04 Januari, 2013

LKS FISIKA

Post oleh : Siger property | Rilis : 08.03 | Series :

LKS INKUIRI

Satuan Pendidikan              : SMP
Mata Pelajaran                    : IPA Fisika
Kelas/Semester                   : IX/2
Tahun Pelajaran                  : 2012/2013
Alokasi waktu                     : 4 x 45 menit

 

Standar Kompetensi  : 5.2 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

Kompetensi Dasar       : Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

Indikator pencapaian kompetensi   :
a.      Kognitif
1.      Produk :
a.       Mendeskripsikan karakteristik litosfer dan atmosfer.
b.      Mengurutkan lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai terdekat dengan permukaan bumi.
c.       Menjelaskan pengertian efek rumah kaca.
d.      Menjelaskan proses-proses yang terjadi di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
e.       Menyadari bahaya negatif proses di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia.

2.      Proses
Disediakan seperangkat alat bahan percobaan sederhana untuk menyelidikibenda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran,  pemanasan global dan pelapukan sehingga siswa dapat mengetahui bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.

b.   Psikomotor
Menyelidikibenda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan global dan pelapukan menggunakan seperangkat alat percobaan sederhana di depan kelas, kemudian siswa menganalisisnyasehingga dapat diketahui bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.

c.       Afektif
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter,  meliputi:
a)      Berfikir kritis, kreatif dan logis
b)      Teliti
c)      Peduli
d)     Jujur
e)      Bertanggung jawab
f)       Teliti
g)      Tekun

2.      Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)         Bekerja sama,
b)        Menyampaikan pendapat,
c)         Menjadi pendengar yang baik,
d)        Menanggapi pendapat orang lain.

Tujuan Pembelajaran
a.      Kognitif
1.    Produk
a.    Dengan tanpa melihat buku catatan, siswa dapat mendeskripsikan karakteristik litosfer dan atmosfer dengan benar.
b.    Dengan bimbingan guru siswa dapat mengurutkan lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai terdekat dengan permukaan bumi secara tepat dan benar.
c.    Siswa dapat menjelaskan proses-proses yang terjadi di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia melalui diskusi kelompok sekurang-kurangnya tiga..
d.   Siswa dapat menyadari bahaya negatif proses di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia melalui pengamatan kelompok secara mandiri.

b.      Proses
Telah disediakan seperangkat alat percobaan beserta Lembar Kerja Siswa (LKS), dengan melihat buku panduan siswa diharapkan dapat menyelidiki benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan global dan pelapukan kemudian siswa dapat menyimpulkan bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan, kemudian mengkomunikasikan hasil diskusi sesuai rincian tugas kinerja secara benar.

c.       Psikomotor
Dengan melihat buku panduan, siswa dapat merangkai seperangkat alat percobaan untuk menyelidiki benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran,proses pemanasan global dan pelapukan di depan kelas, sehingga dapat diketahui sekurang-kurangnya tigabahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.

d.    Afektif
1.         Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, peduli, jujur,bertanggung jawab dan tekun sesuai LP: Ranah Afektif.
2.         Bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ranah Afektif.

Teori Dasar
Bumi adalah salah satu planet dalam tatasurya kita. Jika dibandingkan dengan planet-planet lain, bumi bukan planet yang terbesar. Diameter bumi kira-kira diameter planet Yupiter. Tetapi, mengenali dan menjaga planet bumi sangat penting bagi kita karena di situlah kita hidup. Bumi terbagi menjadi tiga lapisan utama yaitu lapisan batuan (litosfer), lapisan air (hidrosfer), dan lapisan udara (atmosfer).
Kehidupan di bumi termasuk kehidupan manusia, juga berinteraksi timbal balik dengan tiga lapisan di atas, yang disebut lingkungan. Manusia dan lingkungannya, saling bergantung.Manusia membentuk lingkungan hidupnya, dan manusia itu ada karena lingkungan hidupnya. Berbagai peristiwa di permukaan bumi mungkin menjaga kelangsungan hidup manusia, tetapi ada juga merugikan bahkan menghancurkan kehidupan manusia. Di bawah ini kita akan mendiskusikan beberapa peristiwa di bumi yang dapat merugikan kehidupan kita.
1.    Pencemaran atau polusi
Pencemaran dapat terjadi di daratan, air, dan udara. Daratan, air, dan udara dikatakan mengalami pencemaran jika pada lapisan-lapisan tersebut telah terjadi keadaan tidak normal, karena adanya polutan (zat penyebab polusi) sehingga tidak mampu memberikan daya dukung kepada kehidupan di bumi.
a.    Pencemaran daratan
Pencemaran daratan disebabkan oleh buangan organik, misalnya dari rumah tangga dan olahan bahan makanan; maupun anorganik, misalnya plastik dan limbah industry terutama logam. Dampak yang disebabkan oleh pencemaran daratan, antara lain:
1.    timbulnya bau
2.    pemandangan yang tidak sedap, kotor, dan kumuh,
3.    timbulnya berbagai penyakit, misalnya pes, kaki gajah, malaria, dan demam berdarah, dan
4.    fungsi tanah berkurang, misalnya tanah menjadi tidak subur.
b. Pencemaran air
Bagian terbesar permukaan bumi kita adalah air. Seperti halnya daratan, air juga dapat tercemar. Bagaimana cara untuk mengetahui telah terjadi pencemaran air? Untuk mengetahui terjadinya pencemaran air dapat digunakan  berbagai indikator, antara lain suhu, derajat keasaman (pH), warna, bau, rasa, endapan, kandungan mikroba, dan kandungan zat radioaktif. Misalnya, air yang memenuhi syarat digunakan dalam kehidupan mempunyai pH berkisar 6,5-7,5. Air dengan pH lebih kecil atau lebih besar dari pH normal tersebut, tidak memenuhi standar kehidupan.
Pencemaran air disebabkan oleh berbagai bahan buangan (limbah), antara lain:
1.    limbah padat, misalnya batuan, pasir, tanah
2.    limbah organik, misalnya sisa makanan;
3.    limbah anorganik, misalnya unsur-unsur logam sisa industri (timbal, raksa, dan nikel)
4.     limbah cairan berminyak, misalnya olie, minyak tanah yang tumpah ke air
5.    limbah zat kimia, misalnya deterjen, shampo, dan insektisida.
Dampak yang disebabkan oleh pencemaran air, antara lain:
1.      air tidak dapat digunakan secara optimal, baik untuk keperluan rumah tangga, pertanian, maupun industri,
2.      penyebab timbulnya berbagai penyakit, misalnya demam berdarah, malaria, diare, kholera, disentri, dan cacingan.
c. Pencemaran udara
Udara bersih dan kering, tersusun dari komponen utama, yaitu nitrogen ± 78%, oksigen ± 21%, argon ± 0,9%, dan karbon dioksida ± 0,03%. Udara disebut tercemar jika terdapat bahan atau zat-zat asing sehingga komposisi udara berubah dari keadaan normalnya. Bahan pencemar udara ada yang berasal dari alam, misalnya debu dan gas pembusukan sampah organik. Selain itu, bahan pencemar udara juga berasal dari faktor antropogenik (kegiatan manusia), misalnya pembakaran bahan bakar minyak (BBM) dan pemakaian zat kimia. Di antara komponen pencemar udara yang paling banyak berpengaruh adalah karbon monoksida, nitrogen oksida, belerang oksida, dan hidrokarbon.
Dampak yang disebabkan oleh pencemaran udara, antara lain gangguan fungsi jantung, paru-paru, sakit kepala, sulit bernafas, dan pingsan, bahkan kanker dan kematian.
2.             Pelapukan dan pengikisan
Pelapukan menyebabkan berbagai batuan, logam, dan benda-benda lain berubah warna, komposisi, atau bentuknya. Pelapukan merupakan proses hancurnya suatu benda menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Berdasarkan penyebabnya, pelapukan dibedakan menjadi tiga yaitu pelapukan mekanik, organik, dan kimiawi.
a. Pelapukan mekanik
Pelapukan mekanik adalah pelapukan yang disebabkan oleh perubahan suhu atau tekanan. Misalnya, pada siang hari yang sangat panas kemudian turun hujan secara tiba-tiba, maka terjadi perubahan suhu yang tibatiba pula. Peristiwa semacam ini akan merusak butiranbutiran batuan, kayu, dan benda-benda lain sehingga hancur menjadi bagian-bagian lebih kecil.
b.   Pelapukan organik
Pernahkah kamu memperhatikan dinding-dinding yang ditumbuhi lumut? Jika lumut tersebut dibiarkan, apa yang terjadi? Lama-kelamaan, dinding tersebut akan hancur. Itulah contoh pelapukan organik. Contoh yang lain, misalnya akar pohon yang merusak pot atau bangunan, hewan-hewan kecil yang menghancurkan kayu dan perabotan rumah tangga. Pelapukan organik adalah pelapukan yang disebabkan oleh organisme atau makhluk hidup, misalnya tumbuhan, hewan, dan manusia. Jika kita tidak peduli terhadap lingkungan, maka manusia dengan segala ilmu dan teknologinya merupakan sumber perusak lingkungan yang sangat hebat.
c. Pelapukan kimiawi
Pelapukan kimiawi yang paling sering kita jumpai adalah oksidasi pada logam terutama besi, yang lazim kita sebut berkarat. Pelapukan kimiawi adalah pelapukan yang terjadi melalui reaksi kimia.
Berkarat adalah contoh pelapukan kimiawi yang merugikan. Ada proses pelapukan kimiawi yang justru melahirkan keindahan, yaitu terbentuknya stalagtit dan stalakmit pada gua-gua kapur.

3.      Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan

Pengetahuan tentang hubungan antara jenis lingkungan sangat penting agar dapat menanggulangi permasalahan lingkungan secara terpada dan tuntas. Dewasa ini lingkungan hidup sedang menjadi perhatian utama masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia umumnya.
Meningkatnya perhatian masyarakat mulai menyadari akibat-akibat yang ditimbulkan dan kerusakan lingkungan hidup. Sebagai contoh apabila ada penumpukan sampah dikota maka permasalahan ini diselesaikan dengan cara mengangkut dan membuangnya ke lembah yang jauh dari pusat kota, maka hal ini tidak memecahkan permasalahan melainkan menimbulkan permasalahan seperti pencemaran air tanah, udara, bertambahnya jumlah lalat, tikus dan bau yang merusak, pemandangan yang tidak mengenakan. Akibatnya menderita interaksi antara lingkungan dan manusia yang akhirnya menderita kesehatan.
Interaksi manusia dengan lingkungan hidupnya merupakan suatu proses yang wajar dan terlaksana sejak manusia itu dilahirkan sampai akhir hidupnya. Hal ini membutuhkan daya dukung lingkungan untuk kelangsungan hidupnya.
Masalah lingkungan hidup sebenatnya sudah ada sejak dahulu, masalah lingkungan hidup bukanlah masalah yang hanya dimiliki atau dihadapi oleh negara­negara maju ataupun negara-negara miskin, tapi masalah lingkungan hidup adalah sudah merupakan masalah dunia dan masalah kita semua.
Keadaan ini ternyata menyebabkan kita betpikir bahwa pengetahuan tentang hubungan antara jenis lingkungan ini sangat penting agar dapat menanggulangi permasalahan lingkungan secara terpadu dan tuntas.
Masalah lingkungan hidup merupakan kenyataan yang harus dihadapi, kegiatan pembangunan terutama di bidang industri yang banyak menimbulkan dampak negatif merugikan masyarakat. Masalah lingkungan hidup adalah merupakan masalah yang komplek dan harus diselesaikan dengan berbagai pendekatan multidisipliner.
Industrialisasi merupakan conditio sine quanon keberhasilan pembangunan untuk memacu laju pertumbuhan ekonomi, akan tetapi industrialisasi juga mengandung resiko lingkungan. Oleh karena itu munculnya aktivitas industri disuatu kawasan mengundang kritik dan sorotan masyarakat. Yang dipermasalahkan adalah dampak negatif limbahnya yang diantisipasikan mengganggu kesehatan lingkungan.
4.      Lingkungan Dan Kesehatan\
Kemampuan manusia untuk mengubah atau memoditifikasi kualitas lingkungannya tergantung sekali pada taraf sosial budayanya. Masyarakat yang masih primitif hanya mampu membuka hutan secukupnya untuk memberi perlindungan pada masyarakat. Sebaliknya, masyarakat yang sudah maju sosial budayanya dapat mengubah lingkungan hidup sampai taraf yang irreversible. Prilaku masyarakat ini menentukan gaya hidup tersendiri yang akan menciptakan lingkungan yang sesuai dengan yang diinginkannya mengakibatkan timbulnya penyakit juga sesuai dengan prilakunya tadi. Dengan demikian eratlah hubungan antara kesehatan dengan sumber daya sosial ekonomi. WHO menyatakan “Kesehatan adalah suatu keadaan sehat yang utuh secara fisik, mental dan sosial serta bukan hanya merupakan bebas dari penyakit”.






















Nama               :
Kelompok       :
Kelas               :
Tanggal           :


LKS
A.    Tujuan Percobaan
Mengetahui dampak yang ditimbulkan bagi alam akibat adanya proses pelapukan

B.     Petunjuk
1.      Bacalah panduan percobaan sebelum mnjawab LKS.
2.      Jika ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan kepada guru pembimbing.

C.    Alat dan Bahan
1.      Setumpuk sampah
2.      Shampoo atau deterjen
3.      Asap kendaraan bermotor/industri
4.      Tumpahan minyak/oli
5.      Debu/pasir

D.    Rumusan Masalah
Bagaimanakah dampak yang ditimbulkan bagi alam akibat adanya proses pelapukan

E.  Prosedur Peragaan
Lakukan peragaan berdasarkan prosedur di berikut ini!
1.      Amatilah alat dan bahan yang sudah dipersiapkan untuk pembelajaran kali ini.
2.      Bagilah anggota kelompokmu untuk masing-masing menyebar pada objek amatan.
3.      Apakah bahan yag kita gunakan dapat merugikan kesehatan manusia? Ataukah hanya sebagaian saja?
4.      Penyakit apa saja yang mungkin timbul? Apakah dipengaruhi bahan penyusunnya?
5.      Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lakukan langkah amatan berikut ini.

F.     Tabel Pengamatan
Bahan
Jenis Pencemaran
(Darat, Air, Udara)
Penyakit yang Mungkin Ditimbulkan

..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................



G.    Analisis Data
Berdasarkan data pengamatan lakukan interpretasi data!

Pertanyaan Pemantapan
a.       Apakah semua bahan yang digunakan dapat menungkinkan mengakibatkan pencemaran? Mengapa?
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b.      Kelompokkan bahan mana saja yang mungkin dapat menimbulkan pencemaran udara, air dan darat! Apakah satu bahan dapat menimbulkan pencemaran di dua bidang atau lebih? Jelakan!
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c.       Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan pencemaran. Jelaskan minimal tigaupaya manusia untuk melestarikan lingkungannya?
Jawab :
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Daftar pustaka


LKS DISCOVERY

Satuan Pendidikanan     : SMP
Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester               : IX/2
Tahun pelajaran              : ...
Alokasi waktu                : 4 x 35 menit

Standar Kompetensi   : 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
Kompetensi Dasar      : 5.5 Menjelaskan hubunganantara proses yang terjadi di litosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
a.      Kognitif
1.      Produk
a.       Mendeskripsikan karakteristik litosfer dan atmosfer.
b.      Mengurutkan lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai terdekat dengan permukaan bumi.
c.       Menjelaskan pengertian efek rumah kaca.
d.      Menjelaskan proses-proses yang terjadi di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
e.       Menyadari bahaya negatif proses di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia.

2.      Proses
Disediakan seperangkat alat bahan percobaan sederhana untuk menyelidikibenda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran,  pemanasan global dan pelapukan sehingga siswa dapat mengetahui bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.

b.      Psikomotor
Menyelidikibenda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan global dan pelapukan menggunakan seperangkat alat percobaan sederhana di depan kelas, kemudian siswa menganalisisnyasehingga dapat diketahui bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.

c.       Afektif
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter,  meliputi:
a)      Berfikir kritis, kreatif dan logis
b)      Teliti
c)      Peduli
d)     Jujur
e)      Bertanggung jawab
f)       Teliti
g)      Tekun

2.      Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)         Bekerja sama,
b)        Menyampaikan pendapat,
c)         Menjadi pendengar yang baik,
d)        Menanggapi pendapat orang lain.

Tujuan Pembelajaran
a.      Kognitif
1.      Produk
a.    Dengan tanpa melihat buku catatan, siswa dapat mendeskripsikan karakteristik litosfer dan atmosfer dengan benar.
b.    Dengan bimbingan gurusiswa dapat mengurutkan lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai terdekat dengan permukaan bumi secara tepat dan benar.
c.    Siswa dapat menjelaskan proses-proses yang terjadi di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia melalui diskusi kelompoksekurang-kurangnya tiga..
d.   Siswa dapat menyadari bahaya negatif proses di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia melalui pengamatan kelompok secara mandiri.

2.      Proses
Telah disediakan seperangkat alat percobaan beserta Lembar Kerja Siswa (LKS), dengan melihat buku panduan siswa diharapkan dapat menyelidiki benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan global dan pelapukan kemudian siswa dapat menyimpulkan bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan, kemudian mengkomunikasikan hasil diskusi sesuai rincian tugas kinerja secara benar.


b.      Psikomotor
Dengan melihat buku panduan, siswa dapat merangkai seperangkat alat percobaan untuk menyelidiki benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan global dan pelapukan di depan kelas, sehingga dapat diketahui sekurang-kurangnya tigabahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.

c.       Afektif
1.      Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, peduli, jujur,bertanggung jawab dan tekun sesuai LP: Ranah Afektif.
2.      Bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ranah Afektif.


Materi Pokok
Planet bumi mempunyai struktur lapisan yang terdiri atas kerak, mantel, dan inti. Kerak bumi atau litosfer merupakan bagian permukaan bumi yang tersusun atas batu-batuan. Ketebalannya di bawah laut sekitar 3 km, tetapi di benua dapat mencapai sekitar 35 km. Adapun batu-batuan di inti bumi berbentuk padat, tetapi dapat bergerak pelan. Atmosfer adalah selubung udara yang menutupi bumi. Atmosfer melindungi penduduk bumi dari benda-benda angkasa, menjaga suhu permukaan bumi, dan sebagai tempat pengaturan cuaca.

Pembuangan sampah anorganik, seperti plastik, kaleng-kaleng bekas, ataupun sampah anorganik lainnya yang tidak dapat diuraikan oleh tanah. Pembuangan sampah-sampah tersebut berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Adapun dampak negatif tersebut antara lain tanah menjadi tidak subur dan sampah yang menumpuk menyebabkan penyakit. Pencemaran udara terjadi akibat adanya zat-zat lain yang terproses bersama oksigen di udara. Zat-zat pencemar disebut juga polutan. Polutan udara berasal dari asap-asap pabrik, asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah atau penyebab-penyebab yang lain.

Alokasi Waktu           : 1 x jam pelajaran
Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran             : Cooperative Learning
Metode Pembelajaran          : Diskusi, Kerja Kelompok, Presentasi, Pemberian Tugas

Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan
Pengorganisasian
Peserta Didik
Waktu
1.    Guru membuka pelajaran, pertanyaan sapaan, kemudian dilanjutkan ke pertanyaantentangmateripertemuan terakhir. Hal tersebut dijadikan acuan untuk memasuki materi yang akan dibahas kali ini.
2.    Appersepsi dan motivasi :
a.       Mengapa ketika siang hari, panas terik mata hari begitu menyengat?
b.      Mengapa pula permukaan air laut selalu naik tiap harinya?
3.    Guru menyampaikann standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran.


Inti
1.    Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok belajar yang heterogen, 1 kelompok terdiri dari 5-6 siswa.
2.    Siswa diminta memperhatikan guru ketika mencontohkan prosedur percobaan yang akan dilakukan.
3.    Dengan dibimbing guru, siswa mendemonstrasikan materi yang diujicobakan secara berkelompok.
4.    Setelah melakukan percobaan, siswa mendiskusikan hasil pengamatannya.
5.    Guru meminta perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
6.    Dengan guru sebagai fasilitator pembelajaran, siswa saling berdiskusi untuk menyamakan hasil pengamatan.


Penutup
1.    Secara bersama-sama, guru membantu siswa untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran.
2.    Guru memberikan evaluasi, berupa soal-soal latihan yang harus dikerjakan pada saat itu juga.
3.    Guru merefleksi kegiatan pembelajaran.
4.    Memberi pekerjaan rumah seperti tugas individu, dikumpul pada pertemuan selanjutnya.




Sumber Belajar
Sumber            :  BSE IPA SMP Elok Sudibyo dan Nur Kuswanti Jilid 3B Penerbit Erlangga serta referensi lain yang relevan

Alat dan Bahan
1.    Setumpuk sampah
2.    Shampoo atau deterjen
3.    Asap kendaraan bermotor/industri
4.    Tumpahan minyak/oli
5.    Debu/pasir

Penilaian
Teknik Penilaian          : Tertulis
Bentuk Penilaian         : Soal Essai

A.  Pemahaman dan Penerapan Konsep
1.      Peserta didik mengerjakan soal latihan halaman 267 BSE IPA SMP Elok Sudibyo Jilid 3B Penerbit Erlangga.
2.      Peserta didik mengerjakan soal latihan halaman 251BSE IPA SMP Sukis Wariyono Jilid 3B Penerbit Erlangga.

B.     Kinerja Ilmiah
1.      Pengamatan selama kegiatan belajar berlangsung dilihat dari sikap, kejujuran, kedisiplinan, kemauan dan seterusnya
2.      Pengamatan ketika peserta didik melakukan percobaan kegiatan tersebut.



LKS Eksperimen

BAGAIMANA DAMPAK YANG DITIMBULKAN BAGI ALAM AKIBAT ADANYA PROSES PELAPUKAN PELAPUKAN?


Pada kegiatan ini kamu akan menyelidiki benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, baik udara, darat, maupun air. Kemudian mencari tahu pengaruhnya tehadap kesehatan dan permasalahan lingkungan yang mungkin timbul. Dalam hal ini akan dikenal proses pelapukan dan pemanasan global. Pada materi sebelumnya, kalian sudah mengetahui karakteristik pelapukan. Untuk mengingat kembali peristiwa-peristiwa itu, jawablah pertanyaan di bawah ini:

Jelaskan karakteristik yang dimiliki tiap-tiap gambar di bawah ini!
Gambar
Jenis pelapukan
Penyebabnya


...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Alat dan Bahan
1.    Setumpuk sampah
2.    Shampoo atau deterjen
3.    Asap kendaraan bermotor/industri
4.    Tumpahan minyak/oli
5.    Debu/pasir

Langkah kegiatan
Lakukan kegiatan seperti gambar berikut, amatilah alat dan bahan yang sudah dipersiapkan untuk pembelajaran kali ini. Bagilah anggota kelompokmu untuk masing-masing menyebar pada objek amatan.Apakah bahan yag kita gunakan dapat merugikan kesehatan manusia? Ataukah hanya sebagaian saja?Penyakit apa saja yang mungkin timbul? Apakah dipengaruhi bahan penyusunnya?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lakukan langkah amatan berikut ini.
Bahan
Jenis Pencemaran
(Darat, Air, Udara)
Penyakit yang Mungkin Ditimbulkan

..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................

Diskusikan dengan teman sekelompokmu dan jawablah pertanyaan berikut!
a.       Apakah semua bahan yang digunakan dapat menungkinkan mengakibatkan pencemaran? Mengapa?
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b.      Kelompokkan bahan mana saja yang mungkin dapat menimbulkan pencemaran udara, air dan darat! Apakah satu bahan dapat menimbulkan pencemaran di dua bidang atau lebih? Jelakan!
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c.       Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan pencemaran. Jelaskan minimal tigaupaya manusia untuk melestarikan lingkungannya?
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Kesimpulan :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




LKS NON EKSPERIMEN
Dengan memperhatikan gambar, isilah bagian kosong pada paragraph di bawah untuk menjelaskan proses pemanasan global dan gejala yang ditimbulkannya…
Pemanasan global yang terjadi di permukaan bumi pada dasarnya diakibatkan oleh gas-gas pencemar seperti__________________dan _______________yang dihasilkan akibat kemajuan teknologi. Gas ................................ berasal dari asap pabrik, asap kendaraan bermotor dan hasil kebakaran hutan dan pembakaran sampah. Pemanasan global sering disebut dengan __________________. Proses efek rumah kaca terjadi berawal ketika gas-gas pencemar menahan pancaran gelombang panas di permukaan bumi. Di mana panas akan ____________________________, sehingga akan terjadi kenaikan temperatur di permukaan bumi. Timbulnya isu pemanasan global, karena dampaknya yang sangat besar dan seandainya hal tersebut betul terjadi, akan menyebabkan terjadinya perubahan .................. dan kenaikan permukaan ........................ yang secara langsung baik cepat atau lambat akan menimbulkan dampak negatif bagi ............................................. dan permasalahan ......................................

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.      Apakah yang dimaksud efek rumah kaca?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Salah satu indikasi gejala pemanasan global adalah sering terjadinya banjir. Mengapa demikian?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.        Sebutkan usaha-usaha menjaga keseim-bangan lingkungan.
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.      Bagaimana cara penanggulangan terhadap pencemaran yang terjadi di darat? Jelaskan menurut pendapat kalian!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5.      Apa penyebab pencemaran udara dan bagaimana cara menanggulanginya?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6.      Salah satu akibat pencemaran udara (khususnya dari karbon dioksida) adalah efek rumah kaca. Bagaimana proses terjadinya?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

7.        Coba kalian sebutkan dampak-dampak negatif dari membuang sampah dan kotoran ke dalam sungai atau danau!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


LKS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS)

Satuan Pendidikan      : SMP
                                    Mata Pelajaran            : IPA Fisika
                                    Kelas/Semester            : IX/2
                                    Tahun Pelajaran           : 2012/2013
                                    Alokasi waktu             : 4 x 45 menit
 


Standar Kompetensi  : 5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar       : 5.5 Menjelaskanhubunganantara proses yang terjadi di litosferdanatmosferdengankesehatandanpermasalahanlingkungan.

Indikator                    : 
a.  Memprediksikan pengaruh dari pencemaran terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup
b. Menjelaskanpengertianefekrumahkaca.
c.  Menjelaskan proses-proses yang terjadi di lingkungansertapengaruhnyaterhadapkesehatanmanusia.
d. Menyadaribahayanegatif proses di lingkungan yang ditimbulkanakibatulahmanusia.

Tujuan Pembelajaran
A.      PemahamanKonsep
1.      Dengantanpamelihatbukucatatan, siswadapatmendeskripsikankarakteristiklitosferdanatmosferdenganbenar.
2.      Denganbimbingan gurusiswadapatmengurutkanlapisanpenyusunatmosferdari yang terluarsampaiterdekatdenganpermukaanbumisecaratepatdanbenar.
3.      Siswadapatmenjelaskan proses-proses yang terjadi di lingkungansertapengaruhnyaterhadapkesehatanmanusiamelaluidiskusikelompoksekurang-kurangnyatiga..
4.      Siswadapatmenyadaribahayanegatif proses di lingkungan yang ditimbulkanakibatulahmanusiamelaluipengamatankelompoksecaramandiri.

B.       KinerjaIlmiah
Peserta didik dapat  :
1.         Bekerjasama
2.         Jujur dalam mengemukakan hasil percobaan
3.         Menghargai pendapat teman dalam diskusi
4.         Dapat memperagakan gerakan benda-benda dalam tata surya.
C.     Sikap
Peserta didik dapat :
a.       Berfikir logis,
b.      Kritis
c.       Jujur

Materi Pembelajaran
Planet bumimempunyaistrukturlapisan yang terdiriataskerak, mantel, daninti. Kerakbumiataulitosfermerupakanbagianpermukaanbumi yang tersusunatasbatu-batuan. Ketebalannya di bawahlautsekitar 3 km, tetapi di benuadapatmencapaisekitar 35 km. Adapunbatu-batuan di intibumiberbentukpadat, tetapidapatbergerakpelan.Atmosferadalahselubungudara yang menutupibumi. Atmosfermelindungipendudukbumidaribenda-bendaangkasa, menjagasuhupermukaanbumi, dansebagaitempatpengaturancuaca.

Pencemaran air, sepertipembuangan limbah, sampah maupun bahan-bahan kimialainnyadapat merusak ekosistem yang ada di sungai, laut ataupun danau. Pembuanganlimbahtersebutberdampaknegatifbagikehidupanmanusia. Adapundampaknegatiftersebutantarasulitnya memperoleh air bersih serta ekosistem merusak keseimbangan ekosistem.



Model, Pendekatan, danMetodePembelajaran
Model Pembelajaran   :  Keterampilan Proses Sains
Pendekatan                 :  Pembelajarankooperatif  (diskusi) danPembelajaran
presentasi
Metode                        : ceramah, tanya-jawab, danpercobaan

Langkah-langkahPembelajaran

Langkah-langkahPembelajaran
Pendahuluan
Kegiatan
Pengorganisasian
PesertaDidik
Waktu
1.    Guru membukapelajaran, pertanyaansapaan, kemudiandilanjutkankepertanyaantentangmateripertemuanterakhir. Hal tersebutdijadikanacuanuntukmemasukimateri yang akandibahas kali ini.
2.    Appersepsidanmotivasi :
a.       Mengapaketikasianghari, panasterikmataharibegitumenyengat?
b.      Mengapa pula permukaan air lautselalunaiktiapharinya?
3.    Guru menyampaikannstandarkompetensi, kompetensidasar, dantujuanpembelajaran.
Klasikal





Klasikal




Klasikal



5’





5’




5’


Inti
1.    Guru membagikelasmenjadibeberapakelompokbelajar yang heterogen, 1 kelompokterdiridari 5-6 siswa.
2.    Siswadimintamemperhatikan guru ketikamencontohkanprosedurpercobaan yang akandilakukan.
3.    Dengandibimbing guru, siswamendemonstrasikanmateri yang diujicobakansecaraberkelompok.
4.    Setelahmelakukanpercobaan, siswamendiskusikanhasilpengamatannya.
5.    Guru memintaperwakilantiapkelompokuntukmempresentasikanhasildiskusinya.
6.    Dengan guru sebagaifasilitatorpembelajaran, siswasalingberdiskusiuntukmenyamakanhasilpengamatan.
Kelompok


Kelompok


Kelompok


Kelompok

Kelompok


kelompok
5’


5’


5’


5’

5’


5’


Penutup
1.    Secarabersama-sama, guru membantusiswauntukmenyimpulkankegiatanpembelajaran.
2.    Guru memberikanevaluasi, berupasoal-soallatihan yang harusdikerjakanpadasaatitujuga.
3.    Guru merefleksikegiatanpembelajaran.
4.    Memberipekerjaanrumahsepertitugasindividu, dikumpulpadapertemuanselanjutnya.
Kelompok


Klasikal


Klasikal

Klasikal



5’


5’


5’

5’









Sumber dan Alat
Sumber            :  BSE IPA SMP ElokSudibyodanNurKuswanti Jilid 3B Penerbit Erlangga sertareferensi lain yang relevan

Alat                 :
1.        Gelasplastik 4 buah
2.        Ikan 8 ekor
3.        Air bersih
4.        Detergen
5.        Baygoncair
6.        Sabunmandi

Penilaian
A.    Pemahaman dan Penerapan Konsep
1.      Peserta didik mengerjakan Menguji Diri 13.1 halaman 64 Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B Penerbit Erlangga
2.      Peserta didik mengerjakan Menguji Diri 13.2  halaman 69 Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B Penerbit Erlangga
3.      Peserta didik mengerjakan Meenguji Diri 13.3 halaman 72  Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B Penerbit Erlangga
4.      Peserta didik mengerjakan Latihan Ulangan Bab 13 halaman 74 – 76 Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B Penerbit Erlangga.

B.     Kinerja Ilmiah
1.      Pengamatan selama kegiatan belajar berlangsung dilihat dari sikap, kejujuran, kedisiplinan, kemauan dan seterusnya
2.      Pengamatan ketika peserta didik membuat model tata surya



LKS
PENCEMARAN AIR



A.    TujuanPercobaan
Melaluipercobaansiswadapatmengetahuikadarpencemaran air dandampakpencemaran air terhadapkelangsunganmakhlukhidup

B.     Petunjuk
1.      Bacalahpanduanpercobaanpraktikummengenai “Kadar Pencemaran air”
2.      Jikaada yang kurangjelas, silahkantanyakankepada guru pembimbing.


C.    AlatdanBahan
1.         Gelasplastik 4 buah
2.         Ikan 8 ekor
3.         Air bersih
4.         Detergen
5.         Baygoncair
6.         Sabunmandi

D.  LangkahKegiatan
Padakegiataninikamuakanmenyelidikipengaruhdaripencemaran air terhadapmakhlukhidup. Kita sudahmengetahuibahwa air merupakanunsurpentingdalamkehidupan. Air dibutuhkandalamsetiapaspekkehidupan. Laluapa yang terjadiapabila air tercemar ? Bagaimanakahpengaruhnyaterhadapmakhlukhidup. Untukmengetahuipengaruhnyasecaraspesifikmakalakukanlahpercobaanberikut :
1.         Menyediakan 4 macamkondisi air yang meliputi : air bersih, air sabun, air detergen, dan air baygon
2.         Memasukkansatuikankemasingmasingempatkondisi air yang telahdisediakan
3.         Mengamatiapa yang terjadipadamasing-masingikan yang diberikanperilakuberbedaselama 15 menitpengamatan
4.         Mencatathasilpengamatandalamhasilpengamatan

A.  Kemampuan Mengamati

NO

PERLAKUAN
PENGAMATAN
5'
10'
15'
1
Ikandalam air bersih



2
Ikandalam air sabun



3
Ikandalam air deterjen



4
Ikandalam air Baygon




A.      Kemampuan Mengajukan Hipotesa
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, jawablah pertanyaan berikut !
a.       Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air bersihmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b.      Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air sabunmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c.       Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air detergenmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

d.      Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air dicampurbaygonmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab : ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

B.       Kemampuan Berkomunikasi
a.         Dalamkehidupansehari-hari, banyaksekalikegiatanmanusia yang dapatmengakibatkanpencemaran. Jelaskan minimal tigaupayamanusiauntukmelestarikanlingkungannya?
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b.    Apakah yang dimaksud “Efek rumah kaca” ?
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c.    Sebutkan Dampak dari efek rumah kaca bagi kelangsungan hidup makhluk hidup?
Jawab : ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
































google+

linkedin