponen sebuah vektor
·         guru menghitung nilai resultan R dari 2 buah bektor V1 dan V2 dalam sudut 900



·         guru memberi contoh besaran vektor dan besaran skalar dalam kehidupan sehari-hari
·         guru mempraktikkan penjumlahan vektor dengan menggunakan alat peraga hingga menemukan resultan gaya

·         guru meminta siswa memperagakan penjumlahan vektor dengan menganalogikan diri mereka sebagai vektor

·         guru meminta siswa untuk mengungkapkan contoh analogi langsung dalam kehidupan sehari-hari

·         guru meminta siswa membandingkan analogi yang telah diberikan
·         guru meminta siswa menjelaskan butir-butir yang mempunyai kesamaan

·         siswa diminta menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari dengan mengunakan kata-kata mereka sendiri
·         guru meminta siswa mengerjaklan soal-soal yang diberikan

·         guru meminta siswa mengungkapkan contoh dari materi yang telah diperlajari

·         guru meminta siswa mengungkapkan persamaan dan perbedaannya



·         Siswa menperhatikan dengan baik

·         Siswa menperhatikan dengan baik
·         Siswa menperhatikan dengan baik

·         Siswa menperhatikan dengan baik

·         Siswa menperhatikan dengan baik
·         Siswa menperhatikan dengan baik




·         Siswa menperhatikan dengan baik

·         Siswa menperhatikan dengan baik




·         Siswa menperhatikan dengan baik




·         Siswa mengungkapkan analogi lain



·         Siswa membandingkan analogi-analogi yang telah dipelajari
·         Siswa menjelaskan butir kesamaan

·         Siswa menjelaskan materi yang telah dipelajari


·         Siswa mengerjakan soal

·         Siswa memberi contoh



·         Siswa membuat persamaan dan perbedaan contoh materi
15 menit





























































Kegiatan Penutup
·         guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
·         Siswa menjawab salam
3menit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.      Apa yang kamu ketahui tentang besaran?
2.      Apa yang kamu ketahui tentang satuan?

Instrumen Asesmen
Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.         Sebuah vektor perpindahan P besarnya 24 m dengan arah 600 terhadap bidang datar arah ke kiri (sumbu-x negatif). Lukislah vektor perpindahan P jika 245 m digambarkan dengan 4 cm
2.            Seekor burung pada awalnya bergerak ke timur sejauh 100 m. Kemudian, membelok tegak lurus ke utara sejauh 50 m, dan akhirnya burung tersebut ke tenggara sejauh 20 m. Lukislah lintasan gerak burung tersebut, dan lukislah pula panjang vektor perpindahannya.

Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
50
50

Total skor
100


Nilai akhir:




4.9 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Siklus Belajar

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                     :Fisika
Jenjang Pendidikan           :SMA/MA
Standar Kompetensi         : Menerapkan konsep kalor dan prinsip konversi energi
pada berbagai perubahan energi
Kompetensi Dasar             : Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
Indikator                            : Menjelaskan peristiwa perubahan wujud dan karakteristiknya serta contoh dalam kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran           : Aplikasi hubungan suhu dan kalor dalam kehidupansehari-hari serta penerapan azas Black 
Kelas/Semester/Prog         :X/II
Lamanya                           :20 menit
Model Pembelajaran         :Siklus Belajar
Fase pembelajaran dan preskripsinya
Aktivitas guru terkait dengan penyampaian isi pesan pembelajaran
Aktifitas siswa belajar isi pesan pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan awal
Pembukaan



Kegiatan Inti
Fase 1:
Eksplorasi






















Fase 2
Pengenalan Konsep
































Fase 3
Aplikasi Konsep




















Penutup






·         Guru membuka pembelajaran
·         Guru memeriksa kehadiran siswa


·         Guru mengajukan pertanyaan mengenai jenis-jenis zat dan sifat-sifatnya
·         Guru melakukan percobaan mengenai peristiwa perubahan wujud zat dengan memanaskan es dan kapur barus.
·         Guru menanyakan kepada siswa : apa yang terjadi dengan peristiwa percobaan tersebut?
·         Guru menanyakan apa yang terjadi jika jendela secara terus-menerus terkena panas.

·         Guru menjelaskan definisi kalor

·         Guru menjelaskan peristiwa perubahan wujud zat dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
·         Guru memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar pemuaian zat padat, zat cair dan gas
·         Guru meminta siswa menyebutkan jenis-jenis perpindahan kalor
·         Guru memberikan beberapa contoh peristiwa yang berhubungan dengan perpindahan kalor.
·         Guru meminta siswa mengamati bagaimana hubungan perpindahan kalor dengan azas Black


·         Guru menyuruh siswa untuk memberikan aplikasi peristiwa perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
·         Guru meminta siswa untuk memberikan aplikasi lain peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
·         Guru memberikan contoh soal tentang besar pemuaian suatu zat

·         Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan mengenai peristiwa perubahan wujud zat dan faktor-faktor yang mempengaruhi besar pemuaian suatu zat
·         Guru memberi pekerjaan rumah

·         Guru menutup pembelajaran






·         Siswa menjawab pertanyaan guru

·         Siswa melakukan percobaan dengan serius




·         Siswa menganalisis peristiwa yang terjadi


·         Siswa menjawab pertanyaan guru


·         Siswa memperhatikan dengan baik
·         Siswa memperhatikan dengan baik




·         Siswa memperhatikan dengan baik



·         Siswa menyebutkan jenis-jenis perpindahan kalor
·         Siswa memperhatikan dengan baik



·         Siswa menganalisis hubungan perpindahan kalor dengan azas Black


·         Siswa menyebutkan aplikasi peristiwa perubahan wujud


·         Siswa menyebutkan aplikasi peristiwa pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa memperhatikan guru dengan seksama


·         Siswa ikut menyimpulkan materi









·         Siswa memperhatikan dengan baik

2 menit





5 menit






















8 menit





























3 menit




























2 menit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.      Sebutkan macam - macam zat yang ada beserta definisi dan contohnya!
B.     Tes Kinerja
Untuk menilai keterampilan siswa, guru meminta siswa untuk menyelidiki topik permasalahan yang telah diajukan oleh guru dengan kegiatan praktikum.

Aspek penilaian:
Kemampuan mengukur secara benar, termasuk menentukan nilai beserta
ketelitian alat pengukuran.(siswa melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur Multimeter dan menentukan nilai hasil pengukuran beserta ketelitiannya).

Table 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya tanpa perlu bantuan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, serta ketelitiannya dengan bantuan pengarahan guru seperlunya
Kurang
Tidak mampu mengukur, menentukan nilai, dan satuannya, (atau sebagian besar dari poin-poin tersebut), walaupun sudah diberikan pengarahan yang memadai oleh guru.



C.    Tes tertulis
Untuk menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu oleh siswa.

Instrument Assessment
Ø  Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja praktikum. Aspeknya yaitu kemampuan siswa menyajikan data hasil praktikum, menganalisis, dan merumuskan kesimpulan.

Tabel 2. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
Kurang
Tidak mampu menunjukkan hasil yang jelas dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut) walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.

Ø  Tugas individu
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.      Hitunglah kalor yang diperlukan untuk mengubah 1 gram es bersuhu -50C menjadi 1 gram air bersuhu 150C jika diketahui kalor jenis es adalah 0,5 kal/g0C, kalor lebur es 80 kal/g, dan kalor jenis air 1 kal/g0C!
2.      Sebongkah es bermassa 200 g dan bersuhu 00C dimasukkan ke dalam bejana berisi 500 g air bersuhu 200C. Sistem berada dalam tabung yang kapasitas kalornya dapat diabaikan dan terisolasi dari lingkungan. (A) berapakah suhu akhir system pada saat mencapai kesetimbangan termal (saat tidak ada lagi perpindahan kalor)? (B) Berapakah banyaknya es yang melebur?

Rubrikasi:
Tabel 3. Tugas kelompok  (Lembar Kerja Praktikum)
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
4
100
100
100
100

Skor total
400


Tabel 4. Pengolahan Data Hasil Praktikum
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Penyajian data



Kesimpulan



Perumusan matematis





Tabel 6. Tes Kinerja
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Kemampuan mengukur



Kemampuan menentukan nilai hasil bacaan alat



Kemampuan menentukan nilai beserta ketelitian alat





Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
50
50

Total skor
100


Nilai akhir:


LEMBAR KERJA PRAKTIKUM


Kegiatan pra laboratorium

1.            Buatlah rencana percobaan untuk mencari suhu campuran dari air. Isi rencana tersebut terdiri dari : Alat dan Bahan yang diperlukan, langkah percobaan, gambar sketsa percobaan, dan data hasil pengamatan.

Alat dan bahan   :
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..
………………………..

Langkah percobaan setiap langkah disertai gambar       :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tabel 1. Data hasil pengamatan yang akan dikoleksi

Massa air yang digunakan                      : ………………………….
Suhu air biasa sebelum di campurkan    : …………………………(di ukur mendekati 25 oC)
Suhu air mendidih sebelum dicampurkan : ………….................... (di usahakan mendekati 100 oC) 
Suhu air setelah dicampurkan                : ……………………….

Kegiatan laboratorium

2.            Jika rencana percobaanmu telah mendapat persetujuan dari gurumu (ada jaminan berhasil jika dilakukan). Lakukan percobaan sesuai dengan rencana yang telah kamu buat. Hati-hatilah selama bekerja, awas jangan sampai terkena air mendidih!!!!
3.            Catat hasil pengamatan sesuai dengan rencana data hasil pengamatan yang akan dikoleksi, catat pada tabel 1.
Variabel percobaan
Hasil pengukuran
Massa air

Suhu air biasa

Suhu air mendidih

Suhu air setelah dicampurkan


4.            Buatlah kesimpula dari percobaan yang kamu lakukan, dengan           :
Berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan dan analisis data di atas, maka suhu campurannya adalah ……………………………………………………………………..
Perbedaan jawaban suhu campuran berdasarkan percobaan dan menurut perhitungan adalah…………………………………………………………………………………….

Jika mengalami perbedaan, mengapa bisa demikian???
Alasanyaadalah…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………….....






4.10 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat

SKENARIO PEMBELAJARAN

Bidang Studi                           : Fisika
Jenjang Pendidikan                 : SMA/MA
Standar Kompetensi                           : Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan
radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar                   : Mengidentifikasi pemanfaatanradioaktifdalam
teknologi dankehidupansehari-hari.

Indikator                                 : Mendeskripsikan pemanfaatan dan bahaya energi
nuklirdalamkehidupansehari-hari
Topik Pembelajaran                 : Manfaat dan bahaya nuklir

Kelas/Semester/Program         : XII/II/IPA
Alokasi waktu                         : 1 X 15 menit
Model Pembelajaran               : Sains-Teknologi-Masyarakat

Prosedur Pembelajaran
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal:
Pembukaan


·         Guru hadir di kelas tepat waktu

·         Guru memberi salam pada siswa.

·         Guru memeriksa kehadiran siswa
·         Guru memberi motivasi pada siswa.

·         Guru mengulas secara singkat materi sebelumnya dengan mengajukan pertanyaan pada siswa.

·         Guru memberi penguatan.

·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok


·         Siswa hadir di kelas tepat waktu

·         Siswa menjawab salam guru.

·         Siswa menjawab guru.

·         Siswa termotivasi


·         Siswa menjawab pertanyaan guru.





·         Siswa  termotivasi

·         Siswa membentuk kelompok belajar



3 menit
Kegiatan inti :

Invitasi











Eksplorasi
















Penjelasan dan solusi






Penentuan tindakan





·         Guru memberikan suatu peristiwa untuk didiskusikan siswa

·         Guru membagi LKS kepada siswa


·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi permasalahan yang timbul akibat peristiwa tersebut

·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi konsep yang berhubungan dengan peristiwa tersebut


·         Guru meminta siswa untuk mencari solusi dari permasalahan yang timbul

·         Setelah siswa mengetahui bahaya yang ditimbulkan guru meminta pendapat siswa apakah masih bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari



·         Siswa bersama kelompoknya mendiskusikan peristiwa yang telah diberikan oleh guru

·         Siswa menerima LKS



·         Siswa bersama kelompoknya mengidentifikasi peristiwa yang telah diberikan oleh guru


·         Siswa secara berkelompok mengidentifikasi konsep yang berhubungan dengan peristiwa tersebut


·         Siswa mencari solusi atas permasalahan




·         Siswa mengutarakan pendapatnya

Kegiatan akhir:

Kesimpulan







Pemberian tugas




Penutup




·         Guru meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan  pembelajaran pada pertemuan ini.

·         Guru memeberikan tugas rumah kepada siswa.

·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.




·         Siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini.


·         Siswa menyimak dengan seksama.

·         Siswa menjawab salam.

3 menit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
Kemampuan dalam menjelaskan nuklir.
1.      Apa yang kamu ketahui tentang rektor nuklir!
Jawab:
Reaktor nukil adalah alat tempat terjadinya reaksi inti berantai baik fisi atau fusi yang terkendali.hingga reaktor fisi yang telah beroprasi

B.     Tes tertulis
Untuk menilai aspek kognitif siswa sekaligus mengetahui ketercapaian pembelajaran pada pertemuan ini, maka guru memberikan tugas rumah yang dikerjakan secara individu oleh siswa.


Instrument Assessment
Ø  Tugas kelompok:
Tugas ini berupa pengisian lembar kerja siswa. Aspeknya yaitu kemampuan siswa menyajikan data hasil dari tinjauan pustaka dan merumuskan kesimpulan.


Tabel 1. Kriteria Penilaian
Kriteria
Indikasi kemampuan yang dicapai
Baik
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan argumentatif dari beberapa segi, tanpa bantuan bimbingan yang berarti dari guru.
Cukup
Mampu mengidentifikasi dengan jelas dan argumentatif dari beberapa segi, dengan bantuan bimbingan dari guru.
Kurang
Tidak mampu mengidentifikasi dengan jelas dan argumentatif dari beberapa segi, (atau sebagian dari poin-poin tersebut) walau dengan bantuan bimbingan yang memadai dari guru.


Rubrikasi:
Tabel 2. Tugas kelompok  (Lembar Kerja Siswa)
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
4
5
20
20
20
20
20

Skor total
100




Tabel 3. Pengolahan Data Hasil Telaah Pustaka
Sub Aspek
Baik
Cukup
Kurang
Penyajian data



Kesimpulan



Perumusan matematis




Nilai akhir:


Text Box: Lembar Kerja Siswa
 




Carilah dan sertakan data yang diperoleh baik dari berbagai sumber seperti buku, koran atau majalah guna mendukung dalam mengerjakan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini

1.      Tuliskan dengan bahasa kamu sendiri! apa yang dimaksud energi nuklir?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      Apa yang kamu ketahui tentang pembangkit listrik tenaga nuklir ?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.      Sebut dan jelaskan reaktor nuklir yang anda ketahui?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Sebutkan manfaat dan bahaya dari nuklir bagi kehidupan sehari-hari?
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5.        Sebutkan solusi apa yang tepat untuk mengatasi bahaya yang ditimbulkan oleh nuklir!
Jawab : ......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



4.11 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 1

SKENARIO PEMBELAJARAN

Jenjang Pendidikan                 : SMA
Materi Pelajaran                      : Fisika
Standar Kompetensi               : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar                   : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                 :Menerapkan hukum Archimedes dalam masalah fisika sehari-hari
Topik Pembelajaran                 : Gas dapat menerima usaha dari lingkungannya
                                                (Sintak untuk membentuk kompetensi)
Kelas/Semester/Program         : XI / 2 / IPA
Alokasi Waktu                        : 20 menit       
Model Pembelajaran               : CTL Preskripsi 1: penerapan konstrukvisme

Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal
Pembukaan
·         Guru memberi salam dan menanyakan kehadiran siswa
·         Guru mengingatkan kembali pelajaran yang lalu tentang fluida yang tidak mengalir
·         Guru berapresiasi tentang Archimedes

·         Siswa menjawab salam


·         Siswa mendengarkan
2menit
Kegiatan Inti
Penyampaian materi pembelajaran


·         Guru memberi informasi tentang definisi hukum Archimedes
·         Guru menanyakan suaatu fenomena kehidupan sehari-hari:
 “Siapa yang pernah ke pantai?”. “Bagaimana posisi kalian jika berenang?”.
 “Apa yang terjadi dengan batu jika kalian lemparkan ke air?”.
·         Guru mendemonstrasikan fenomena tenggelam, terapung, dan melayang didepan kelas dengan bantuan beberapa siswa
·         Guru membagi siswa dalam 3 kelompok diskusi
·         Guru membimbing siswa untuk menjelaskan syarat-syarat tenggelam, mengapunmg, dan melayang.
·         Guru membimbing siswa untuk menemukan aplikasi fenomena yang terjadi pada kehidupan sehari-hari
·         Guru meminta hasil diskusi beberapa kelompok
·         Siswa memperhatikan


·         Siswa menjawab












·         Murid memperhatikan







·         Siswa membentuk kelompok dan berdiskusi














·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi
15 menit
Kegiatan penutup
Kesimpulan dan tugas
·         Guru menyimpulkan materi yang telah disampaikan

·         Guru memberikan tugas rumah kepada siswa tentang hukum Archimedes  dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
·         Siswa memperhatikan



·         Siswa memperhatikan
3menit


Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.    Pernahkah kalian berenang?
2.    Gaya apa yang kalian rasakan pada saat mengapung di kolam?

Instrumen Asesmen
Tugas individu:
Tugas individu berupa tugas rumah:
1.      Sebuah kapal selam berada 20 m di bawah permukaan laut (massa jenis air laut = 1050kgm-3).Jika tekanan atmosfer sama dengan 10 m air dan anggap g = 10 m s-2,maka tekan­an mutlak yang dialami kapal selam itu adalah…
2.      Sebuah papan kayu dengan panjang 2,0 m_ lebar 30 cm, dan tebal 40 mm mengapung dalam air dengan 10 mm dari ketebalannya, muncul di permukaan air. Massa papan adalah…
3.      Jarak dari kaki ke jantung seseorang adalah 1,20 m, dan massa jenis darah adalah 1,06 x 103 kg/m3. Beda tekanan darah antara jantung dan kaki adalah (g = 9,81 m/s2)…


Rubrikasi:

Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
3
100
100
100

Total skor
300


Nilai akhir:


4.12 Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 2

SKENARIO PEMBELAJARAN

Jenjang Pendidikan     : SMA/ MA
Materi Pelajaran          : Fisika
Standar Kompetensi: Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
Kompetensi Dasar: Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
Indikator                     : Memformulasikan gaya magnetik (Lorentz) pada kawat berarus yang berada dalam medan magnet atau partikel bermuatan yang bergerak dalam medan magnetik.
Topik Pembelajaran     : Medan magnetik di sekitar medan listrik dan gaya magnetik
Materi pokok               : Medan Magnetik
Kelas/ Semester           : XII/ I
Alokasi waktu             : 20 Menit
Model Pembelajaran   : CTL preskripsi 2: menerapkan pembelajaran penemuan

Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal
Mengungkap konsep awal siswa



Kegiatan inti
Merumuskan hukum Biot-Savart










Evaluasi













Penarikan kesimpulan






Penutup
Penutupan dan Penugasan

·         Guru mengingatkan kembali dan menanyakan konsep medan magnetik di kelas XIdengan pendekatan kualitatif

·         Guru menjelaskan hubungan/ pengaruh antara listrik dan kemagnetan.

·         Guru membimbing siswa menganalisis ketentuan Hukum Biot-Savart untuk memformulasikan besar­ induksi medan magnetik



·         Guru memberi permasala­h­an berupa kasus induksi magnetik disekitar peng­hantar lurus dan penghan­tar melingkar berarus

·         Guru meminta siswa mengerjakan soal latihan

·         Membahas soal latihan tersebut

·         Guru meminta siswa meng­­ungkapan pendapat­nya/ menyimpul­kan mengenai penjelasannya
·         Meminta siswa menyimpulkan

·         Guru memberikan tugas sebagai umpan balik de­ngan berbagai kesepaka­tan
·         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan dan mencoba mengingat kembali 


·         Siswa menyimak penjelasan guru




·         Siswa menganalisis geome­tri dari Hukum Biot-Savart untuk memformulasikan besarnya induksi medan magnetic



·         Siswa mencoba memecah­kannya (guru sebagai katalisator)




·         Siswa mengerjakan soal


·         Siswa menyimak penjelasan guru

·         Siswa mencoba men­g­ungkap­kan pendapatnya




·         Siswa menyimpulkan


2 Menit






15 menit

































3 menit
Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.      Apa yang kamu ketahui tentang medan magnetik?

Instrumen Asesmen
Tugas individu:
1.      Sebuah penghantar berbentuk lingkaran berjari-jari a= 8 cm, dialiri arus listrik I= 10A. tentukan induksi magnetik B disumbu lingkaran yang berjarak b= 6 cm dari pusat lingkaran (A).
Penyelesaian:
R = (a2 + b2)1/2 = (64+36)1/2
          = 10 cm = 0,1 m
     sin α = a/r
             = 8/10
             = 0,8
     B = μ0 I sin3 α/2a
        = 4x πx 10-7 x 10 x 64 / 2 x 8x10-2 x 125
= 1,28π x 10 -5 T

2.      Sebuah kawat panjangnya 20 cm berada tegak lurus di dalam medan magnetic. Jika rapat fluks magnetiknya 0,1 Tesla dan arus yang mengalir melalui kawat 30 Ampere, tentukanlah gaya Lorentz yang dialami kawat.
Penyelesaian:
F= BIl
= 0,1 x 30 x 20 x 10-2
  = 0,6 N

Rubrikasi:
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
100
100

Total skor
200


Nilai akhir:


4.1.13    Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 3

SKENARIO PEMBELAJARAN

Jenjang Pendidikan     : SMA/ MA
Materi Pelajaran          : Fisika
Standar Kompetensi   : Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
Kompetensi Dasar       : Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya
Indikator                     : Menjelaskan peristiwa resonansi pada rangkaian RLC dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran     : Induksi magnetik dan Arus dan Tegangan Bolak-Balik
Materi pokok               : Kapasitor
Kelas/ Semester           : XII/ I
Alokasi waktu             : 20 Menit
Model Pembelajaran   : CTL preskripsi 3: membelajarkan dengan bertanya

Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal



Kegiatan inti
Eksplorasi


























































Penutup
·         Salam pembuka
·         Guru memeriksa kehadiran siswa

·         Guru memberikan permasalahan dari sebuah kawat yang diletakkan pada medan magnetik
·         Guru menanyakan apa yang terjadi pada kawat jika digerakkan dalam medan magnetik
·         Guru  mendemonstrasikan peristiwa ggl induksi dengan menggunakan simulasi sebuah kawat

·         Guru meminta siswa mendiskusikan hal yang sudah didemonstrasikan

·         Guru mempersilahkan siswa untuk saling bertanya jawab dengan teman sekelasnya

·         Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang sudah dibahas apabila ada yang masih belum dimengerti

·         Guru menjelaskan faktor yang mempengaruhi ggl induksi
·         Guru menjelaskan pengaruh medan magnetik dan fluks magnetik terhadap ggl induksi
·         Guru menjelaskan rumus ggl induksi dan arus  dan tegangan AC
·         Guru meminta siswa mengerjakan contoh latihan dari rumus yang sudah diberikan

·         Guru mengevaluasi penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan
·         Guru meminta siswa menyimpulkan
·         Penugasan
·         Salam penutup




·         Memikirkan kemudian menjawab pertanyaan

·         Siswa menjawab penggunaan kapasitor

·         Siswa memper­hatikan guru mela­kukan demonstrasi





·         Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi


·         Siswa saling bertanya





·         Siswa berantusias ingin bertanya, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih.


·         Siswa memperhatikan dengan seksama















·         Siswa mengerjakan soal yang diberikan





·         Siswa menyimpulkan

2 Menit



15 Menit


































3        menit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.      Apa yang kamu ketahui tentang induksi magnetik?

Instrumen Asesmen
Tugas individu di rumah:
1.        Diketahui luas bidang magneti adalah 0,1 m2 arahnya tegak lurus menembus bidang, besar medan magnet 0,2 T. tentukan besarnya fluks magneti?
Penyelesaian :
Ф  = B.A = B.A cos θ. = 0,1 m2 x 0,2 T x cos 0 = 0,02 Wb

2.        Diketahui persamaan tegangan sesaat V = 110 sin 100 πt. Tentukan tegangan maksimumnya?
       Penyelesaian :
       Berdasarkan persamaan V = 110 sin 100 πt maka besarnya
       Vmak = 110 volt.


Rubrikasi
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
100
100

Total skor
200


Nilai akhir:



4.1.14      Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL
Preskripsi 4

SKENARIO PEMBELAJARAN

Jenjang Pendidikan                 : SMA/ MA
Materi Pelajaran                      : Fisika
Standar Kompetensi               : Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dan optik dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar                   : Melakukan kajian ilmiah untuk mengenali gejala dan ciri-ciri gelombang elektromagnetik serta penerapannya.
Indikator                                 :Menjelaskan peristiwa fisika yang dapat menyebabkan peristiwa polarisasi cahaya
Kelas/ Semester                       : XII/ I
Materi pokok                           : Gelombang Elektromagnetik
Alokasi waktu                         : 20 Menit
Model Pembelajaran               :CTL Preskripsi 4:membelajarkan dengan menggunakan masyarakat pembelajar

Prosedur Pembelajaran
Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal







Kegiatan inti
Eksplorasi







































Penutup
·         Salam pembuka
·         Guru memeriksa kehadiran siswa
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa

·         Guru mengadakan demonstrasi mengenai efek Doppler
·         Guru meminta pada siswa untuk mengamati apa yang didemonstrasikan oleh guru.
·         Guru  menjelaskan konsep efek Doppler dan contohnya berdasarkan demonstrasi yang telah dilakukan.
·         Guru meminta siswa menjelaskan mengenai interferensi, difraksi, dan polarisasi cahaya
·         Guru memberikan contoh soal mengenai materi yang telah diajarkan
·         Guru meminta siswa mengerjakan contoh latihan dari rumus yang sudah diberikan
·         Guru mengevaluasi penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan

·         Guru meminta siswa menyimpulkan


·         Salam penutup









·         Siswa mengamati demonstrasi guru



·         Siswa memperhatikan guru melakukan demonstrasi



·         Siswa memperhatikan







·         Siswa mejelaskan beberapa istilahinterferensi, difraksi, dan polarisasi cahaya











·         Siswa mengerjakan soal yang diberikan










·         Siswa Menyimpulkan materi pembelajaran hari ini
2 Menit






15 Menit










































3        menit



Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.    Apa yang kamu ketahui tentang amplitudo dan kuat nada?
2.    Apa yang mempengaruhi tinggi nada suatu bunyi?

Instrumen Asesmen
Tugas individu di kelas:
1.      Sebuah garpu tala yang diam, bergetar dengan frekuensi 384 Hz. Garpu tala lain yang bergetar dengan frekensi 380 Hz dibawa seseorang anak yang berlari menjauhi garpu tala pertama. Kecepatan rambat bunyi di udara 320 m/s. Jika anak itu tidak mendengar layangan, berapa kecepatan anak tersebut ?
Penyelesaian :
Garpu tala yang diam berperan sebagai sumber (S) dengan fs = 384 Hz, karena anak tidak mendengar layangan berarti frekuensi yang dia terima sama besar dengan frekuensi garpu tala yang dibawanya sehingga dapat ditulis bahwa fp = 380 Hz. Data lain adalah anak (P) menjauhi sumber S berarti vp bertanda negatif.
     Fp = (v+vp / v+vs) fs atau
(380 . 320) / 384 = 320 – vp atau
                 vp = 320 – 316,67
                  = 3,33 m/s
Kecepatan anak berlari adalah 3,33 m/s  


Rubrikasi:

Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
100

Total skor
100


Nilai akhir:


4.1.15    Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 6

SKENARIO PEMBELAJARAN

Jenjang Pendidikan     : SMA/ MA
Materi Pelajaran          : Fisika
Standar Kompetensi   : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar       : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                     : Menjelaskan hukum Archimedes pada keadaan terapung, melayang dan tenggelam melalui percobaan sederhana  dalam kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran     : Terapung, melayang, tenggelam
Materi pokok               : Fluida Statis
Kelas/ Semester           : XI/ 2
Alokasi waktu             : 20 Menit
Model Pembelajaran     : CTL preskripsi 6: membelajarkan dengan melakukan refleksi

Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal






















Kegiatan inti
Eksplorasi




































Penutup
·         Salam pembuka
·         Guru memeriksa kehadiran siswa
·         Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan:
1.      Mengapa ketiga kita berenang, tubuh kita dapat tenggelam namun dapat pula terapung?
2.      Mengapa benda yang berat cenderung tenggelam?

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Guru meminta siswa untuk membantu menyiapkan perlengkapan demonstrasi

·         Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil, kemudian diberi buku panduan sesuai dengan bahan ajaran




·         Guru  meminta siswa untuk ikut mendemonstrasikan percobaan di meja kerjanya, kemudian meminta untuk mengisi buku panduan
·         Guru meminta siswa untuk mendiskusikan hasil percobaan dengan kelompok lainnya

·         Guru meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan

·         Guru memberikan soal latihan


·         Guru memberikan tugas rumah



·         Guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan






·         Salam penutup



·         Siswa berantusias dalam berpendapat menjawab pertanyaan dari guru








·         Siswa mendengarkan



·         Dua siswa maju ke depan membantu guru




·         Siswa berkumpul dalam kelompok mulai memperhatikan dengan seksama maksud dari pembelajaran

·         Siswa memperhatikan guru di depan kelas sambil melakukan demonstrasi kelompok


·         Dengan  bimbingan guru, siswa saling berdiskusi antar kelompok

·         Masing-masing perwakilan kelompok menyimpulkan

·         Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru

·         Siswa mencatat dan mendengarkan instruksi guru

·         Siswa berebut ingin mengutarakan dan mengevaluasi kegiatan, apa yang didapat dan dirasa demi perbaikan pembelajaran selanjutnya

·         Siswa menjawab salam
2 Menit






















15 Menit




































3 menit


















4        mnit

Strategi Asesment
A.    Tes Lisan
1.      Apa syarat suatu benda agar terapung bila dimasukkan ke dalam air?
2.      Apa syarat suatu benda agar melayang bila dimasukkan ke dalam air?
3.      Apa syarat suatu benda agar tenggelam bila dimasukkan ke dalam air?

B.     Tes Tertulis
1.    Sebuah bola volumenya 32 cm3 mengapung di permukaan air dengan setengah bagian volumnya berada di atas permukaan air. Tentukan massa bola tersebut, jika massa jenis air adalah 1 g/cm3.


Instrumen Asesmen
Tugas individu di rumah:
1.      Sebuah benda terapung di atas permukaan air yang berlapiskan minyak bensin dengan 40% volum benda berada di dalam air, 30% di dalam bensin, dan sisanya berada di atas permukaan zat bensin. Tentukan massa jenis zat tersebut, jika massa jenis bensin 0,7 g/cm3.
2.      Sebuah benda yang memiliki massa jenis A mengapung dalam zat cair yang massa jenisnya B. Jika ¼ bagian volumenya berada di atas permukaan zat cair tersebut, tentukan perbandingan massa jenis zat cair dan benda itu.

Rubrikasi
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
100
100

Total skor
200


Nilai akhir:


4.1.16    Skenario Pembelajaran Mikro menggunakan model CTL Preskripsi 7

SKENARIO PEMBELAJARAN

Jenjang Pendidikan     : SMA/ MA
Materi Pelajaran          : Fisika
Standar Kompetensi   : Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar       : Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                                   : Menerapkan konsep tekanan hidrostatis dalam kehidupan sehari-hari
Topik Pembelajaran                 : Tekanan hidrostatis
Materi pokok                           : Fluida Statis
Kelas/ Semester                       : XI/ 2
Alokasi waktu                         : 20 Menit
Model Pembelajaran                 : CTL preskripsi 7: melakukan penilaian sebenarnya (autentik assesment)

Fase Pembelajaran dan Prekripsinya
Aktivitas guru terkait dengan peyampaian isi pesan pembelajaran
Aktivitas siswa belajar terkait isi pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan awal


















Kegiatan inti
Eksplorasi



































Penutup
·         Salam pembuka

·         Guru memeriksa kehadiran siswa


·         Guru memotivasi siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan :
1. Apakah kalian punya tower ?
2. Mengapa dipasangnya lebih tinggi dari permukaan tanah?

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Guru meminta siswa untuk membantu menyiapkan perlengkapan demonstrasi

·         Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok kecil, kemudian diberi buku sesuai dengan bahan ajaran







·         Guru  meminta siswa untuk ikut mendemonstrasikan percobaan di meja kerjanya, kemudian meminta untuk mengisi LKS
·         Guru meminta siswa untuk mendiskusikan hasil percobaan dengan kelompok lainnya






·         Guru meminta siswa untuk menyimpulkan kegiatan


·         Guru memberikan soal latihan


·         Guru memberikan tugas rumah




·         Guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan






·         Salam penutup






·         Siswa berantusias dalam berpendapat menjawab pertanyaan dari guru



·         Siswa mendengarkan

·         Dua siswa maju ke depan membantu guru



·         Siswa berkumpul dalam kelompok mulai memperhatikan dengan seksama maksud dari pembelajaran

·         Siswa memperhatikan guru di depan kelas sambil melakukan demonstrasi kelompok

·         Dengan  bimbingan guru, siswa saling berdiskusi antar kelompok

·         Masing-masing perwakilan kelompok menyimpulkan

·         Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru

·         Siswa mencatat dan mendengarkan instruksi guru

·         Siswa berebut ingin mengutarakan dan mengevaluasi kegiatan, apa yang didapat dan dirasa demi perbaikan pembelajaran selanjutnya

·         Siswa menjawab salam
2 Menit


















15 Menit




































3 menit


















5        mnit



Strategi Asesment
Tes Lisan
1.      Lebih kuat mana pancaran air kran dari lantai 5 atau 2?
2.      Faktor apa saja yang menyebabkan kuat lemahnya pancaran?

Tes Tertulis
Pada sebuah bangunan, air dari lantai bawah akan dialirkan ke atas melalui sebuah pipa vertikal. Tentukan tinggi air akan naik jika tekanan hidrostatika air di dasar bangunan sama dengan 200 kPa.

Instrumen Asesmen
Tugas individu di rumah:
1.      Suatu bak yang tingginya 80 cm terisi penuh suatu zat cair yang massa jenisnya0,5 gr/cm3. Berapakah besar tekanan hidrostatika pada dasar bak ?(g = 10 m/s2).
2.      Sebuah bejana diisi air (ρair = 1gr/cm3) dan bagian bawah terdapatlubang pipa yang diberikan penutup.Penutup diikat dengan pegas yangkonstantanya 200 N/m. Sebelum adaair penutup tepat di titik A. Setelah adaair berapakah peregangan pegas?

Rubrikasi
Tabel 1. Tugas Individual :
No. Pertanyaan
Skor maksimum
Skor yang diperoleh
1
2
100
100

Total skor
200



Nilai akhir:

google+

linkedin