Micro Teaching adalah sebuah
model yang dikecilkan, yakni jumlah peserta didiknya dibatasi antara 5
sampai 15 orang, ruang kelasnya kira-kira setengah dari ukuran kelas
biasa. Pelaksanaan pembelajarannya dibatasi antara 10 sampai 15 menit,
ditambah dengan evaluasi pembimbing sekitar 5 menit per orang. Materinya
dibatasi dengan beberapa sub topik bahasan yang disederhanakan. Untuk
membedakannya dengan praktek mengajar disekolah/madrasah, maka kuliah
Micro Teaching disebut dengan istilah praktek mengajar dalam kelas. Bagi
Fakultas Tarbiyah kegiatan ini disebut pula dengan PPL I.
Tujuan, Sasaran, dan Fungsi
Kuliah Micro Teaching bertujuan untuk membekali/melatih kemampuan mahasiswa agar memiliki keterampilan dasar khusus dalam proses belajar mengajar.
Sasaran yang hendak dicapai dalam program ini adalah terbinanya calon guru yang memiliki :
1) Pengetahuan tentang proses belajar mengajar
2) Keterampilan dasar khusus dalam proses belajar mengajar
3) Sikap dan perilaku sebagai guru ideal
Sedangkan fungsi Micro Teaching selain sebagai sarana latihan dalam mempraktekan keterampilan mengajar, juga menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa keguruan yang akan mengikuti praktek profesi mengajar di sekolah/ madrasah.
Tujuan, Sasaran, dan Fungsi
Kuliah Micro Teaching bertujuan untuk membekali/melatih kemampuan mahasiswa agar memiliki keterampilan dasar khusus dalam proses belajar mengajar.
Sasaran yang hendak dicapai dalam program ini adalah terbinanya calon guru yang memiliki :
1) Pengetahuan tentang proses belajar mengajar
2) Keterampilan dasar khusus dalam proses belajar mengajar
3) Sikap dan perilaku sebagai guru ideal
Sedangkan fungsi Micro Teaching selain sebagai sarana latihan dalam mempraktekan keterampilan mengajar, juga menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa keguruan yang akan mengikuti praktek profesi mengajar di sekolah/ madrasah.