Subscribe:

KLIK INI

Pasang DI sini

10 November, 2012

Lampung Ikuti Jambore Pemuda Indonesia-ASEAN 2012


Bandar Lampung: Disamping semakin maraknya Permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemuda antara lain: dibidang pendidikan, lapangan kerja, kemiskinan, kesehatan, lingkungan, penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja, pemanfaatan waktu luang, pergaulan bebas, serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengadakan kegiatan tahunan yaitu Jambore Pemuda Indonesia-ASEAN tahun 2012. Yang bertemakan “Meningkatkan wawasan kebangsaan dan pemahaman keanekaragaman seni budaya, memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, meningkatkan keterampilan dan melatih kreativitas menuju kemandirian pemuda yang berdaya saing menuju komunitas ASEAN 2015” .

Kegiatan yang berlangsung  pada  tanggal 27 Oktober – 2 November 2012 di STQ Bukit Jabal Nur kota Palu, Sulawesi Tengah ini diikuti oleh 33 provinsi di Indonesia, negara ASEAN, Timor Leste dan kabupaten/kota yang berada di provinsi Sulawesi Tengah. Provinsi Lampung mengutus duta Pemuda sebanyak 14 peserta yaitu Trian, Aldi, Marwan, Eltra, Anton, Gofur, Andhika, Maria, Trilidia, Eka, Ivone, Ira dan Mhey yang telah mengikuti seleksi sebelumnya di Provinsi. Seleksi Menjadi duta pemuda Lampung tidaklah mudah. Pasalnya, mereka harus mengikuti berbagai tes yang diikuti ratusan pemuda Lampung pada September lalu. Mulai tes pembuatan pengetahuan, tes wawasan pariwisata dan budaya Lampung, tes tari dan lagu daerah Lampung, serta tes kepribadian dan kepemimpinan dari tingkat kabupaten sampai provinsi.

kegiatan pada tahun ini berbeda dari sebelumnya yaitu tidak adanya kegiatan BPAP (Bhakti Pemuda Antar Provinsi) dan peserta tidak tinggal di tenda-tenda namun di anjungan yang disediakan di STQ Bukit Jabal Nur kota Palu, Sulawesi Tengah. Kegiatan pada tahun ini diantaranya Stadium gerneral, workshop, dialog interaktif pemuda, exhisebition keterampilan unggulan daerah, pameran produk unggulan daerah, Duta wisata, invitasi olahraga tradisional, bakti penghijauan pemuda dan outbond serta peringatan hari sumpah Pemuda dan training of trainer character building tingkat nasional tahun 2012. Provinsi Lampung menjadi salah satu provinsi terbaik yang mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga yang mempresentasikan workshop program pemuda pelopor tangap bencana dan salah satu provinsi favorit dari awal kegiatan hingga akhir kegiatan apalagi pada kegiatan pentas seni yang membawakan tari kreasi, lagu dan fasionshow pakaian lampung serta pada saat devile terlihat antusiasme pengunjung untuk berfoto-foto dengan peserta. Selain itu kegiatan jambore pemuda Indonesia-ASEAN adalah ajang memperkenalkan budaya, potensi daerah, pariwisata,dan karya-karya pemuda tiap provinsi.

Agenda tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI ini rencananya kembali diadakan di Kalimantan Selatan. ”Jika tidak ada halangan rencananya tahun depan diadakan Jambore Pemuda Indonesia dan Bhakti Pemuda antar Provinsi 2013.
Jadi, bagi para pemuda Lampung yang berminat ikut kegiatan tersebut maka perlu dipersiapkan secara matang sejak dini. Sebab kegiatan seperti ini sangat penting untuk menyadarkan kepada para pemuda melalui proses interaksi, berdialog, bekerjasama dan memecahkan masalah bersama diantara para pemuda yang berbeda latar belakang, kelompok, golongan, suku, agama dan etnis yang berbeda, diharapkan pemuda dapat mengembangkan kearifannya untuk dapat menerima perbedaan dan menjadikannya kekuatan bersama untuk membangun bangsa. Kondisi ini merupakan implementasi makna Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu diharapkan pemuda dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber  daya pemuda yang berwawasan kebangsaan, mandiri dan kreatif, berakhlak mulia serta sehingga dapat di salurkan pengalamannya dengan pemuda lainnya.

0 komentar :

Poskan Komentar