LKS INKUIRI
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Kelas/Semester : IX/2
Tahun Pelajaran : 2012/2013
Alokasi waktu : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi : 5.2 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan
lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
Kompetensi Dasar : Hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer
dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
Indikator pencapaian kompetensi :
a. Kognitif
1. Produk :
a. Mendeskripsikan
karakteristik litosfer dan atmosfer.
b. Mengurutkan
lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai terdekat dengan permukaan
bumi.
c. Menjelaskan
pengertian efek rumah kaca.
d. Menjelaskan
proses-proses yang terjadi di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan
manusia.
e. Menyadari
bahaya negatif proses di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia.
2.
Proses
Disediakan seperangkat alat bahan percobaan sederhana
untuk menyelidikibenda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, pemanasan global dan pelapukan sehingga siswa
dapat mengetahui bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan
lingkungan.
b.
Psikomotor
Menyelidikibenda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan
pencemaran, proses pemanasan global dan pelapukan menggunakan seperangkat alat
percobaan sederhana di depan kelas, kemudian siswa menganalisisnyasehingga
dapat diketahui bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan
lingkungan.
c.
Afektif
1. Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi:
a) Berfikir
kritis, kreatif dan logis
b) Teliti
c) Peduli
d) Jujur
e) Bertanggung
jawab
f) Teliti
g) Tekun
2. Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi:
a)
Bekerja sama,
b)
Menyampaikan pendapat,
c)
Menjadi pendengar yang baik,
d)
Menanggapi pendapat orang lain.
Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif
1. Produk
a. Dengan
tanpa melihat buku catatan, siswa dapat mendeskripsikan karakteristik litosfer
dan atmosfer dengan benar.
b. Dengan
bimbingan guru siswa dapat mengurutkan
lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai terdekat dengan permukaan
bumi secara tepat dan benar.
c. Siswa dapat menjelaskan proses-proses yang terjadi di
lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia melalui diskusi
kelompok sekurang-kurangnya tiga..
d. Siswa dapat
menyadari bahaya negatif
proses di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia melalui pengamatan kelompok secara mandiri.
b. Proses
Telah disediakan seperangkat alat percobaan beserta
Lembar Kerja Siswa (LKS), dengan melihat
buku panduan siswa diharapkan dapat menyelidiki
benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan
global dan pelapukan kemudian siswa dapat menyimpulkan bahaya pengaruhnya
terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan, kemudian mengkomunikasikan
hasil diskusi sesuai rincian tugas kinerja secara
benar.
c. Psikomotor
Dengan melihat
buku panduan, siswa dapat merangkai seperangkat alat percobaan untuk menyelidiki benda-benda apa saja yang
dapat mengakibatkan pencemaran,proses pemanasan global dan pelapukan di depan
kelas, sehingga dapat diketahui sekurang-kurangnya
tigabahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.
d.
Afektif
1.
Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan
karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, peduli,
jujur,bertanggung jawab dan tekun sesuai LP: Ranah Afektif.
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan pembelajaran dan aktif menyampaikan
pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
dalam diskusi sesuai LP: Ranah Afektif.
Teori
Dasar
Bumi adalah salah satu
planet dalam tatasurya kita. Jika dibandingkan dengan planet-planet lain, bumi
bukan planet yang terbesar. Diameter bumi kira-kira diameter planet Yupiter.
Tetapi, mengenali dan menjaga planet bumi sangat penting bagi kita karena di
situlah kita hidup. Bumi terbagi menjadi tiga lapisan utama yaitu lapisan
batuan (litosfer), lapisan air (hidrosfer), dan lapisan udara (atmosfer).
Kehidupan di bumi termasuk kehidupan manusia, juga
berinteraksi timbal balik dengan tiga lapisan di atas, yang disebut lingkungan.
Manusia dan lingkungannya, saling bergantung.Manusia membentuk lingkungan
hidupnya, dan manusia itu ada karena lingkungan hidupnya. Berbagai peristiwa di
permukaan bumi mungkin menjaga kelangsungan hidup manusia, tetapi ada juga
merugikan bahkan menghancurkan kehidupan manusia. Di bawah ini kita akan
mendiskusikan beberapa peristiwa di bumi yang dapat merugikan kehidupan kita.
1. Pencemaran atau polusi
Pencemaran dapat
terjadi di daratan, air, dan udara. Daratan, air, dan udara dikatakan mengalami
pencemaran jika pada lapisan-lapisan tersebut telah terjadi keadaan tidak
normal, karena adanya polutan (zat penyebab polusi) sehingga tidak mampu
memberikan daya dukung kepada kehidupan di bumi.
a. Pencemaran daratan
Pencemaran daratan
disebabkan oleh buangan organik, misalnya dari rumah tangga dan olahan bahan
makanan; maupun anorganik, misalnya plastik dan limbah industry terutama logam.
Dampak yang disebabkan oleh pencemaran daratan, antara lain:
1.
timbulnya bau
2.
pemandangan yang tidak sedap, kotor, dan kumuh,
3.
timbulnya berbagai penyakit, misalnya pes, kaki gajah,
malaria, dan demam berdarah, dan
4.
fungsi tanah berkurang, misalnya tanah menjadi tidak
subur.
b. Pencemaran air
Bagian terbesar permukaan
bumi kita adalah air. Seperti halnya daratan, air juga dapat tercemar. Bagaimana
cara untuk mengetahui telah terjadi pencemaran air? Untuk mengetahui terjadinya
pencemaran air dapat digunakan berbagai indikator, antara lain suhu,
derajat keasaman (pH), warna, bau, rasa, endapan, kandungan mikroba, dan
kandungan zat radioaktif. Misalnya, air yang memenuhi syarat digunakan dalam
kehidupan mempunyai pH berkisar 6,5-7,5. Air dengan pH lebih kecil atau lebih
besar dari pH normal tersebut, tidak memenuhi standar kehidupan.
Pencemaran air disebabkan
oleh berbagai bahan buangan (limbah), antara lain:
1.
limbah padat, misalnya batuan, pasir, tanah
2.
limbah organik, misalnya sisa makanan;
3.
limbah anorganik, misalnya unsur-unsur logam sisa
industri (timbal, raksa, dan nikel)
4.
limbah cairan
berminyak, misalnya olie, minyak tanah yang tumpah ke air
5.
limbah zat kimia, misalnya deterjen, shampo, dan
insektisida.
Dampak yang disebabkan
oleh pencemaran air, antara lain:
1.
air tidak dapat digunakan secara optimal, baik untuk
keperluan rumah tangga, pertanian, maupun industri,
2.
penyebab timbulnya berbagai penyakit, misalnya demam
berdarah, malaria, diare, kholera, disentri, dan cacingan.
c. Pencemaran udara
Udara bersih dan kering,
tersusun dari komponen utama, yaitu nitrogen ± 78%, oksigen ± 21%, argon ±
0,9%, dan karbon dioksida ± 0,03%. Udara disebut tercemar jika terdapat bahan
atau zat-zat asing sehingga komposisi udara berubah dari keadaan normalnya.
Bahan pencemar udara ada yang berasal dari alam, misalnya debu dan gas
pembusukan sampah organik. Selain itu, bahan pencemar udara juga berasal dari faktor
antropogenik (kegiatan manusia), misalnya pembakaran bahan bakar minyak (BBM)
dan pemakaian zat kimia. Di antara komponen pencemar udara yang paling banyak
berpengaruh adalah karbon monoksida, nitrogen oksida, belerang oksida, dan
hidrokarbon.
Dampak yang disebabkan
oleh pencemaran udara, antara lain gangguan fungsi jantung, paru-paru, sakit
kepala, sulit bernafas, dan pingsan, bahkan kanker dan kematian.
2.
Pelapukan dan
pengikisan
Pelapukan
menyebabkan berbagai batuan, logam, dan benda-benda lain berubah warna,
komposisi, atau bentuknya. Pelapukan merupakan proses hancurnya suatu benda
menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Berdasarkan penyebabnya, pelapukan
dibedakan menjadi tiga yaitu pelapukan mekanik, organik, dan kimiawi.
a. Pelapukan mekanik
Pelapukan mekanik adalah
pelapukan yang disebabkan oleh perubahan suhu atau tekanan. Misalnya, pada
siang hari yang sangat panas kemudian turun hujan secara tiba-tiba, maka
terjadi perubahan suhu yang tibatiba pula. Peristiwa semacam ini akan merusak
butiranbutiran batuan, kayu, dan benda-benda lain sehingga hancur menjadi
bagian-bagian lebih kecil.
b. Pelapukan organik
Pernahkah kamu
memperhatikan dinding-dinding yang ditumbuhi lumut? Jika lumut tersebut
dibiarkan, apa yang terjadi? Lama-kelamaan, dinding tersebut akan hancur.
Itulah contoh pelapukan organik. Contoh yang lain, misalnya akar pohon yang
merusak pot atau bangunan, hewan-hewan kecil yang menghancurkan kayu dan
perabotan rumah tangga. Pelapukan organik adalah pelapukan yang disebabkan oleh
organisme atau makhluk hidup, misalnya tumbuhan, hewan, dan manusia. Jika kita
tidak peduli terhadap lingkungan, maka manusia dengan segala ilmu dan
teknologinya merupakan sumber perusak lingkungan yang sangat hebat.
c. Pelapukan kimiawi
Pelapukan kimiawi yang
paling sering kita jumpai adalah oksidasi pada logam terutama besi, yang lazim
kita sebut berkarat. Pelapukan kimiawi adalah pelapukan yang terjadi melalui
reaksi kimia.
Berkarat adalah contoh
pelapukan kimiawi yang merugikan. Ada proses pelapukan kimiawi yang justru
melahirkan keindahan, yaitu terbentuknya stalagtit dan stalakmit pada gua-gua
kapur.
3. Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan
Pengetahuan
tentang hubungan antara jenis lingkungan sangat penting agar dapat
menanggulangi permasalahan lingkungan secara terpada dan tuntas. Dewasa ini
lingkungan hidup sedang menjadi perhatian utama masyarakat Indonesia dan
masyarakat dunia umumnya.
Meningkatnya
perhatian masyarakat mulai menyadari akibat-akibat yang ditimbulkan dan
kerusakan lingkungan hidup. Sebagai contoh apabila ada penumpukan sampah dikota
maka permasalahan ini diselesaikan dengan cara mengangkut dan membuangnya ke
lembah yang jauh dari pusat kota, maka hal ini tidak memecahkan permasalahan
melainkan menimbulkan permasalahan seperti pencemaran air tanah, udara,
bertambahnya jumlah lalat, tikus dan bau yang merusak, pemandangan yang tidak
mengenakan. Akibatnya menderita interaksi antara lingkungan dan manusia yang
akhirnya menderita kesehatan.
Interaksi manusia
dengan lingkungan hidupnya merupakan suatu proses yang wajar dan terlaksana
sejak manusia itu dilahirkan sampai akhir hidupnya. Hal ini membutuhkan daya
dukung lingkungan untuk kelangsungan hidupnya.
Masalah
lingkungan hidup sebenatnya sudah ada sejak dahulu, masalah lingkungan hidup
bukanlah masalah yang hanya dimiliki atau dihadapi oleh negaranegara maju
ataupun negara-negara miskin, tapi masalah lingkungan hidup adalah sudah
merupakan masalah dunia dan masalah kita semua.
Keadaan ini
ternyata menyebabkan kita betpikir bahwa pengetahuan tentang hubungan antara
jenis lingkungan ini sangat penting agar dapat menanggulangi permasalahan
lingkungan secara terpadu dan tuntas.
Masalah
lingkungan hidup merupakan kenyataan yang harus dihadapi, kegiatan pembangunan
terutama di bidang industri yang banyak menimbulkan dampak negatif merugikan
masyarakat. Masalah lingkungan hidup adalah merupakan masalah yang komplek dan
harus diselesaikan dengan berbagai pendekatan multidisipliner.
Industrialisasi merupakan
conditio sine quanon keberhasilan pembangunan untuk memacu laju pertumbuhan
ekonomi, akan tetapi industrialisasi juga mengandung resiko lingkungan. Oleh
karena itu munculnya aktivitas industri disuatu kawasan mengundang kritik dan
sorotan masyarakat. Yang dipermasalahkan adalah dampak negatif limbahnya yang
diantisipasikan mengganggu kesehatan lingkungan.
4.
Lingkungan Dan Kesehatan\
Kemampuan manusia untuk mengubah atau memoditifikasi
kualitas lingkungannya tergantung sekali pada taraf sosial budayanya.
Masyarakat yang masih primitif hanya mampu membuka hutan secukupnya untuk
memberi perlindungan pada masyarakat. Sebaliknya, masyarakat yang sudah maju
sosial budayanya dapat mengubah lingkungan hidup sampai taraf yang
irreversible. Prilaku masyarakat ini menentukan gaya hidup tersendiri yang akan
menciptakan lingkungan yang sesuai dengan yang diinginkannya mengakibatkan
timbulnya penyakit juga sesuai dengan prilakunya tadi. Dengan demikian eratlah
hubungan antara kesehatan dengan sumber daya sosial ekonomi. WHO menyatakan
“Kesehatan adalah suatu keadaan sehat yang utuh secara fisik, mental dan sosial
serta bukan hanya merupakan bebas dari penyakit”.
Nama :
Kelompok :
Kelas :
Tanggal :
LKS
A.
Tujuan
Percobaan
Mengetahui dampak
yang ditimbulkan bagi alam akibat adanya proses pelapukan
B. Petunjuk
1. Bacalah panduan
percobaan sebelum mnjawab LKS.
2. Jika ada yang
kurang jelas, silahkan tanyakan kepada guru pembimbing.
C. Alat dan Bahan
1. Setumpuk
sampah
2. Shampoo
atau deterjen
3. Asap
kendaraan bermotor/industri
4. Tumpahan
minyak/oli
5. Debu/pasir
D. Rumusan
Masalah
Bagaimanakah dampak yang ditimbulkan bagi alam akibat
adanya proses pelapukan
E. Prosedur
Peragaan
Lakukan peragaan berdasarkan prosedur
di berikut ini!
1. Amatilah alat dan bahan yang sudah
dipersiapkan untuk pembelajaran kali ini.
2. Bagilah
anggota kelompokmu untuk masing-masing menyebar pada objek amatan.
3. Apakah
bahan yag kita gunakan dapat merugikan kesehatan manusia? Ataukah hanya
sebagaian saja?
4. Penyakit
apa saja yang mungkin timbul? Apakah dipengaruhi bahan penyusunnya?
5. Untuk
menjawab pertanyaan tersebut, lakukan langkah amatan berikut ini.
F.
Tabel Pengamatan
Bahan
|
Jenis Pencemaran
(Darat, Air, Udara)
|
Penyakit yang Mungkin Ditimbulkan
|
![]() |
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
![]() |
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
![]() |
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
![]() |
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
![]() |
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
G.
Analisis Data
Berdasarkan data pengamatan lakukan interpretasi data!
Pertanyaan Pemantapan
a.
Apakah semua bahan yang digunakan dapat menungkinkan
mengakibatkan pencemaran? Mengapa?
Jawab
: ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
Kelompokkan bahan mana saja yang mungkin dapat
menimbulkan pencemaran udara, air dan darat! Apakah satu bahan dapat
menimbulkan pencemaran di dua bidang atau lebih? Jelakan!
Jawab :
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali kegiatan
manusia yang dapat mengakibatkan pencemaran. Jelaskan minimal tigaupaya manusia
untuk melestarikan lingkungannya?
Jawab :
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Daftar pustaka
LKS
DISCOVERY
Satuan
Pendidikanan : SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester :
IX/2
Tahun
pelajaran : ...
Alokasi
waktu : 4 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 5. Memahami sistem tata surya dan proses
yang terjadi di dalamnya.
Kompetensi
Dasar : 5.5 Menjelaskan
hubunganantara proses yang terjadi di litosfer dan atmosfer dengan kesehatan
dan permasalahan lingkungan.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
a.
Kognitif
1.
Produk
a. Mendeskripsikan
karakteristik litosfer dan atmosfer.
b. Mengurutkan
lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai terdekat dengan permukaan
bumi.
c. Menjelaskan
pengertian efek rumah kaca.
d. Menjelaskan
proses-proses yang terjadi di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan
manusia.
e. Menyadari
bahaya negatif proses di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia.
2.
Proses
Disediakan seperangkat alat bahan
percobaan sederhana untuk menyelidikibenda-benda apa saja yang dapat
mengakibatkan pencemaran, pemanasan
global dan pelapukan sehingga siswa dapat mengetahui bahaya pengaruhnya
terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.
b.
Psikomotor
Menyelidikibenda-benda
apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan global dan
pelapukan menggunakan seperangkat alat percobaan sederhana di depan kelas,
kemudian siswa menganalisisnyasehingga dapat diketahui bahaya pengaruhnya
terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.
c.
Afektif
1. Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi:
a) Berfikir
kritis, kreatif dan logis
b) Teliti
c) Peduli
d) Jujur
e) Bertanggung
jawab
f) Teliti
g) Tekun
2. Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi:
a)
Bekerja sama,
b)
Menyampaikan pendapat,
c)
Menjadi pendengar yang
baik,
d)
Menanggapi pendapat
orang lain.
a.
Kognitif
1.
Produk
a. Dengan tanpa melihat
buku catatan, siswa dapat mendeskripsikan karakteristik litosfer dan atmosfer dengan benar.
b. Dengan bimbingan
gurusiswa dapat mengurutkan lapisan penyusun atmosfer dari yang terluar sampai
terdekat dengan permukaan bumi secara
tepat dan benar.
c. Siswa
dapat menjelaskan proses-proses yang
terjadi di lingkungan serta pengaruhnya terhadap kesehatan manusia melalui diskusi kelompoksekurang-kurangnya
tiga..
d. Siswa
dapat menyadari bahaya negatif proses
di lingkungan yang ditimbulkan akibat ulah manusia melalui pengamatan kelompok secara mandiri.
2.
Proses
Telah disediakan seperangkat alat
percobaan beserta Lembar Kerja Siswa (LKS), dengan
melihat buku panduan siswa diharapkan dapat menyelidiki benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan
pencemaran, proses pemanasan global dan pelapukan kemudian siswa dapat
menyimpulkan bahaya pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan,
kemudian mengkomunikasikan hasil diskusi sesuai rincian tugas kinerja secara benar.
b.
Psikomotor
Dengan
melihat buku panduan, siswa dapat merangkai
seperangkat alat percobaan untuk menyelidiki
benda-benda apa saja yang dapat mengakibatkan pencemaran, proses pemanasan
global dan pelapukan di depan kelas, sehingga dapat diketahui sekurang-kurangnya tigabahaya
pengaruhnya terhadap kesehatan dan permasalahan lingkungan.
c.
Afektif
1. Terlibat
aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis,
dan logis; bekerja teliti, peduli, jujur,bertanggung jawab dan tekun sesuai LP:
Ranah Afektif.
2. Bekerjasama dalam kegiatan pembelajaran dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar
yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai
LP: Ranah Afektif.
Materi Pokok
Planet bumi mempunyai struktur
lapisan yang terdiri atas kerak, mantel, dan inti. Kerak bumi atau litosfer
merupakan bagian permukaan bumi yang tersusun atas batu-batuan. Ketebalannya di
bawah laut sekitar 3 km, tetapi di benua dapat mencapai sekitar 35 km. Adapun
batu-batuan di inti bumi berbentuk padat, tetapi dapat bergerak pelan. Atmosfer
adalah selubung udara yang menutupi bumi. Atmosfer melindungi penduduk bumi
dari benda-benda angkasa, menjaga suhu permukaan bumi, dan sebagai tempat
pengaturan cuaca.
Pembuangan sampah anorganik, seperti
plastik, kaleng-kaleng bekas, ataupun sampah anorganik lainnya yang tidak dapat
diuraikan oleh tanah. Pembuangan sampah-sampah tersebut berdampak negatif bagi
kehidupan manusia. Adapun dampak negatif tersebut antara lain tanah menjadi tidak
subur dan sampah yang menumpuk menyebabkan penyakit. Pencemaran udara terjadi
akibat adanya zat-zat lain yang terproses bersama oksigen di udara. Zat-zat
pencemar disebut juga polutan. Polutan udara berasal dari asap-asap
pabrik, asap kendaraan bermotor, asap pembakaran sampah atau penyebab-penyebab
yang lain.
Alokasi Waktu :
1 x jam pelajaran
Model dan Metode
Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Cooperative Learning
Metode
Pembelajaran : Diskusi,
Kerja Kelompok, Presentasi, Pemberian Tugas
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
|
||
Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Peserta
Didik
|
Waktu
|
|
1. Guru
membuka pelajaran, pertanyaan sapaan, kemudian dilanjutkan ke pertanyaantentangmateripertemuan
terakhir. Hal tersebut dijadikan acuan untuk memasuki materi yang akan
dibahas kali ini.
2. Appersepsi
dan motivasi :
a. Mengapa
ketika siang hari, panas terik mata hari begitu menyengat?
b. Mengapa
pula permukaan air laut selalu naik tiap harinya?
3. Guru
menyampaikann standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran.
|
|
|
Inti
|
||
1. Guru
membagi kelas menjadi beberapa kelompok belajar yang heterogen, 1 kelompok
terdiri dari 5-6 siswa.
2. Siswa
diminta memperhatikan guru ketika mencontohkan prosedur percobaan yang akan
dilakukan.
3. Dengan
dibimbing guru, siswa mendemonstrasikan materi yang diujicobakan secara
berkelompok.
4. Setelah
melakukan percobaan, siswa mendiskusikan hasil pengamatannya.
5. Guru
meminta perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
6. Dengan
guru sebagai fasilitator pembelajaran, siswa saling berdiskusi untuk
menyamakan hasil pengamatan.
|
|
|
Penutup
|
||
1. Secara
bersama-sama, guru membantu siswa untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran.
2. Guru
memberikan evaluasi, berupa soal-soal latihan yang harus dikerjakan pada saat
itu juga.
3. Guru
merefleksi kegiatan pembelajaran.
4. Memberi
pekerjaan rumah seperti tugas individu, dikumpul pada pertemuan selanjutnya.
|
|
|
Sumber Belajar
Sumber :
BSE IPA SMP Elok Sudibyo dan Nur
Kuswanti Jilid 3B Penerbit
Erlangga serta referensi lain yang relevan
Alat dan Bahan
1.
Setumpuk sampah
2.
Shampoo atau deterjen
3.
Asap kendaraan
bermotor/industri
4.
Tumpahan minyak/oli
5.
Debu/pasir
Penilaian
Teknik
Penilaian : Tertulis
Bentuk
Penilaian : Soal Essai
A. Pemahaman
dan Penerapan Konsep
1.
Peserta
didik mengerjakan soal latihan halaman 267 BSE IPA SMP Elok Sudibyo Jilid 3B Penerbit Erlangga.
2.
Peserta
didik mengerjakan soal latihan halaman 251BSE IPA SMP Sukis Wariyono Jilid 3B Penerbit Erlangga.
B. Kinerja
Ilmiah
1.
Pengamatan
selama kegiatan belajar berlangsung dilihat dari sikap, kejujuran,
kedisiplinan, kemauan dan seterusnya
2.
Pengamatan
ketika peserta didik melakukan percobaan kegiatan tersebut.
LKS Eksperimen
BAGAIMANA DAMPAK YANG DITIMBULKAN BAGI ALAM AKIBAT ADANYA PROSES PELAPUKAN PELAPUKAN?
Pada
kegiatan ini kamu akan menyelidiki benda-benda apa saja yang dapat
mengakibatkan pencemaran, baik udara, darat, maupun air. Kemudian mencari tahu
pengaruhnya tehadap kesehatan dan permasalahan lingkungan yang mungkin timbul.
Dalam hal ini akan dikenal proses pelapukan dan pemanasan global. Pada materi
sebelumnya, kalian sudah mengetahui karakteristik pelapukan. Untuk mengingat
kembali peristiwa-peristiwa itu, jawablah pertanyaan di bawah ini:
Jelaskan
karakteristik yang dimiliki tiap-tiap gambar di bawah ini!
Gambar
|
Jenis pelapukan
|
Penyebabnya
|
|
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
|
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
|
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Alat dan Bahan
1.
Setumpuk sampah
2.
Shampoo atau deterjen
3.
Asap kendaraan
bermotor/industri
4.
Tumpahan minyak/oli
5.
Debu/pasir
Langkah kegiatan
Lakukan
kegiatan seperti gambar berikut, amatilah alat dan bahan yang sudah
dipersiapkan untuk pembelajaran kali ini. Bagilah anggota kelompokmu untuk
masing-masing menyebar pada objek amatan.Apakah bahan yag kita gunakan dapat
merugikan kesehatan manusia? Ataukah hanya sebagaian saja?Penyakit apa saja
yang mungkin timbul? Apakah dipengaruhi bahan penyusunnya?
Untuk
menjawab pertanyaan tersebut, lakukan langkah amatan berikut ini.
Bahan
|
Jenis Pencemaran
(Darat, Air, Udara)
|
Penyakit yang Mungkin Ditimbulkan
|
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
|
Diskusikan
dengan teman sekelompokmu dan jawablah pertanyaan berikut!
a. Apakah
semua bahan yang digunakan dapat menungkinkan mengakibatkan pencemaran?
Mengapa?
Jawab
: ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Kelompokkan
bahan mana saja yang mungkin dapat menimbulkan pencemaran udara, air dan darat!
Apakah satu bahan dapat menimbulkan pencemaran di dua bidang atau lebih?
Jelakan!
Jawab :
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c. Dalam
kehidupan sehari-hari, banyak sekali kegiatan manusia yang dapat mengakibatkan
pencemaran. Jelaskan minimal tigaupaya manusia untuk melestarikan lingkungannya?
Jawab
: ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kesimpulan
:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LKS NON EKSPERIMEN
Dengan
memperhatikan gambar, isilah bagian kosong pada paragraph di bawah untuk
menjelaskan proses pemanasan global dan gejala yang ditimbulkannya…
Pemanasan
global yang terjadi di permukaan bumi pada dasarnya diakibatkan oleh gas-gas
pencemar seperti__________________dan _______________yang dihasilkan akibat
kemajuan teknologi. Gas ................................ berasal dari asap
pabrik, asap kendaraan bermotor dan hasil kebakaran hutan dan pembakaran
sampah. Pemanasan global sering disebut dengan __________________. Proses efek
rumah kaca terjadi berawal ketika gas-gas pencemar menahan pancaran gelombang
panas di permukaan bumi. Di mana panas akan ____________________________,
sehingga akan terjadi kenaikan temperatur di permukaan bumi. Timbulnya isu
pemanasan global, karena dampaknya yang sangat besar dan seandainya hal
tersebut betul terjadi, akan menyebabkan terjadinya perubahan
.................. dan kenaikan permukaan ........................ yang secara
langsung baik cepat atau lambat akan menimbulkan dampak negatif bagi
............................................. dan permasalahan
......................................
Jawablah
pertanyaan berikut ini!
1.
Apakah
yang dimaksud efek rumah kaca?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Salah
satu indikasi gejala pemanasan global adalah sering terjadinya banjir. Mengapa
demikian?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Sebutkan
usaha-usaha menjaga keseim-bangan lingkungan.
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Bagaimana cara
penanggulangan terhadap pencemaran yang terjadi di darat? Jelaskan menurut
pendapat kalian!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Apa penyebab pencemaran
udara dan bagaimana cara menanggulanginya?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.
Salah satu akibat
pencemaran udara (khususnya dari karbon dioksida) adalah efek rumah kaca.
Bagaimana proses terjadinya?
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.
Coba kalian sebutkan
dampak-dampak negatif dari membuang sampah dan kotoran ke dalam sungai atau
danau!
Jawab:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LKS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : IPA Fisika
Kelas/Semester : IX/2
Tahun
Pelajaran : 2012/2013
Alokasi
waktu : 4 x 45 menit

Standar Kompetensi : 5.
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.
Kompetensi Dasar : 5.5 Menjelaskanhubunganantara proses yang terjadi di
litosferdanatmosferdengankesehatandanpermasalahanlingkungan.
Indikator :
a. Memprediksikan pengaruh dari pencemaran
terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup
b. Menjelaskanpengertianefekrumahkaca.
c.
Menjelaskan proses-proses yang terjadi di
lingkungansertapengaruhnyaterhadapkesehatanmanusia.
d. Menyadaribahayanegatif
proses di lingkungan yang ditimbulkanakibatulahmanusia.
Tujuan Pembelajaran
A.
PemahamanKonsep
1.
Dengantanpamelihatbukucatatan,
siswadapatmendeskripsikankarakteristiklitosferdanatmosferdenganbenar.
2.
Denganbimbingan
gurusiswadapatmengurutkanlapisanpenyusunatmosferdari
yang terluarsampaiterdekatdenganpermukaanbumisecaratepatdanbenar.
3.
Siswadapatmenjelaskan proses-proses yang terjadi
di lingkungansertapengaruhnyaterhadapkesehatanmanusiamelaluidiskusikelompoksekurang-kurangnyatiga..
4.
Siswadapatmenyadaribahayanegatif proses di
lingkungan yang ditimbulkanakibatulahmanusiamelaluipengamatankelompoksecaramandiri.
B.
KinerjaIlmiah
Peserta didik dapat :
1.
Bekerjasama
2.
Jujur
dalam mengemukakan hasil percobaan
3.
Menghargai
pendapat teman dalam diskusi
4.
Dapat
memperagakan gerakan benda-benda dalam tata surya.
C.
Sikap
Peserta didik dapat :
a.
Berfikir
logis,
b.
Kritis
c.
Jujur
Materi
Pembelajaran
Planet
bumimempunyaistrukturlapisan yang terdiriataskerak, mantel, daninti.
Kerakbumiataulitosfermerupakanbagianpermukaanbumi yang tersusunatasbatu-batuan.
Ketebalannya di bawahlautsekitar 3 km, tetapi di benuadapatmencapaisekitar 35
km. Adapunbatu-batuan di intibumiberbentukpadat,
tetapidapatbergerakpelan.Atmosferadalahselubungudara yang menutupibumi.
Atmosfermelindungipendudukbumidaribenda-bendaangkasa, menjagasuhupermukaanbumi,
dansebagaitempatpengaturancuaca.
Pencemaran air, sepertipembuangan limbah, sampah maupun bahan-bahan kimialainnyadapat merusak ekosistem yang ada di
sungai, laut ataupun danau. Pembuanganlimbahtersebutberdampaknegatifbagikehidupanmanusia.
Adapundampaknegatiftersebutantarasulitnya
memperoleh air bersih serta ekosistem merusak keseimbangan ekosistem.
Model, Pendekatan, danMetodePembelajaran
Model
Pembelajaran : Keterampilan
Proses Sains
Pendekatan : Pembelajarankooperatif (diskusi) danPembelajaran
presentasi
Metode : ceramah, tanya-jawab, danpercobaan
Langkah-langkahPembelajaran
Langkah-langkahPembelajaran
Pendahuluan
|
||
Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
PesertaDidik
|
Waktu
|
|
1. Guru
membukapelajaran, pertanyaansapaan,
kemudiandilanjutkankepertanyaantentangmateripertemuanterakhir. Hal
tersebutdijadikanacuanuntukmemasukimateri yang akandibahas kali ini.
2. Appersepsidanmotivasi
:
a. Mengapaketikasianghari,
panasterikmataharibegitumenyengat?
b. Mengapa
pula permukaan air lautselalunaiktiapharinya?
3. Guru
menyampaikannstandarkompetensi, kompetensidasar, dantujuanpembelajaran.
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
5’
5’
5’
|
Inti
|
||
1. Guru
membagikelasmenjadibeberapakelompokbelajar yang heterogen, 1
kelompokterdiridari 5-6 siswa.
2. Siswadimintamemperhatikan
guru ketikamencontohkanprosedurpercobaan yang akandilakukan.
3. Dengandibimbing
guru, siswamendemonstrasikanmateri yang diujicobakansecaraberkelompok.
4. Setelahmelakukanpercobaan,
siswamendiskusikanhasilpengamatannya.
5. Guru
memintaperwakilantiapkelompokuntukmempresentasikanhasildiskusinya.
6. Dengan
guru sebagaifasilitatorpembelajaran,
siswasalingberdiskusiuntukmenyamakanhasilpengamatan.
|
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
kelompok
|
5’
5’
5’
5’
5’
5’
|
Penutup
|
||
1. Secarabersama-sama,
guru membantusiswauntukmenyimpulkankegiatanpembelajaran.
2. Guru
memberikanevaluasi, berupasoal-soallatihan yang
harusdikerjakanpadasaatitujuga.
3. Guru
merefleksikegiatanpembelajaran.
4. Memberipekerjaanrumahsepertitugasindividu,
dikumpulpadapertemuanselanjutnya.
|
Kelompok
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
5’
5’
5’
5’
|
Sumber dan Alat
Sumber :
BSE IPA SMP ElokSudibyodanNurKuswanti Jilid 3B Penerbit Erlangga sertareferensi
lain yang relevan
Alat :
1.
Gelasplastik 4 buah
2.
Ikan 8 ekor
3.
Air bersih
4.
Detergen
5.
Baygoncair
6.
Sabunmandi
Penilaian
A. Pemahaman dan Penerapan Konsep
1. Peserta didik mengerjakan Menguji Diri
13.1 halaman 64 Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B
Penerbit Erlangga
2. Peserta didik mengerjakan Menguji Diri
13.2 halaman 69 Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B Penerbit Erlangga
3. Peserta didik mengerjakan Meenguji Diri
13.3 halaman 72 Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B Penerbit Erlangga
4. Peserta didik mengerjakan Latihan Ulangan
Bab 13 halaman 74 – 76 Buku IPA SMP Elok Sudibyo dkk Jilid 3B
Penerbit Erlangga.
B. Kinerja Ilmiah
1. Pengamatan selama kegiatan belajar
berlangsung dilihat dari sikap, kejujuran, kedisiplinan, kemauan dan seterusnya
2. Pengamatan ketika peserta didik membuat
model tata surya
LKS
PENCEMARAN AIR
A.
TujuanPercobaan
Melaluipercobaansiswadapatmengetahuikadarpencemaran
air dandampakpencemaran air terhadapkelangsunganmakhlukhidup
B.
Petunjuk
1.
Bacalahpanduanpercobaanpraktikummengenai
“Kadar Pencemaran air”
2.
Jikaada
yang kurangjelas, silahkantanyakankepada guru pembimbing.
C.
AlatdanBahan
1.
Gelasplastik 4 buah
2.
Ikan 8 ekor
3.
Air bersih
4.
Detergen
5.
Baygoncair
6.
Sabunmandi
D. LangkahKegiatan
Padakegiataninikamuakanmenyelidikipengaruhdaripencemaran
air terhadapmakhlukhidup. Kita sudahmengetahuibahwa air
merupakanunsurpentingdalamkehidupan. Air dibutuhkandalamsetiapaspekkehidupan.
Laluapa yang terjadiapabila air tercemar ? Bagaimanakahpengaruhnyaterhadapmakhlukhidup.
Untukmengetahuipengaruhnyasecaraspesifikmakalakukanlahpercobaanberikut :
1.
Menyediakan
4 macamkondisi air yang meliputi : air bersih, air sabun, air detergen, dan air
baygon
2.
Memasukkansatuikankemasingmasingempatkondisi
air yang telahdisediakan
3.
Mengamatiapa
yang terjadipadamasing-masingikan yang diberikanperilakuberbedaselama 15
menitpengamatan
4.
Mencatathasilpengamatandalamhasilpengamatan
A. Kemampuan Mengamati
NO
|
PERLAKUAN
|
PENGAMATAN
|
||
5'
|
10'
|
15'
|
||
1
|
Ikandalam air bersih
|
|||
2
|
Ikandalam air sabun
|
|
||
3
|
Ikandalam air deterjen
|
|||
4
|
Ikandalam air Baygon
|
A.
Kemampuan Mengajukan Hipotesa
Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, jawablah pertanyaan berikut !
a.
Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air
bersihmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab
:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air
sabunmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab
:
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c.
Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air
detergenmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab
: ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
d.
Apakahikan yang diberiperlakuan di dalam air
dicampurbaygonmasihbertahanhiduphinggamenitke 15? Bagaimanakondisinya?
Jawab
: ..........................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B.
Kemampuan Berkomunikasi
a.
Dalamkehidupansehari-hari, banyaksekalikegiatanmanusia
yang dapatmengakibatkanpencemaran. Jelaskan minimal
tigaupayamanusiauntukmelestarikanlingkungannya?
Jawab
:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
b. Apakah yang dimaksud “Efek rumah kaca” ?
Jawab
:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
c. Sebutkan Dampak dari efek rumah kaca bagi
kelangsungan hidup makhluk hidup?
Jawab
: ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................